07 July 2014
NO | HARI/TANGGAL | WAKTU | SATUAN PENDIDIKAN | LOKASI PENANDATANGANAN |
1 | Kamis, 10 Juli 2014 | 10.00-12.00 WITA | TK, SMP, SMA, SMK ( Semua Kecamatan ) | Aula Handayani Dinas Dikpora Kab.Lotim |
2 | Kamis, 10 Juli 2014 | 10.00-12.00 WITA | SD ( Selong, Sukamulia, Suralaga, Lab.Haji ) | Aula Handayani Dinas Dikpora Kab. Lotim |
3 | Jum'at, 11 Juli 2014 | SD (Sambelia, Suela, Pringgabaya ) | UPTD Dikpora Kec. Pringgabaya | |
4 | Jum'at, 11 Juli 2014 | SD ( Wanasaba, Sembalun, Aikmel ) | UPTD Dikpora Kec. Wanasaba | |
5 | Sabtu, 12 Juli 2014 | SD ( Mt.Gading, Terara, Sikur, Masbagik ) | UPTD Dikpora Kec. Terara | |
6 | Sabtu, 12 Juli 2014 | SD ( Jerowaru, Keruak, Sakra Barat, Sakra Timur, Sakra ) | UPTD Dikpora Kec. Sakbar |
Bagi Bapak Ibu Guru yang belum ada nama dalam daftar nama yang terlampir,untuk menunggu informasi selanjutnya.
Daftar Nama Penerima Tambahan Penghasilan Triwulan 1 dan 2 Tahun 2014 dapat didownload pada link-link berikut ini :- Jenjang TK Triwulan 1 dan 2
- Jenjang SD Triwulan 1 dan 2
- Jenjang SMP Triwulan 1 dan 2
- Jenjang SMA Triwulan 1 dan 2
- Jenjang SMK Triwulan 1 dan 2
INFORMASI PENANDATANGANAN SPJ BEBAN TETAP PENERIMA TAMBAHAN PENGHASILAN NON SERTIFIKASI KAB. LOMBOK TIMUR
- Hari Efektif Belajar selama bulan Ramdhan 1435 H adalah tanggal 7 Juli s.d. 23 Juli 2014
- sebelum masuk kelas diisi dengan kegiatan Imtaq berupa membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an, Ceramah agama/Tausyiah, Gerakan Sadar Zakat, Infaq/Shadaqah dan sebagainya
- Untuk lebih semaraknya Bulan suci Ramadhan 1435 H diharapkan semua sekolah agar membuat program Pesanteren Kilat yang waktunya diatur sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah.
- Jam efektif belajar, terdiri dari :
A. Untuk SD Negeri/Swasta :
Setiap 1 Jam Pelajaran dikurangi 5 menit (35 menit menjadi 30 menit)
- Senin s.d Kamis : Pukul 08.00 – 11.30 wita
- Hari Jum’at : pukul 08.00 – 09.30 wita
- Hari Sabtu : pukul 08.00 – 10.30 wita
B. Untuk SMP Negeri/Swasta
Setiap 1 Jam Pelajaran dikurangi 5 menit (40 menit menjadi 35 menit)
- Senin s.d Kamis : Pukul 08.00 – 12.00 wita
- Hari Jum’at : pukul 08.00 – 10.00 wita
- Hari Sabtu : pukul 08.00 – 11.00 wita
JADWAL JAM BELAJAR SELAMA RAMADHAN 1435 H KABUPATEN LOMBOK TIMUR
PNS akan menerima Gaji Ke-13 |
SIAPA SAJAKAH YANG AKAN MENERIMA GAJI BULAN KETIGA BELAS?
