09 February 2015

Kriteria “Berhasil Sinkronisasi” Aplikasi Dapodikdas

Tampilan sinkronisasi berhasil Menjelang deadline pengiriman data dapodik untuk keperluan data BOS triwulan 2 yang ditetapkan pada tanggal 15 Februari 2015 sesuai Juknis BOS, diprediksi jalur ke server akan padat. Kondisi ini tentu saja akan mengakibatkan proses pengiriman data ke server agak rada-rada susah. Kemungkinan gagal juga besar.

 

Lalu seperti apakah ciri-ciri sinkronisasi yang kita lakukan berhasil atau tidak ?

Berikut ini kembali kami posting ulang beberapa kriteria sync berhasil, yang perlu diketahui oleh pengguna. Kami kutip dari buku Manual Dapodikdas 3.03.  Kriteria-kriteria tersebut adalah :

Tabel Data yang Mengalami Perubahan Kosong

Tabel data yang mengalami perubahan kosong

Tabel Data yang Dikirim ke Server Sukses

Pastikan data yang dikirim ke server tidak ada yang gagal. Perhatikan tabel ini setelah sinkronisasi, jika masih ada jumlah data yang gagal di tabel ini, maka pengiriman beberapa data tersebut belum berhasil.

data yang terkirim ke server sukses

Ada Waktu Sync dan Selesai Sync di Tabel Update Log Sinkronisasi

Kriteria lain adalah pada tabel [Beranda] di pojok kanan bawah, terdapat tabel [Update Log Sinkronisasi] dimana pada tabel tersebut pengguna dapat melihat waktu sinkronisasi dan waktu selesai sinkronisasi. Sinkronisasi dapat dikatakan berhasil masuk ke server jika kedua kolom terisi (waktu sync dan selesai sync). Jika waktu selesai sync masih kosong, maka sinkronisasi dapat dikatakan gagal.

ada waktu mulai dan selesai pada tabel log sinkronisasi

Disarankan juga, untuk mengecek data di server apakah sama dengan di aplikasi lokal setelah melakukan proses sinkronisasi. Jika belum sama, berarti proses sinkroniasi juga belum dikatakan berhasil.

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.