09 February 2015

Solusi untuk data ganda pada tabel referensi vervalPD

Masalah data ganda pada tab referensi sebenanya bukan hal baru. Solusinyapun sudah banyak diposting baik pada media sosial maupun oleh para blogger yang berbicara masalah aplikasi pendidikan. Akan tetapi ternyata masih juga rekan OPS yang mengalami dan menanyakan hal tersebut. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya berusaha untuk me-repost hal tersebut. Semoga bisa membantu teman-teman OPS di dalam mensukseskan vervalPD nya.

Data-(NISN)-ganda-ditemukan-pada-tab-Referemni

Masalah data ganda pada tab referensi kemungkinan terjadi ketika pada waktu kita melakukan Match dan UnMatch pada tab residu kurang teliti dan belum melakukan searching maksimal sehingga timbull dua data yang seharusnya kita Match tetapi di UnMatch yang akhirnya keduanya mendapatkan NISN yang berbeda.

Bisa juga timbulnya masalah data ganda karena faktor-faktor teknis pada sistem PDSP. Untuk masalah ini Bp. FIkri atau Taufik Lone memberikan penjelasan bahwa  “Apabila terjadi data ganda pada tabel referensi vervalPD, salah satu data di unmatch agar datanya kembali ke residu.”

Secara lebih rinci langkah-langkahnya adalah :

Klik salah data yang ganda tersebut

Langkah-1--soroti-salah-satu-data-ganda-tersebut

Klik tombol UnMatch, akan muncul kotak dialog untuk mengkonfirmasi. Pilih OK  sehingga data yang kita pilih itu pindah ke tab Residu

konfirmasi-Unmatch

Biarkan data itu tetap ada di residu, nanti ketika dilakukan cleaning data di server PDSP maka data itu akan dihapus. (Perhatikan gambar)

   Langkah-2-cleaning-data-akan-dilakukan-oleh-server-PDSP

Agar proses di atas lancar, disarankan untuk berkonsultasi kepada admin / CS online PDSP yang bisa dihubungi melalui media sosial facebook, diantaranya :

  1. Bp. Fikri atau Taufik Lone

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.