- Angotta PNS
- Anggota TNI
- Anggota POLRI
- Pejabat Negara, yang terdiri dari :
- Penerima Pensiun
- Penerima tunjangan, yaitu :
a
| Presiden dan wakil presiden |
b
| Ketua, wakil ketua dan anggota MPR |
c
| Ketua, wakil ketua dan anggota DPR |
d
| Ketua, wakil ketua dan anggota DPD |
e
| Ketua, wakil ketua, Ketua Muda dan Hakim Agung pada Mahkamah Agung serta Ketua, wakil ketua dan hakim pada semua badan peradilan kecuali hakim ad hoc |
f
| Ketua, wakil ketua dan anggota Mahkamah Konstitusional |
g
| Ketua, wakil ketua dan anggota BPK |
h
| Ketua, wakil ketua dan anggota Komisi Yudisial |
i
| Ketua dan wakil ketua KPK |
j
| Menteri dan jabatan setingkat menteri |
k
| Kepala Perwakilan RI di luar negeri yang berkedudukan sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh |
l
| Gubernur dan Wakil Gubernur |
m
| Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota |
n
| Pejabat Negara lainnnya yang diatur oleh undang-undang |
a
| Pensiunan PNS |
b
| Pensiunan anggota TNI |
c
| Pensiunan anggota POLRI |
d
| Pensiunan Pejabat Negara |
e
| Penerima pensiun Janda/Duda/Anak dari penerima pensiun sebagaimana dimaksud dalam huruf a. huruf b, huruf c dan huruf d |
f
| Penerima pensiun Orang Tua dani PNS yang tewas |
a
| Penerima Tunjangan Veteran |
b
| Penerima Tunjangan Kehormatan Anggota Komite Nasional Indonesia Pusat |
c
| Penerima Tunjangan Penghargaan Perintis Pergerakan Kebangsaan/Kemerdekaan |
d
| Penerima Tunjangan Janda/Duda dari Penerima Tunjangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, huruf b, dan huruf c |
e
| Penerima Tunjangan Bekas Tentara KNIL/KM |
f
| Penerima Tunjangan Anak Yatim/Piatu Anggota TNI/Polri |
g
| Penerima Tunjangan Anggota TNI/POLRI bagi yang diberhentikan dengan hormat yang masa dinas keprajuritannya antara 5 (lima) tahun sampai dengan kurang dari 15 (lima belas) tahun |
h
| Penerima Tunjangan bersifat pensiun TNI/POLRI bagi yang diberhentikan dengan hormat yang masa dinas keprajuritannya antara 15 (lima belas) tahun sampai dengan kurang dari 20 (dua puluh) tahun |
i
| Penerima tunjangan orang tua bagi anggota TNI/POLRI yang gurur |
j
| Penerima Tunjangan Cacat |
BERAPAKAH BESAR GAJI/TUNJANGAN BULAN KETIGA BELAS ?
- Besar gaji/pensiun/tunjangan ke-13 adalah sebesar penghasilan sebulan yang diterima pada bulan Juli 2014, yang meliputi :
- Besaran penghasilan tersebut tidak termasuk jenis-jenis tunjangan bahaya, tunjangan resiko, tunjangan pengamanan, tunjangan profesi/tunjangan khusus Guru dan Dosen/tunjangan kehormatan, tambahan penghasilan bagi guru PNS, insentif khusus, dan tunjangan lain yang sejenis dengan tunjangan kompensasi/bahaya serta tunjangan insentif yang ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan atau pengaturan internal Kementerian/Lembaga, sebelum dikenakan potongan iuran berdasarkan peraturan perundang-undangan.
a
|
Bagi PNS, anggota TNI, anggota POLRI dan Pejabat Negara meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/tunjangan umum dan tunjangan kinerja/Tunjangan Khusus Pembinaan Keuangan Negara (TKPKN)
|
b
|
Bagi penerima pensiun meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan tambahan penghasilan
|
c
|
Bagi penerimma tunjangan hanya menerima tunjangan sesuai peraturan perundang-undangan
|
KAPAN GAJI/TUNJANGAN BULAN KETIGA BELAS AKAN DIBAYARKAN?
SUMBER DANANYA DARI MANA ?
PP NO. 53 TAHUN 2014 TERBIT, GAJI KETIGA BELAS DIBAYAR JULI
03 July 2014
Ada baiknya kita yang bergelut di dunia pendidikan Indonesia mengenal siapa sajakah Menteri yang memimpin pada bidang pendidikan di Indonesia. Jika anda seorang guru, maka bisa mengenalkan kepada para siswanya, jika anda seorang siswa, maka paling tidak kalau ada cerdas cermat tentang ini maka anda bisa jawab. Jika anda adalah seorang analis kebijakan, maka anda bisa menganalisa kebijakan-kebijakan mereka, baik yang populer maupun yang tidak populer.
Ternyata sejak Kemerdekaan RI diproklamirkan 17 Agustus 1945 sudah ada 19 orang menteri di bidang pendidikan kita. Siapa sajakan mereka ? Berikut adalah daftar menteri pendidikan di Indonesia sepanjang sejarah yang dikutip dari situsnya kemdikbud.
