09 December 2014

CARA MEMBUAT JUDUL TABEL DI WORD SECARA OTOMATIS

Banyak pekerjaan administrasi, terutama di sekolah yang dikerjakan dalam bentuk tabel. Untuk data-data yang membutuhkan proses analisis, perhitungan dan sebagainya memang disarankan menggunakan MS. Excel. Akan tetapi untuk data-data yang sifatnya tetap dan tidak butuh proses analisis misalnya naskah-naskah, surat dinas, SK dan sebagainya banyak orang lebih menyukai menggunakan MS. Word, karena di MS. Word juga disediakan fasilitas untuk pembuatan tabel.

Kadang-kadang kita harus membuat tabel di MS. Word yang berisi data banyak misalnya membuat lampiran SK Pembagian Tugas yang berisi semua data PTK sehingga lebih dari satu halaman.

Agar identitas data bisa tercantum di setiap halamannya sehingga kita bisa membaca data itu dengan lebih jelas maka kita membutuhkan header tabel atau judul tabel tiap kolomnya untuk setiap halaman dokumen yang anda kita buat, seperti contoh pada. gambar berikut :
 Kop-tabel-berulang-di-setiap-halaman
Untuk membuat header tabel atau judul tabel yang berulang di tiap halamannya, sebenarnya tidak terlalu sulit. Caranya adalah Pilih dan blok header yang akan kita buat otomatis pada setiap halaman dengan tabel yang masih saling terkait dengan tabel tersebut seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Setelah anda blok header tabel anda silahkan anda klik pada tab Lay out  tombol “repeat header rows”. Maka header tabel tersebut akan tetap muncul di halaman berikutnya secara otomatis tanpa kita repot membuat ulang judul pada tabel.
 header tabel berulang di tiap halaman
Selamat mencoba dan semoga trik sederhana ini bisa bermanfaat.

7 komentar

gan itu nama tabelnya bisa ngikut juga gak dibawahnya, nama tabel (lanjutan)

trimakasih agan, karna saya coba cara lain belum berhasil, cara ini berhasil. alhamdulillah

agar nama tabelnya bisa ikut gimna yah gan??

Terimksh pak😊😊

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.