30 June 2014
-
Surat Pernyataan Kepala Sekolah atas kebenaran dan kesesuaian antara SK Pembagian Tugas dengan Jadwal Pelajaran, ditandatangani di atas materai Rp 6.000 (asli bagi Kepala Sekolah) dan mengetahui Pengawas Pembina
-
Absensi Kehadiran/Jurnal mengajar bagi guru mata pelajaran jenjang SMP, SMA dan SMK
-
Surat Mutasi Tugas tahun 2014 (bila ada) dilegalisir oleh atasan langsung
-
SK Pensiun, Surat Keterangan Kematian, Surat Cuti, Izin Sakit (bila ada)
-
1 (satu) rangkap untuk Dinas Dikpora Kab. Lombok Timur, c.q. Bidang PMPTK
-
1 (satu) rangkap untuk UPTD Dikpora Kecamatan
-
1 (satu) rangkap untuk arsip sekolah.
INFO PEMBERKASAN TUNJANGAN PROFESI TRIWULAN KE-2 KAB. LOMBOK TIMUR
27 June 2014
Seperti yang ditulis dalam status update Fan Page resmi BKN RI dikabarkan bahwa pada hari Kamis petang (26/06) Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS telah mengumumkan tenaga honorer kategori 2 Kementerian Agama, yang dinyatakan lulus seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2013 setelah dilakukan verifikasi ulang oleh Kementerian Agama mengenai data tenaga honorer kategori 2 (K-2).
Begitu pula Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Publik (PANRB) Herman Suryatman mengungkapkan, seperti pengumuman kelulusan sebelumnya, informasi lebih lanjut dapat dilihat di website resmi Kementerian PANRB dan BKN (www.cpns.menpan.go.id). “Pengumuman juga dapat dilihat di media partner, yakni JPNN dan Liputan6,” ujarnya Jumat, (27/06).
Herman mengimbau, tenaga honorer yang dinyatakan lulus supaya segera melengkapi berkas-berkas yang diperlukan untuk kepentingan pemberkasan. Herman juga menegaskan bahwa proses pengadaan CPNS, termasuk tenaga hoorer K-2 ini tidak dipungut biaya sepeserpun.
Untuk itu, lanjut Herman, kalau ada yang dimintai uang oleh oknum-oknum atau pihak-pihak yang mengaku berjasa dalam kelulusan seleksi CPNS ini, pihak yang dirugikan dapat melaporkan ke situs resmi pengaduan CPNS yang diampu oleh BPK
Pengumuman kelulusan yang ditunggu-tunggu puluhan ribu peserta tes CPNS dari tenaga honorer K-2 yang kebanyakan guru-guru Madrasah, ini merupakan yang terakhir dari daftar urutan pengumuman kelulusan K-2.
Adapun daftar 16.369 orang tenaga honorer K-2 Kemenag yang lulus seleksi CPNS 2013 dapat didownload di …
Kahar Muzakkir Friday, June 27, 2014 CB Blogger IndonesiaSebanyak 16.369 honorer K-2 Kemenag dinyatakan LULUS Seleksi CPNS 2013
Update 24 Juni 2014
- Salah satu tujuan Verval PD adalah untuk membenahi kekeliriuan yang dilakukan sewaktu pengusulan NISN terdahulu.
- Data yang ada di DAPODIKDAS adalah satu-satunya data yang paling AKURAT dan VALID yang diakui oleh Kemdikbud sehingga PDSP harus menyesuaikan data-data yang tersimpan pada server mereka dengan data yang ada di DAPODIKDAS melalui aplikasi full-online Verval PD...
- KEKELIRUAN di masa lalu sewaktu pengusulan NISN tidak perlu lagi dijadikan acuan penulisan NISN (NISN lama) karena pada kondisi SEKARANG ini kekeliruan tersebut sudah bisa dibenahi di VERVAL PD uang melahirkan data-data NISN yang jauh lebih akurat dan valid... SEHINGGA penulisan IJAZAH siswa Kelas terakhir (kelas 6 dan 9) yang tamat tahun ini mengacu pada data yang ada di REFERENSI.....TIDAK berdasarkan data NISN yang ada pada KR-02 atau di SKHU karena NISN yg digunakannya masih NISN lama yang identitas datanya tidak sesuai dengan AKTE KELAHIRAN siswa...