NO | NAMA | PERIODE |
1 | Ki Hadjar Dewantara | Menteri Pengajaran Kabinet Presidentil Periode : 19 Agustus – 14 November 1945 |
2 | Dr.Mr.T.S.G. Mulia |
|
3 | Mohammad Sjafei | Menteri Pengajaran Kabinet Syahrir II Periode : 12 Maret – 2 Oktober 1946 |
4 | Mr. Suwandi | Menteri Pengajaran Kabinet Syahrir III Periode : 2 Oktober 1946 – 27 Juni 1947 |
5 | Ir.R. Gunarso | Menteri Muda Pengajaran Kabinet Syahrir III Periode : 2 Oktober 1946 – 27 Juni 1947 |
6 | Mr. Ali Sastroamidjojo |
|
7 | Mr. Teuku Moh. Hasan | Menteri PP dan K Kabinet Darurat Periode : 19 Desember 1948 – 13 Juli 1949 |
8 | S. Mangunsarkoro |
|
9 | Letjen TNI Dr. Teuku Syarif Thayeb |
|
10 | Dr. Daud Joesoef | Menteri P dan K Kabinet Pembangunan III Periode : 31 Maret 1978 – 19 Maret 1983 |
11 | Prof. Dr. Nugroho Notosusanto | Menteri P dan K Kabinet Pembangunan IV Periode : 19 Maret 1983 – 1985 |
12 | Prof. Dr. Fuad Hassan |
|
13 | Prof. Dr. –Ing. Wardiman Djojonegoro | Menteri P dan K Kabinet Pembangunan VI Periode : 17 Maret 1993 – 17 Maret 1998 |
14 | Prof. Dr. Wiranto Aris Munandar | Menteri P dan K Kabinet Pembangunan VII Periode : 17 Maret – 21 Mei 1998 |
15 | Prof. Dr. Juono Soedarsono | Menteri P dan K Kabinet Reformasi Periode : 21 Mei 1998 – 1 November 1999 |
16 | Dr. Yahya Muhaimin | Menteri Pendidikan Nasional Kabinet Persatuan Nasional Periode : 1 November 1999 - 2001 |
17 | Prof. Drs. A. Malik Fadjar, M. Sc. | Menteri Pendidikan Nasional Kabinet Gotong Royong Periode : 2001 – 21 Oktober 2004 |
18 | Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA. | Menteri Pendidikan Nasional Kabinet Indonesia Bersatu I Periode : 23 Oktober 2004 – 20 Oktober 2009 |
19 | Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA | Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Indonesia Bersatu II Periode : 20 Oktober 2009 – Sekarang |
Lalu siapakah menteri pendidikan kita yang ke-20 ?
Mari kita wait and see saja…..
Kahar Muzakkir Thursday, July 03, 2014 CB Blogger IndonesiaMENGENAL MENTERI PENDIDIKAN INDONESIA SEPANJANG MASA
02 July 2014
- Peserta Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru SD dan SMP adalah guru sasaran yang terdaftar dalam aplikasi verval Kurikulum 2013.
- Jika ada penggantian peserta, maka peserta pengganti harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: (i) memiliki PTK ID dan NUPTK; (ii) belum pernah mengikuti pelatihan Kurikulum 2013 pada tahun 2013, dan (iii) tidak menjadi peserta PLPG tahun 2013
- Peserta wajib mengikuti pretest sesuai jadwal karena merupakan bagian dari penilaian
- Peserta wajib mengikuti semua rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir
- Peserta diharapkan hadir tepat waktu karena jadwal kegiatan yang sangat padat
- Selama kegiatan berlangsung, peserta akan dinilai oleh narasumber dan panitia. Penilaian meliputi penilaian sikap, penilaian keterampilan, dan penilaian pengetahuan
- Untuk kelancaran kegiatan, kami mohon dinas dikpora menugaskan panitia yang telah dibentuk untuk membantu kelancaran kegiatan di TPK – TPK yang ditentukan
- Kelengkapan yang dibawa peserta :
a) Surat tugas yang ditandatangani pejabat yang berwenang
b) Laptop
c) Contoh RPP
Khusus untuk Kabupaten Lombok Timur, daftar pesertanya dapat diunduh pada link berikut ini :
A. Untuk jenjang SMP tempat pelaksanaannya pada SMP Negeri 1 Masbagik, dengan daftar peserta sebagai berikut :
B. Jenjang SD TPK SDN 1 Sakra dengan daftar peserta sebagai berikut :
C. Jenjang SD pada TPK SDN 3 Aikmel, dengan daftar peserta sebagai berikut :
D. Jenjang SD pada TPK SDN 3 Selong dengan daftar peserta sebagai berikut
E. Jenjang SD pada TPK SDN 5 Masbagik Utara, dengan daftar peserta sebagai berikut :
DAFTAR PESERTA PELATIHAN KURIKULUM 2013 KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHAP KE-2
01 July 2014
![]() |
Wakil Presiden RI : Boediono |
“Hasil rapat tadi positif. Wapres (Boediono) ingin agar (implementasi) Kurikulum 2013 dapat berjalan dengan lancar,” katanya.
Musliar menyampaikan, saat ini pengadaan buku dan pelatihan sudah berjalan. Pemesanan buku, kata dia, dilakukan oleh sekolah kepada penyedia buku dalam hal ini pemenang tender pengadaan buku.
