07 November 2017

Inilah dia Daftar Linieritas bidang studi PPG Dalam Jabatan dengan Ijazah S1/DIV

AL-MAUDUDY.COM (7/11/2017) - Bapak ibu guru yang sudah mendapat undangan untuk mengikuti kegiatan PPG Dalam Jabatan tahun 2018 (pendataannya tahun 2017), perlu mengetahui bahwa salah satu proses dalam pendataan calon peserta PPG Dalam Jabatan sesuai Surat Dirjen GTK No. 32110/B.B4/GT/2017 adalah Guru harus menetapkan bidang study linier yang akan diikuti dalam PPG. 


Ketentuan penetapan bidang study adalah linier dengan kualifikasi akademik S-1/D-IV yang dimiliki. Linier yang dimaksud di sini adalah kesesuaian antara program studi pada ijazah S1/D4 dengan program studi PPG Dalam Jabatan. 

Selanjutnya untuk menindaklanjuti surat tersebut Dirjen GTK kembali menerbitkan surat bernomor 32022/B.B4/GT/2017 tentang Linieraitas Program Studi PPG Dalam Jabatan dengan Kualifikasi Akademik. Pada surat tersebut dijelaskan bahwa dalam proses pendaftaran calon peserta PPG Dalam Jabatan diperlukan daftar liniearitas antara kualifikasi akademik yang dimiliki guru dengan Program Studi PPG Dalam Jabatan yang akan diikuti oleh guru. Daftar tersebut digunakan sebagai pedoman bagi guru untuk menentukan bidang studi pada PPG Dalam Jabatan. Untuk itu Dirjen GTK menerbitkan daftar liniearitas Program Studi PPG Dalam Jabatan dengan kualifikasi akademik S1/DIV.

Daftar liniearitas tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu :
Pertama Guru Mata Pelajaran Umum di TK/SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, SMK/MAK, dan SLB (untuk guru yang linear dan serumpun). 
Linieritas bidang studi PPG Dalam Jabatan dengan Ijazah S1/DIV

Kedua Guru Mata Pelajaran Kejuruan (Produktif) di SMK/MAK (untuk guru yang linear dan serumpun) yang diangkat sejak 31 Desember 2005 sampai dengan 30 Desember 2015. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Menengah Nomor 7013/D/KP/2013 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.
Linieritas bidang studi PPG Dalam Jabatan dengan Ijazah S1/DIV


Catatan :Untuk bidang kejuruan, linearitas bidang mapel dengan ijazah sertifikasi yang belum tercantum pada table tersebut akan diverifikasi lebih lanjut.

Selengkapnya dapat di download pada tautan di bawah ini:

39 komentar

sy guru kelas sd sudah 5 tahun,dan sy dapat undangan PPG,tetapi sy msh ragu dg linieritas jurusan sy,sy sendiri lulusan PAK,jd sy harus pilih jurusan apa ya pak di pendaftaran PPG sy agar linier?Terima Kasih

Dicoba saja, biasanya nanti kalau tidak linier akan ada pemberitahuan.

Sy guru TK, sy jg mendapat undangn ppg, sementara ijasah sy pgsd,dan pada kolom pendaftaran hrus sesuai ijasah supaya linier?? sementara sy ingin sekali mengikuti ppg sesuai dengan ijasah sya pak. Tolong masukannya pak. Terima kasih

Saya mengajar di SD dengan ijazah S1 PGSD tetapi di SD saya mengampu mapel bhs.inggris apakah bs mendaftar PPG? Mohon pencerahannya pak.
Terimakasih

Bisa... pilihan mapel PPG nya pakai guru kelas saja

Pak saya guru sd namun ijasah saya S1 ekonomi dan tidak linear.. apakah saya tidak bisa ujian? Atau ada solusinya pak.

Maaf Pak, sya guru kelas MI. Tp sya lulusan pend bhs inggris. Linear atau tdk? Terima kasih

Kalau di Kemdikbud Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tidak linier untuk guru kelas (SD), tetapi saya kurang tahu aturannya di Kemenag. Sebab MI dikelola oleh Kemenag.

pak, prodi PPG saya komputer dan informatika sesuai dengan ijazah. Tapi saya mengajar di SD Pak? Apakah bisa lanjut PPGnya atau tdk? Mohon sarannya. Tks

Permisi pak, Saya mengajar di SMK otomotif jurusan saya S1 teknik mesin murni bukan pendidikan. Apakah saya bisa ikut sertipikasi gih pak kedepan..? Trims

Saya sertifikasi mapel PKn di SMA tapi tidak cukup 24jam. Mapel apa yang linier dgn PKn? Mohon arahannya Pak!

Pa saya guru pns pai diangkat pemda ijasah saya jurusan bahasa dan sastra arab linear tuk sertifikasi gak. Klu nggak solusinya g mns

Sy jurusan PGSD mengajar di SLB, apakah linier Pak?

Pak,sy jurusan PGSD mengajar di SLB. Apakah linier Pak?