- Satu orang Peserta Didik hanya memiliki satu NISN AKTIF dan digunakan seterusnya oleh Peserta Didik tersebut pada jenjang pendidikan berikutnya...
- Nantinya... NISN yang tidak tercatat di REFERENSI akan di Non-Aktifkan sehingga proses Verval PD sifat'nya WAJIB dilakukan oleh seluruh OPS Jenjang DIKDAS..
Update 27 Juni 2014
1) Kode Tahun Kelahiran Siswa
2) Penulisan NISN pada Ijazah bg SISWA yg TAMAT tahun ini (2014):
3) NISN Double (dimiliki lebih dari 1 orang siswa)
4) Edit Data Siswa pada Profil NISN
BEBERAPA PEMAHAMAN PENTING TERKAIT NISN PADA VERVAL PD
24 June 2014
- Tambah persyaratan administrasi peserta didik baru dengan dokumen Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan KPS (Kartu Perlindungan Sosial) bagi yang memiliki.
- Ukur tinggi dan berat badan siswa untuk melengkapi data periodiknya.
- Di dalam pengentrian data Peserta Didik Baru, bekerjalah dengan teliti dan cermat berlandasakan dokumen-dokumen yang sesuai.
Memvalidkan Data Siswa di Awal Tahun Pelajaran
SMP NEGERI 3 PRINGGABAYA AKAN TERIMA 7 ROMBEL PESERTA DIDIK BARU
- FOTO COPY SK PANGKAT TERAKHIR,
- FOTO COPY SK NIP BARU,
- FOTO COPY NUPTK,
- FOTO COPY REKENING BANK NTB YANG MASIH AKTIF,
- FOTO COPY NPWP,
- SURAT PERNYATAAN KEPSEK TENTANG GURU PENERIMA TAMSIL YG MASIH AKTIF MENGAJAR DISEKOLAH DAN DITANDATANGANI DIATAS MATERAI 6000,-
- BERKAS USUL TAMSIL PERSEKOLAH AGAR DIJILID
Sumber : Bidang PMPTK Dinas Dikpora Lombok Timur
Permintaan Berkas ( TAMSIL )Tambahan Penghasilan Non Sertifikasi PNS Triwulan 1 dan 2 Kabupaten Lombok Timur
23 June 2014
- foto copy kartu NUPTK legalisir kepala sekolah
- foto copy kartu NRG legalisir kepala sekolah
- foto copy konfersi NIP legalisir kepala sekolah
- foto copy Sertifikat Pendidik legalisir LPTK (Perguruan Tinggi yang menerbitkan)
Adapun Daftar Nama PTK yang belum terbit SK Carry Overnya dapat didownload pada link berikut :
Daftar PTK Penerima Carry Over Kab. Lombok Timur 2014 belum SK
Sumber : Bidang PMPTK Dinas Dikpora Kabupaten Lombok Timur
INFO PEMBERKASAN CARRY OVER LOMBOK TIMUR BAGI YANG BELUM SK
22 June 2014
Menurut buku CAT BKN UNTUK INDONESIA dijelaskan bahwa computer Assisted Test (CAT) merupakan suatu metode ujian dengan alat bantu komputer untuk mendapatkan standar minimal, kompetensi dasar maupun standar kompetensi kepegawaian.
Kalau sistem CAT pada pelaksanaan UKG itu yang punya gawe adalah Kemdikbud untuk mengetahui sejauh mana kompetensi guru-guru di Indonesia, sedangkan CAT yang berada dibawah Direktorat Rekrutmen dan Kinerja Pegawai bertujuan :
- Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian.
- Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional
- Mewujudkan transparansi, obyektifitas, akuntabel, dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme.
Katanya sih selain praktis, CAT juga memiliki Keunggulan/Manfaat yaitu :
- Peserta tes dapat mendaftarkan diri melalui internet.
- Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh.
- Keseluruhan materi soal tes komputerisasi dasar (tes pengetahuan umum,. Tes bakat skolastik dan tes skala kematangan) dan tes kompetensi kepegawaian (tes pengetahuan umum, tes substansi kepegawaian, dan tes skala kematangan) dapat diakses melalui computer.
- Penilaian dilakukan secara obyektif.
- Peserta ujian dapat segera mengetahui capaian nilai (skor) yang diperoleh setelah ujian selesai.
Sistem CAT memiliki karakteristik :
- Aplikasi dijalankan pada computer dengan Platform Windows berbasis WEB guna mempermudah pengembangan jangka panjang.