“Untuk memperlancar pelaksanaannya, pemesanan buku dilakukan melalui dua skenario yaitu dengan mengisi borang (formulir) atau melalui email,” katanya.
Sementara untuk pelatihan guru dilakukan dengan melibatkan instruktur nasional yang berkualitas. “Kami optimis guru masih bisa dilatih sampai tahun pelajaran baru (dimulai),” kata Musliar seperti diberitakan pada Fan Page Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (1/7/2014).
WAPRES BOEDIONO TERLIBAT IMPLEMENTASI KUTILAS
30 June 2014
-
Surat Pernyataan Kepala Sekolah atas kebenaran dan kesesuaian antara SK Pembagian Tugas dengan Jadwal Pelajaran, ditandatangani di atas materai Rp 6.000 (asli bagi Kepala Sekolah) dan mengetahui Pengawas Pembina
-
Absensi Kehadiran/Jurnal mengajar bagi guru mata pelajaran jenjang SMP, SMA dan SMK
-
Surat Mutasi Tugas tahun 2014 (bila ada) dilegalisir oleh atasan langsung
-
SK Pensiun, Surat Keterangan Kematian, Surat Cuti, Izin Sakit (bila ada)
-
1 (satu) rangkap untuk Dinas Dikpora Kab. Lombok Timur, c.q. Bidang PMPTK
-
1 (satu) rangkap untuk UPTD Dikpora Kecamatan
-
1 (satu) rangkap untuk arsip sekolah.
INFO PEMBERKASAN TUNJANGAN PROFESI TRIWULAN KE-2 KAB. LOMBOK TIMUR
27 June 2014
Seperti yang ditulis dalam status update Fan Page resmi BKN RI dikabarkan bahwa pada hari Kamis petang (26/06) Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS telah mengumumkan tenaga honorer kategori 2 Kementerian Agama, yang dinyatakan lulus seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2013 setelah dilakukan verifikasi ulang oleh Kementerian Agama mengenai data tenaga honorer kategori 2 (K-2).
Begitu pula Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Publik (PANRB) Herman Suryatman mengungkapkan, seperti pengumuman kelulusan sebelumnya, informasi lebih lanjut dapat dilihat di website resmi Kementerian PANRB dan BKN (www.cpns.menpan.go.id). “Pengumuman juga dapat dilihat di media partner, yakni JPNN dan Liputan6,” ujarnya Jumat, (27/06).
Herman mengimbau, tenaga honorer yang dinyatakan lulus supaya segera melengkapi berkas-berkas yang diperlukan untuk kepentingan pemberkasan. Herman juga menegaskan bahwa proses pengadaan CPNS, termasuk tenaga hoorer K-2 ini tidak dipungut biaya sepeserpun.
Untuk itu, lanjut Herman, kalau ada yang dimintai uang oleh oknum-oknum atau pihak-pihak yang mengaku berjasa dalam kelulusan seleksi CPNS ini, pihak yang dirugikan dapat melaporkan ke situs resmi pengaduan CPNS yang diampu oleh BPK
Pengumuman kelulusan yang ditunggu-tunggu puluhan ribu peserta tes CPNS dari tenaga honorer K-2 yang kebanyakan guru-guru Madrasah, ini merupakan yang terakhir dari daftar urutan pengumuman kelulusan K-2.
Adapun daftar 16.369 orang tenaga honorer K-2 Kemenag yang lulus seleksi CPNS 2013 dapat didownload di …
Kahar Muzakkir Friday, June 27, 2014 CB Blogger IndonesiaSebanyak 16.369 honorer K-2 Kemenag dinyatakan LULUS Seleksi CPNS 2013
Update 24 Juni 2014
- Salah satu tujuan Verval PD adalah untuk membenahi kekeliriuan yang dilakukan sewaktu pengusulan NISN terdahulu.
- Data yang ada di DAPODIKDAS adalah satu-satunya data yang paling AKURAT dan VALID yang diakui oleh Kemdikbud sehingga PDSP harus menyesuaikan data-data yang tersimpan pada server mereka dengan data yang ada di DAPODIKDAS melalui aplikasi full-online Verval PD...
- KEKELIRUAN di masa lalu sewaktu pengusulan NISN tidak perlu lagi dijadikan acuan penulisan NISN (NISN lama) karena pada kondisi SEKARANG ini kekeliruan tersebut sudah bisa dibenahi di VERVAL PD uang melahirkan data-data NISN yang jauh lebih akurat dan valid... SEHINGGA penulisan IJAZAH siswa Kelas terakhir (kelas 6 dan 9) yang tamat tahun ini mengacu pada data yang ada di REFERENSI.....TIDAK berdasarkan data NISN yang ada pada KR-02 atau di SKHU karena NISN yg digunakannya masih NISN lama yang identitas datanya tidak sesuai dengan AKTE KELAHIRAN siswa...