Ass
Sy lulusan Pend. Bahasa & Sastra Indonesia apakah linier mengampu gr kls MI? Apakah brbeda Prodi Pend.Bahasa Indonesia dg Pend. Bhasa h Sastra Indonesia?

Ass..Pak.Mohon pencerahan..Saya guru PNS.2010 sdh ada NUPTK ngajar matpel pkn.Namun ijsah S1 program studi ilmu pemerintahan..Apakah saya bisa ikut PPG.saya jg perna ikut tes UKG.tahun 2016.

Assalamualaikum, pak mohon pencerahannya, saya lulusan S1 pend seni rupa, sudah 3 tahun mengajar Mapel seni budaya dan prakarya di SD, apakah ada kemungkinan ikut PPG?

Assalamualaikum...pak mohon pencerahannya pak.. Saya jurusan tadris ipa konsentrasi fisika apakah linier untuk mengikuti ppg daljab jrusan pgsd tapi saya honor d smk pak..

Saya S1 Jurusan pendidikan bhs Inggris pak.. Dan mengajar di SD, sudah sertifikasi guru kelas thn 2016 Apakah saya harus kuliah lagi ?trims

Saya S1 Jurusan pendidikan bhs Inggris pak.. Dan mengajar di SD, sudah sertifikasi guru kelas thn 2016 Apakah saya harus kuliah lagi ?trims

Pak..ajuan PPG sy kemaren di terima, tapi dikembalikan lagi. Sy guru kls di sd negeri sdh ukg, s1 pendidikan ekonomi. Knp ajuan sy dikembalikan ,padahal menurut peraturan jurusan sy linier?

Assalamualaikum,pak saya guru TK ijazah saya prodi tarbiyah pai tapi konsentrasi TK,kemarin pengajuan ppg namun ditolak karena tidak linier,apak ap saya bisa daftar disertifikasi kemenag untuk menjadi guru agama di tk tempat mengajar saya, bagaimana pak bisa atau tidak

Assalamualaikum,pak saya guru TK,kemarin ajuan ppg saya dikembalikan alasannya karena tidak linier,saya S1 tarbiyah pai konsentrasi TK, apakah saya bisa PPG dikemenag untuk guru agama di TK tempat saya tufas?🙏

Ijazah saya pendidikan bahasa dan sastra daerah tp waktu daftar ppg saya pilih mapel bhs indonesia, apa saya harus penyetaraan??

Ijazah saya pendidikan bahasa dan sastra daerah tp di mapel saya pilih bhs indonesia waktu daftar ppg, apa harus penyetaraan?

Assalamualaikum.. Sy guru d2 pgsd, penyesuaian ijazh pake S1 bhs inggrs, sudah plpg guru kelas. Apakh sebaikx sy kuliah s1 pgsd agar linear ataukh s2 pendidkn dasar? Trims. Wassalam..

Bapak saya guru kelas SD tapi saya jurusan pendidikan IPA. apa saya liniear??

Pak saya adalah guru budang study pendidikan bahasa indonesia dan sudah memiliki serdik, kebetulan saya memiliki ijazah s1 PGSD juga, waktu kemarin sy mendaftar untuk menjadi CPNSD menggunkan s1 PGSD dan alhamdulillh lolos SKB, pertanyaan saya "apakah serdik mapel bahasa indnesia saya bisa dipakai di guru kelas SD? mohon pencerahannya ? Trmksh

Saya lulusan matematika.tp ngajar d sd jdi wali kelas.apakah bisa ikut ppg...lantas harus memilih jurusan yang mana .matematika ato wali kelas.mhon bntuannya

Mohon maaf pak bertanya... kalau Guru agama kristen di sd linier ha Pak... terima kasih

Linier asal ngajarnya mapel agama bukan jadi guru kelas

Saya daftar pretest di SMP dengan S1 matematika..
Bulan januari lulus CPNS dengan S1 PGSD..
Nah saya juga lulus pretest bulan februari dengan ijazah S1 matematika..
Apakah saya harus mengulang pretest atau saya tetap mengikuti PPG daljab tersebut?

Saya S1 ilmu ekonomi (SE) tapi saya kurikulum di SMK jurusan TKJ apa saya bisa linear klo PPG

Saya lulusan s1 ekonomi manajemen,,,apakah saya bs linier dengan mapel prakarya dan kewirausahaan d smp

Pak saya jurusan matematika dan mengajar di sd, apakah saya bisa ssrtifikasi pak?

assalamualaikum pak sy jurusan matematika, lulus PPPK sebagai guru kelas tahun 2022. apakah sy mendaftar PPG sebagai guru matematika atau guru kelas? mohon pencerahannya pak

Saya jurusan bahasa Inggris ngajar di SD..apakah linier ijazah saya dgn jurusan PPG?

Assalamu'alaikum pak,saya mau bertanya,saya lulusan S1 PGSD tapi saya mengajar mapel mulok di SMP,saya mendapat undangan PPG,mapel apa yg harus saya pilih untuk PPG ?

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.