- Aplikasi menggunakan narasi untuk menjelaskan bahasan yang disajikan pada monitor computer.
- Aplikasi disertai video gerakan mouse, sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakannya.
- Tutorial disertai teks yang berisis perintah pada layar monitor computer agar peserta tes dapat langsung memahami dan mempraktekannya.
Begini ini loh bentuk tampilannya kalau mau login ..
Sedangkan kalau sedang menjawab soal, seperti gambar berkut ini…
Ingat loh.. masing-masing peserta tidak akan bisa saling contek karena masing-masing mendapat soal yang berbeda. Soal akan diacak secara random dengan tingat kesulitan yang sama. Jadi mending belajar yang giat sajalah biar bisa menjawab soal dengan benar. Jangan lupa berdo’a tentunya.
Setelah selesai kita bisa melihat secara langsung skor hasil kita menjawab soal.

MENGENAL CAT (COMPUTER ASSISTED TEST) SEBAGAI SISTEM SELEKSI CPNS
21 June 2014
A. Jalur guru
- Pendidikan minimal sarjana (S1);
- Berpengalaman minimal 3 tahun sebagai pengelola praktikum;
- Memiliki sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.
B. Jalur laboran/teknisi
- Pendidikan minimal diploma tiga (D3);
- Berpengalaman minimal 5 tahun sebagai laboran atau teknisi;
- Memiliki sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.
1 | Dimensi Kompetensi Kepribadian |
1.1
| Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, mantap, dan berakhlak mulia |
1.1.1.
| Bertindak secara konsisten sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan budaya nasional Indonesia |
1.1.2.
| Berprilaku arif |
1.1.3.
| Berprilaku jujur |
1.1.4.
| Menunjukkan kemandirian |
1.1.5.
| Menunjukkan rasa percaya diri |
1.1.6.
| Berupaya meningkatkan kemampuan diri |
1.2
| Menunjukkan komitmen terhadap tugas |
1.2.1.
| Berperilaku disiplin |
1.2.2.
| Beretos kerja yang tinggi |
1.2.3.
| Bertanggung jawab terhadap tugas |
1.2.4.
| Tekun, teliti, dan hati-hati dalam melaksanakantugas |
1.2.5.
| Kreatif dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan tugas profesinya |
1.2.6.
| Berorientasi pada kualitas |
2 | Dimensi Kompetensi Sosial |
2.1
| Bekerja sama dalam pelaksanaan tugas |
2.1.1.
| Menyadari kekuatan dan kelemahan baik diri maupun stafnya |
2.1.2.
| Memiliki wawasan tentang pihak lain yang dapat diajak kerja sama |
2.1.3.
| Bekerjasama dengan berbagai pihak secara efektif |
2.2
| Berkomunikasi secara lisan dan tulisan |
2.2.1.
| Berkomunikasi dengan berbagai pihak secara santun, empatik, dan efektif |
2.2.2.
| Memanfaatkan berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) |
3 | Dimensi Kompetensi Manejerial |
3.1
| Merencanakan kegiatan dan pengembangan laboratorium sekolah/madrasah |
3.1.1.
| Menyusun rencana pengembangan laboratorium |
3.1.2.
| Merencanakan pengelolaan laboratorium |
3.1.3.
| Mengembangkan sistem administrasi laboratorium |
3.1.4.
| Menyusun prosedur operasi standar (POS) kerja laboratorium |
3.2
| Mengelola kegiatan laboratorium sekolah/madrasah |
3.2.1.
| Mengkoordinasikan kegiatan praktikum dengan guru |
3.2.2.
| Menyusun jadwal kegiatan laboratorium |
3.2.3.
| Memantau pelaksanaan kegiatan laboratorium |
3.2.4.
| Mengevaluasi kegiatan laboratorium |
3.2.5.
| Menyusun laporan kegiatan laboratorium |
3.3
| Membagi tugas teknisi dan laboran laboratorium sekolah/ madrasah |
3.3.1.
| Merumuskan rincian tugas teknisi dan laboran |
3.3.2.
| Menentukan jadwal kerja teknisi dan laboran |
3.3.3.
| Mensupervisi teknisi dan laboran |
3.3.4.
| Membuat laporan secara periodik |
3.4
| Memantau sarana dan prasarana laboratorium sekolah/madrasah |
3.4.1.