- Satu orang Peserta Didik hanya memiliki satu NISN AKTIF dan digunakan seterusnya oleh Peserta Didik tersebut pada jenjang pendidikan berikutnya...
- Nantinya... NISN yang tidak tercatat di REFERENSI akan di Non-Aktifkan sehingga proses Verval PD sifat'nya WAJIB dilakukan oleh seluruh OPS Jenjang DIKDAS..
Update 27 Juni 2014
1) Kode Tahun Kelahiran Siswa
2) Penulisan NISN pada Ijazah bg SISWA yg TAMAT tahun ini (2014):
3) NISN Double (dimiliki lebih dari 1 orang siswa)
4) Edit Data Siswa pada Profil NISN
BEBERAPA PEMAHAMAN PENTING TERKAIT NISN PADA VERVAL PD
24 June 2014
- Tambah persyaratan administrasi peserta didik baru dengan dokumen Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan KPS (Kartu Perlindungan Sosial) bagi yang memiliki.
- Ukur tinggi dan berat badan siswa untuk melengkapi data periodiknya.
- Di dalam pengentrian data Peserta Didik Baru, bekerjalah dengan teliti dan cermat berlandasakan dokumen-dokumen yang sesuai.
Memvalidkan Data Siswa di Awal Tahun Pelajaran
SMP NEGERI 3 PRINGGABAYA AKAN TERIMA 7 ROMBEL PESERTA DIDIK BARU
- FOTO COPY SK PANGKAT TERAKHIR,
- FOTO COPY SK NIP BARU,
- FOTO COPY NUPTK,
- FOTO COPY REKENING BANK NTB YANG MASIH AKTIF,
- FOTO COPY NPWP,
- SURAT PERNYATAAN KEPSEK TENTANG GURU PENERIMA TAMSIL YG MASIH AKTIF MENGAJAR DISEKOLAH DAN DITANDATANGANI DIATAS MATERAI 6000,-
- BERKAS USUL TAMSIL PERSEKOLAH AGAR DIJILID
Sumber : Bidang PMPTK Dinas Dikpora Lombok Timur
Permintaan Berkas ( TAMSIL )Tambahan Penghasilan Non Sertifikasi PNS Triwulan 1 dan 2 Kabupaten Lombok Timur
23 June 2014
- foto copy kartu NUPTK legalisir kepala sekolah
- foto copy kartu NRG legalisir kepala sekolah
- foto copy konfersi NIP legalisir kepala sekolah
- foto copy Sertifikat Pendidik legalisir LPTK (Perguruan Tinggi yang menerbitkan)
Adapun Daftar Nama PTK yang belum terbit SK Carry Overnya dapat didownload pada link berikut :
Daftar PTK Penerima Carry Over Kab. Lombok Timur 2014 belum SK
Sumber : Bidang PMPTK Dinas Dikpora Kabupaten Lombok Timur
INFO PEMBERKASAN CARRY OVER LOMBOK TIMUR BAGI YANG BELUM SK
22 June 2014
Menurut buku CAT BKN UNTUK INDONESIA dijelaskan bahwa computer Assisted Test (CAT) merupakan suatu metode ujian dengan alat bantu komputer untuk mendapatkan standar minimal, kompetensi dasar maupun standar kompetensi kepegawaian.
Kalau sistem CAT pada pelaksanaan UKG itu yang punya gawe adalah Kemdikbud untuk mengetahui sejauh mana kompetensi guru-guru di Indonesia, sedangkan CAT yang berada dibawah Direktorat Rekrutmen dan Kinerja Pegawai bertujuan :
- Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian.
- Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional
- Mewujudkan transparansi, obyektifitas, akuntabel, dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme.
Katanya sih selain praktis, CAT juga memiliki Keunggulan/Manfaat yaitu :
- Peserta tes dapat mendaftarkan diri melalui internet.
- Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh.
- Keseluruhan materi soal tes komputerisasi dasar (tes pengetahuan umum,. Tes bakat skolastik dan tes skala kematangan) dan tes kompetensi kepegawaian (tes pengetahuan umum, tes substansi kepegawaian, dan tes skala kematangan) dapat diakses melalui computer.
- Penilaian dilakukan secara obyektif.
- Peserta ujian dapat segera mengetahui capaian nilai (skor) yang diperoleh setelah ujian selesai.
Sistem CAT memiliki karakteristik :
- Aplikasi dijalankan pada computer dengan Platform Windows berbasis WEB guna mempermudah pengembangan jangka panjang.
- Aplikasi menggunakan narasi untuk menjelaskan bahasan yang disajikan pada monitor computer.
