20 June 2014

PDSP vs DAPODIK PADA VERVAL PD

Munculnya fitur-fitur tambahan pada aplikasi verval pd untuk penerbitan NISN ternyata menimbulkan kebingungan-kebingungan di kalangan para OPS seperti yang diungkapkan oleh Bp. Nunu Nugraha dalam status update FB nya (20/06/2014) : “Bingung nih sama komitmen PDSP.... Sebenarnya yang akan dijadikan dasar data itu DATA DAPODIK atau Database PDSP?? kok setelah proses verval dan adanya fitur-fitur tambahan malah makin rumit aja nih masalah pemberian NISN bagi siswa ini, seolah-olah PDSP bersikukuh untuk tidak mau merubah data yang ada berdasar data Dapodik. Buktinya dalam proses verval pd ini Perbaikan-perbaikan data di dapodik sangat susah diadop oleh PDSP.
Ini ketegasannya..... PDSP yang akan menyesuaikan data dengan Dapodik sehingga kesalahan penulisan nama dan tanggal lahir bisa terkoreksi, atau dapodik yang harus disesuaikan dengan data PDSP dengan resiko tidak ada koreksi atas data yang salah.
Pusing nih.....!!! Sinkron ya sinkron data di Dapodik sama data di PDSP tetap saja musuhan gak mau sama..... hadeuhhhh.”
Salah satu fitur tambahan di verval pd :CARA EDIT DATA VERVAL PD
Permasalahan yang banyak muncul menjadi kegalauan pihak sekolah terutama disebabkan terbitnya Juklak dan Juknis penulisan Ijazah yang mengharuskan mencantumkan NISN seperti yang dikemukakan lebih jauh oleh Bp. Nunu Nugraha : “Untuk NISN yang 3 digit awalnya berbeda dengan tahun lahirnya, fasilitas edit data ini hanya kesia-siaan saja. Giliran ada fasilitas UnMatch, saat digunakan pindah dari referensi mudah, pas sudah di residu mau dibalik ke referensi lagi susahnya minta ampun..... malah kerjaan jadi makin banyak dan gak kelar-kelar....”
Menanggapi hal tersebut Yusuf Rokhmat memberikan penjelasan antara lain :
  1. Data verval PD sepenuhnya berangkat dari database dapodik yang di inputkan sekolah
  2. NISN harus divalidasi dulu dg master data NISN yang ada di PDSP karena human eror sangat mungkin terjadi oleh karena itu ada nya verval pd
  3. verval ini adalah bentuk verval yang benar bukan verval yang berdiri sendiri
  4. Vervalpd juga sebagai tools untuk mengenerate sekaligus distribusi NISN bagi siswa yang belum  memiliki
  5. Perubahan nama dan tanggal lahir memang kesepakatan kami di edit di master verval pd , untuk menjaga konsistensi antara atribut nama dan id yang dibaca oleh system
  6. Selanjutnya akan ditambah fitur approval dimana setelah diapprov oleh sekolah data hasil verval pd akan di tarik ke dapodikdas agar bisa diturunkan ke lokal sekolah.
    Begitu pak skemanya, tolong diluruskan .!
Lebih jauh lagi ditegaskan bahwa masalah siswa yang tidak bisa masuk ke referensi itu “bugs” yang sudah dilihat oleh tim PDSP, dan akan segera di follow up

3 komentar

semoga tahun kedepan lebih simpel gak ribet and ada update pelatihan tentunya jga kesejahteraan OPS perlu diutamakan.

data nisn siswa di verval pd sudah lengkap namun di dapodik masih belum, bagaimana caranya agar otomatis data masuk di dapodik

Pastikan pada tab residu dan konfirmasi sudah kosong. Setelah itu rajin cek di dapo.dikdas.kemdikbud.go,id . Jika di progress dapo.dikdas siswanya sudah lengkap NISN nya maka tinggal melakukan sync untuk mengambil data tersebut agar masuk ke aplikasi lokal.

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.