| Memantau kondisi dan keamanan bahan serta alat laboratorium |
3.4.2.
| Memantau kondisi dan keamanan bangunan laboratorium |
3.4.3.
| Membuat laporan bulanan dan tahunan tentang kondisi dan pemanfaatan laboratorium |
3.5
| Mengevaluasi kinerja teknisi dan laboran serta kegiatan laboratorium sekolah/madrasah |
3.5.1.
| Menilai kinerja teknisi dan laboran laboratorium |
3.5.2.
| Menilai hasil kerja teknisi dan laboran |
3.5.3.
| Menilai kegiatan laboratorium |
3.5.4.
| Mengevaluasi program laboratorium untuk perbaikan selanjutnya |
4 | Dimensi Kompetensi Profesional |
4.1
|
Menerapkan gagasan, teori, dan prinsip kegiatan laboratorium sekolah/madrasah
|
4.1.1.
| Mengikuti perkembangan pemikiran tentang pemanfaatan kegiatan laboratorium sebagai wahana pendidikan |
4.1.2.
| Menerapkan hasil inovasi atau kajian laboratorium |
4.2
|
Memanfaatkan laboratorium untuk kepentingan pendidikan dan penelitian di sekolah / madrasah
|
4.2.1.
| Menyusun panduan/penuntun (manual) praktikum |
4.2.2.
| Merancang kegiatan laboratorium untuk pendidikan dan penelitian |
4.2.3.
| Melaksanakan kegiatan laboratorium untuk kepentingan pendidikan dan penelitian |
4.2.4.
| Mempublikasikan karya tulis ilmiah hasil kajian/inovasi |
4.3
| Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium sekolah/madrasah |
4.3.1.
|
Menetapkan ketentuan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja
|
4.3.2.
|
Menerapkan ketentuan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja
|
4.3.3.
|
Menerapkan prosedur penanganan bahan berbahaya dan beracun
|
4.3.4.
|
Memantau bahan berbahaya dan beracun, serta peralatan keselamatan kerja
|
KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI KEPALA LABORATORIUM SEKOLAH/MADRASAH
- layanan SMP Tebuka tidak hilang, namun pengisian dapodiknya tidak berdiri sebagai satuan pendidikan yang terpisah tapi menyatu di sekolah induk dengan nama rombel TERBUKA
- migrasi data dilakukan di server dengan memindahkan data Peserta didik, rombel, anggota rombel. sedangkan data sarpras, ptk dan pembelajaran tidak ikut di migrasi
- sekolah terbuka sudah kami hapus dari database, selanjutnya sekolah induk melakukan sinkronisasi untuk menarik data hasil migrasi tersbut dari server ke lokal, periksa datanya lalu lengkapi mapping ulang pembelajarannya, sinkronisasikan kembali.
- Ini yang perlu di perhatikan , bagi sekolah-sekolah yang belum melakukan pengiriman data / sinkronisasi sama sekali sampai dengan tanggal 30 Juni , maka sekolah tersebut kami anggap TUTUP dan di hapus dari database Kementerian (1 tahun perjalanan dapodik 2013 sudah cukup waktu bagi sekolah)
- Bagi sekolah yang berubah nomenklatur, merger, mekar, dll , melalui dinas pendidikan Kab/kota silakan kirimkan SK Bupati/walikota ke Helpdesk untuk segera kami follow up.
- Pengisian dapodik untuk tahun ajaran baru dilakukan dengan aplikasi terupdate DAPODIK GENERASI KE-3 versi 3.00 yang akan di release akhir Juli, oleh karenanya jangan melakukan update siswa baru dan lulus di aplikasi yang sekarang atau jangan melakukan pengisian di periode 20141 dengan aplikasi existing, tunggu DAPODIK GENERASI KE-3
untuk pendidikan yg lebih berkelas
MIGRASI SMP TERBUKA KE INDUKNYA BERHASIL DILAKUKAN… INI YANG HARUS DILAKUKAN..
Populer Post
Arsip Blog
Artikel Pilihan
Kontingen NTB Siap Berlaga di GSI Nasional 2024: Tiga Siswa SPENEL Wakili Lombok Timur
Pelepasan kontingen GSI Kab. Lombok Timur oleh PJ. Bupati di ruang kerjanya Aikmel, 14 Oktober 2024 - Sebanyak 18 siswa yang tergabung dala...