- Aplikasi disertai video gerakan mouse, sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakannya.
- Tutorial disertai teks yang berisis perintah pada layar monitor computer agar peserta tes dapat langsung memahami dan mempraktekannya.
Begini ini loh bentuk tampilannya kalau mau login ..
Sedangkan kalau sedang menjawab soal, seperti gambar berkut ini…
Ingat loh.. masing-masing peserta tidak akan bisa saling contek karena masing-masing mendapat soal yang berbeda. Soal akan diacak secara random dengan tingat kesulitan yang sama. Jadi mending belajar yang giat sajalah biar bisa menjawab soal dengan benar. Jangan lupa berdo’a tentunya.
Setelah selesai kita bisa melihat secara langsung skor hasil kita menjawab soal.

MENGENAL CAT (COMPUTER ASSISTED TEST) SEBAGAI SISTEM SELEKSI CPNS
21 June 2014
A. Jalur guru
- Pendidikan minimal sarjana (S1);
- Berpengalaman minimal 3 tahun sebagai pengelola praktikum;
- Memiliki sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.
B. Jalur laboran/teknisi
- Pendidikan minimal diploma tiga (D3);
- Berpengalaman minimal 5 tahun sebagai laboran atau teknisi;
- Memiliki sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.
1 | Dimensi Kompetensi Kepribadian |
1.1
| Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, mantap, dan berakhlak mulia |
1.1.1.
| Bertindak secara konsisten sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan budaya nasional Indonesia |
1.1.2.
| Berprilaku arif |
1.1.3.
| Berprilaku jujur |
1.1.4.
| Menunjukkan kemandirian |
1.1.5.
| Menunjukkan rasa percaya diri |
1.1.6.
| Berupaya meningkatkan kemampuan diri |
1.2
| Menunjukkan komitmen terhadap tugas |
1.2.1.
| Berperilaku disiplin |
1.2.2.
| Beretos kerja yang tinggi |
1.2.3.
| Bertanggung jawab terhadap tugas |
1.2.4.
| Tekun, teliti, dan hati-hati dalam melaksanakantugas |
1.2.5.
| Kreatif dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan tugas profesinya |
1.2.6.
| Berorientasi pada kualitas |
2 | Dimensi Kompetensi Sosial |
2.1
| Bekerja sama dalam pelaksanaan tugas |
2.1.1.
| Menyadari kekuatan dan kelemahan baik diri maupun stafnya |
2.1.2.
| Memiliki wawasan tentang pihak lain yang dapat diajak kerja sama |
2.1.3.
| Bekerjasama dengan berbagai pihak secara efektif |
2.2
| Berkomunikasi secara lisan dan tulisan |
2.2.1.
| Berkomunikasi dengan berbagai pihak secara santun, empatik, dan efektif |
2.2.2.
| Memanfaatkan berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) |
3 | Dimensi Kompetensi Manejerial |
3.1
| Merencanakan kegiatan dan pengembangan laboratorium sekolah/madrasah |
3.1.1.
| Menyusun rencana pengembangan laboratorium |
3.1.2.
| Merencanakan pengelolaan laboratorium |
3.1.3.
| Mengembangkan sistem administrasi laboratorium |
3.1.4.
| Menyusun prosedur operasi standar (POS) kerja laboratorium |
3.2
| Mengelola kegiatan laboratorium sekolah/madrasah |
3.2.1.
| Mengkoordinasikan kegiatan praktikum dengan guru |
3.2.2.
| Menyusun jadwal kegiatan laboratorium |
3.2.3.
| Memantau pelaksanaan kegiatan laboratorium |
3.2.4.
| Mengevaluasi kegiatan laboratorium |
3.2.5.
| Menyusun laporan kegiatan laboratorium |
3.3
| Membagi tugas teknisi dan laboran laboratorium sekolah/ madrasah |
3.3.1.
| Merumuskan rincian tugas teknisi dan laboran |
3.3.2.
| Menentukan jadwal kerja teknisi dan laboran |
3.3.3.
| Mensupervisi teknisi dan laboran |
3.3.4.
| Membuat laporan secara periodik |
3.4
| Memantau sarana dan prasarana laboratorium sekolah/madrasah |
3.4.1.
| Memantau kondisi dan keamanan bahan serta alat laboratorium |
3.4.2.
| Memantau kondisi dan keamanan bangunan laboratorium |
3.4.3.
| Membuat laporan bulanan dan tahunan tentang kondisi dan pemanfaatan laboratorium |
3.5
| Mengevaluasi kinerja teknisi dan laboran serta kegiatan laboratorium sekolah/madrasah |
3.5.1.
| Menilai kinerja teknisi dan laboran laboratorium |
3.5.2.
| Menilai hasil kerja teknisi dan laboran |
3.5.3.
| Menilai kegiatan laboratorium |
3.5.4.
| Mengevaluasi program laboratorium untuk perbaikan selanjutnya |
4 | Dimensi Kompetensi Profesional |
4.1
|
Menerapkan gagasan, teori, dan prinsip kegiatan laboratorium sekolah/madrasah
|
4.1.1.
| Mengikuti perkembangan pemikiran tentang pemanfaatan kegiatan laboratorium sebagai wahana pendidikan |
4.1.2.
| Menerapkan hasil inovasi atau kajian laboratorium |
4.2
|
Memanfaatkan laboratorium untuk kepentingan pendidikan dan penelitian di sekolah / madrasah
|
4.2.1.
| Menyusun panduan/penuntun (manual) praktikum |
4.2.2.
| Merancang kegiatan laboratorium untuk pendidikan dan penelitian |
4.2.3.
| Melaksanakan kegiatan laboratorium untuk kepentingan pendidikan dan penelitian |
4.2.4.
| Mempublikasikan karya tulis ilmiah hasil kajian/inovasi |
4.3
| Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium sekolah/madrasah |
4.3.1.
|
Menetapkan ketentuan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja
|
4.3.2.
|
Menerapkan ketentuan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja
|
4.3.3.
|
Menerapkan prosedur penanganan bahan berbahaya dan beracun
|
4.3.4.
|
Memantau bahan berbahaya dan beracun, serta peralatan keselamatan kerja
|
KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI KEPALA LABORATORIUM SEKOLAH/MADRASAH
- layanan SMP Tebuka tidak hilang, namun pengisian dapodiknya tidak berdiri sebagai satuan pendidikan yang terpisah tapi menyatu di sekolah induk dengan nama rombel TERBUKA
- migrasi data dilakukan di server dengan memindahkan data Peserta didik, rombel, anggota rombel. sedangkan data sarpras, ptk dan pembelajaran tidak ikut di migrasi
- sekolah terbuka sudah kami hapus dari database, selanjutnya sekolah induk melakukan sinkronisasi untuk menarik data hasil migrasi tersbut dari server ke lokal, periksa datanya lalu lengkapi mapping ulang pembelajarannya, sinkronisasikan kembali.
- Ini yang perlu di perhatikan , bagi sekolah-sekolah yang belum melakukan pengiriman data / sinkronisasi sama sekali sampai dengan tanggal 30 Juni , maka sekolah tersebut kami anggap TUTUP dan di hapus dari database Kementerian (1 tahun perjalanan dapodik 2013 sudah cukup waktu bagi sekolah)
- Bagi sekolah yang berubah nomenklatur, merger, mekar, dll , melalui dinas pendidikan Kab/kota silakan kirimkan SK Bupati/walikota ke Helpdesk untuk segera kami follow up.
- Pengisian dapodik untuk tahun ajaran baru dilakukan dengan aplikasi terupdate DAPODIK GENERASI KE-3 versi 3.00 yang akan di release akhir Juli, oleh karenanya jangan melakukan update siswa baru dan lulus di aplikasi yang sekarang atau jangan melakukan pengisian di periode 20141 dengan aplikasi existing, tunggu DAPODIK GENERASI KE-3
untuk pendidikan yg lebih berkelas
MIGRASI SMP TERBUKA KE INDUKNYA BERHASIL DILAKUKAN… INI YANG HARUS DILAKUKAN..
20 June 2014
Ini ketegasannya..... PDSP yang akan menyesuaikan data dengan Dapodik sehingga kesalahan penulisan nama dan tanggal lahir bisa terkoreksi, atau dapodik yang harus disesuaikan dengan data PDSP dengan resiko tidak ada koreksi atas data yang salah.
Pusing nih.....!!! Sinkron ya sinkron data di Dapodik sama data di PDSP tetap saja musuhan gak mau sama..... hadeuhhhh.”
- Data verval PD sepenuhnya berangkat dari database dapodik yang di inputkan sekolah
- NISN harus divalidasi dulu dg master data NISN yang ada di PDSP karena human eror sangat mungkin terjadi oleh karena itu ada nya verval pd
- verval ini adalah bentuk verval yang benar bukan verval yang berdiri sendiri
- Vervalpd juga sebagai tools untuk mengenerate sekaligus distribusi NISN bagi siswa yang belum memiliki
- Perubahan nama dan tanggal lahir memang kesepakatan kami di edit di master verval pd , untuk menjaga konsistensi antara atribut nama dan id yang dibaca oleh system
- Selanjutnya akan ditambah fitur approval dimana setelah diapprov oleh sekolah data hasil verval pd akan di tarik ke dapodikdas agar bisa diturunkan ke lokal sekolah.
Begitu pak skemanya, tolong diluruskan .!
PDSP vs DAPODIK PADA VERVAL PD
1. Teknik supervisi individual
a. Kunjungan kelas
- Dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu tergantung sifat tujuan dan masalahnya,
- Atas permintaan guru bersangkutan,
- Sudah memiliki instrumen atau catatan-catatan, dan
- Tujuan kunjungan harus jelas.
- Tahap persiapan. Pada tahap ini, supervisor merencanakan waktu, sasaran, dan cara mengobservasi selama kunjungan kelas.
- Tahap pengamatan selama kunjungan. Pada tahap ini, supervisor mengamati jalannya proses pembelajaran berlangsung.
- Tahap akhir kunjungan. Pada tahap ini, supervisor bersama guru mengadakan perjanjian untuk membicarakan hasil-hasil observasi.
- Tahap terakhir adalah tahap tindak lanjut.
b. Observasi kelas
c. Pertemuan Individual
- memberikan kemungkinan pertumbuhan jabatan guru melalui pemecahan kesulitan yang dihadapi;
- mengembangkan hal mengajar yang lebih baik;
- memperbaiki segala kelemahan dan kekurangan pada diri guru; dan menghilangkan atau menghindari segala prasangka.
- classroom-conference, yaitu percakapan individual yang dilaksanakan di dalam kelas ketika murid-murid sedang meninggalkan kelas (istirahat).
- Office-conference. Yaitu percakapan individual yang dilaksanakan di ruang kepala sekolah atau ruang guru, di mana sudah dilengkapi dengan alat-alat bantu yang dapat digunakan untuk memberikan penjelasan pada guru.
- causal-conference. Yaitu percakapan individual yang bersifat informal, yang dilaksanakan secara kebetulan bertemu dengan guru
- observational visitation. Yaitu percakapan individual yang dilaksanakan setelah supervisor melakukan kunjungan kelas atau observasi kelas.
d. Kunjungan antar kelas
- harus direncanakan;
- guru-guru yang akan dikunjungi harus diseleksi;
- tentukan guru-guru yang akan mengunjungi;
- sediakan segala fasilitas yang diperlukan;
- supervisor hendaknya mengikuti acara ini dengan pengamatan yang cermat;
- adakah tindak lanjut setelah kunjungan antar kelas selesai, misalnya dalam bentuk percakapan pribadi, penegasan, dan pemberian tugas-tugas tertentu;
- segera aplikasikan ke sekolah atau ke kelas guru bersangkutan, dengan menyesuaikan pada situasi dan kondisi yang dihadapi;
- adakan perjanjian-perjanjian untuk mengadakan kunjungan antar kelas berikutnya.
e. Menilai diri sendiri
- Suatu daftar pandangan atau pendapat yang disampaikan kepada murid-murid untuk menilai pekerjaan atau suatu aktivitas. Biasanya disusun dalam bentuk pertanyaan baik secara tertutup maupun terbuka, dengan tidak perlu menyebut nama.
- Menganalisa tes-tes terhadap unit kerja.
- Mencatat aktivitas murid-murid dalam suatu catatan, baik mereka bekerja secara individu maupun secara kelompok.
2. Teknik Supervisi kelompok
Tidak satupun di antara teknik-teknik supervisi individual atau kelompok di atas yang cocok atau bisa diterapkan untuk semua pembinaan guru di sekolah. Oleh sebab itu, seorang kepala sekolah harus mampu menetapkan teknik-teknik mana yang sekiranya mampu membina keterampilan pembelajaran seorang guru. Untuk menetapkan teknik-teknik supervisi akademik yang tepat tidaklah mudah.
Seorang kepala sekolah, selain harus mengetahui aspek atau bidang keterampilan yang akan dibina, juga harus mengetahui karakteristik setiap teknik di atas dan sifat atau kepribadian guru sehingga teknik yang digunakan betul-betul sesuai dengan guru yang sedang dibina melalui supervisi akademik. Sehubungan dengan kepribadian guru, Lucio dan McNeil (1979) menyarankan agar kepala sekolah mempertimbangkan enam faktor kepribadian guru, yaitu kebutuhan guru, minat guru, bakat guru, temperamen guru, sikap guru, dan sifat-sifat somatic guru.
TEKNIK-TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK
Populer Post
Arsip Blog
Artikel Pilihan
Kontingen NTB Siap Berlaga di GSI Nasional 2024: Tiga Siswa SPENEL Wakili Lombok Timur
Pelepasan kontingen GSI Kab. Lombok Timur oleh PJ. Bupati di ruang kerjanya Aikmel, 14 Oktober 2024 - Sebanyak 18 siswa yang tergabung dala...
