Dirilisnya aplikasi dapodikdas versi 2.07 ternyata masih memiliki bugs atau kelemahan. Permasalahan yang paling prinsip terjadi adalah ...
Home / All posts
04 April 2014
Dirilisnya aplikasi dapodikdas versi 2.07 ternyata masih memiliki bugs atau kelemahan. Permasalahan yang paling prinsip terjadi adalah "gagal registrasi" jika menggunakan aplikasi versi 2.07 full installer. Mungkin karena alasan itulah maka aplikasi versi 2.07 kembali ditarik, yang direlease hanya patchnya saja. Oleh karena itu jika pada laptop/komputer kita sudah terpasang versi 2.06, maka yang perlu kita lakukan hanya menginstall patch nya saja tanpa harus registrasi ulang.
Lalu bagaimana jika kita ingin menginstall ulang aplikasi dapodikdas di laptop kita dengan prefill baru ? Berikut ini prosedur yang bisa kita lakukan seperti disharing oleh : Bp. Nunu Nugraha, yaitu :
- Uninstal aplikasi yang sekarang digunakan.
- Setelah uninstal berhasil, hapus prefill lama yang ada di folder C, kemudian pastekan prefil baru hasil generate ditempat yang sama dengan prefill yang tadi dihapus.
- Klik kanan pada installer full 2.06, pilih Run As Administrator, dan lanjutkan proses instalisasi sampai selesai.
- Setelah instal berhasil, lakukan registrasi sampai berhasil. setelah berhasil tutup aplikasi, jangan dulu login.
- Klik kanan pada installer patchdapodikdas 2.07c, pilih Run As Administrator. Lanjutkan proses instalisasi sampai dengan selesai.
- Setelah instal patch 2.07c berhasil, lanjutkan dengan install Dapodikhelper.
- Buka aplikasi dapodikdasnya, sebelum memasukan user name dan password, lakukan refresh dulu dengan cara menekan "Ctrl F5". Lakukan Login sesuai dengan username dan password yg digunakan, jangan lupa pilih periode-nya "Genap 2013/2014"
- Setelah Login berhasil, lihat semua data yang ada diaplikasi, bila dirasa sudah fix dan sesuai, Buka Aplikasi DH, backup data dengan menggunakan Aplikasi DH. Setelah proses backup sukses tutup Aplikasi DH.
- Klik tombol validasi, bila data invalidnya sudah 0 (nol), klik kotak sinkronisasi.
- Setelah kotak dialog sinkronisasi terbuka, klik kotak "update versi sinkronisasi" sampai keluar pernyataan "File terbaru berhasil di update"
- Lakukan sinkronisasi dengan cara menekan kotak sinkronisasi yang ada pada bagian tengah kotak dialog sinkronisasi.
- Biarkan proses sinkronisasi berlangsung sampai dengan muncul keterangan Waktu Sinkronisasinya.
- klik kotak "reload" yang ada pada bagian bawah kotak dialog sinkronisasi, sinkron sempurna sama seperti sinkron dengan aplikasi dapodikdas versi-versi sebelumnya yaitu ditandai dengan kosongnya tabel "Data yang mengalami perubahan" pada kotak dialog sinkronisasi ybs. kemudian tutup kotak dialog sinkronisasi dengan menekan tombol "close"
- Klik tanda refresh (tanda panah melingkar) pada kotak "Update Log Sinkronisasi", satu lagi tanda bila sinkronisasi berhasil akan terlihat yaitu dengan terisinya kolom Mulai dan Selesainya waktu sync.
Semoga Sharing pengalaman ini bisa bermanfaat... !!!
Baca juga : 20 LANGKAH PRAKTIS PENGGUNAAN APLIKASI DAPODIKAS VERSI 2.07
03 April 2014
Patch 2.07 sudah dirilis, agar proses install bisa berjalan dengan baik maka kita perlu panduan yang benar dalam melakukan patching. Berikut ini 20 langkah praktis
penggunaan aplikasi dapodikdas versi 2.07, seperti yang dipaparkan oleh Bp. Obengs Bunhaw Karuhun Jampank pada sebuah
statusnya yang diposting tanggal 2 Maret 2014 .
1
|
Download aplikasi versi 2.07c
|
|
A
|
Aplikasi dapodikdas versi 2.06 full installer
bagi yang belum menginstall aplikasi dapodikdas di komputernya
|
|
B
|
Patch 2.07c bagi yang sudah terinstall versi
2.06
|
|
2
|
Install aplikasi yang sudah
didownload sampai berhasil
|
|
3
|
||
4
|
Tekan tombol Ctrl + F5
|
|
5
|
Klik periode di halaman login.
Pastikan terdapat periode mulai dari ganjil/2000-2001 sampai genap/2015-2016
|
|
6
|
Login
|
|
7
|
Cek data ; ceklis keaktifan PTK
pada menu penugasan sampai bulan Maret
|
|
8
|
Unduh semua file excell kemudian
bandingkan dengan semua data yang ada
|
|
9
|
Jika data sudah sesuai, tekan Ctrl
+ F5 (refresh)
|
|
10
|
Klik validasi, pastikan vaidasi =
0
|
|
11
|
Klik menu sinkronisasi (akan
tetapi jangan dulu klik tombol sinkronisasi)
|
|
12
|
Klik tombol “update versi
sinkronisasi” sampai muncul gambar seperti gambar berikut, kemudian klik OK
|
|
13
|
Jika sudah yakin muncul gambar
seperti di atas lakukan sinkronisasi. Semoga berhasil.
|
|
14
|
Jika sudah berhasil jangan ditutup
dulu hasil sinkronisasinya. Lihat ke bawah apakah ada update data yang masuk
dari server ke lokal
|
|
15
|
Jika tidak ada yang masuk,
langsung tutup
|
|
16
|
Refresh (Ctrl + F5)
|
|
17
|
Lihat menu log Sync apakah ada
waktu mulai dan selesai sinkronisasi
|
|
18
|
Jika ada cek data di aplikasi
|
|
19
|
Jika sudah sukses dan tidak ada
zombi, OPS bisa istirahat dan menunggu akhir buan April atau awal bulan Mei
untuk melakukan ceklis bulan April
|
|
20
|
Cek progres pengiriman di
web http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/exreport
|
20 LANGKAH PRAKTIS PENGGUNAAN APLIKASI DAPODIKAS VERSI 2.07
Patch 2.07 sudah dirilis, agar proses install bisa berjalan dengan baik maka kita perlu panduan yang benar dalam melakukan patching. B...
28 March 2014
![]() |
Hanya jenis PTK yang masih merah |
Mengapa kalau kita melakukan sedikit perubahan/edit pada data PTK, di Info PTK sulit berubah sedangkan kalau kita melakukan banyak perubahan kadang-kadang tidak mau berubah di Info PTK ?
Contoh kasus :
Ada satu PTK saya pada LTD masih merah pada Jenis PTK dengan warning “Jenis
PTK harus diisi di dapodik” sedangkan data lainnya sudah valid. Sudah saya
perbaiki di dapodik dan kirim melalui jalur bsd. Tetapi kenapa sampai sekarang
data PTK tersebut masih belum berubah dan masih merah?
Untuk mengatasi permasalahan seperti kasus di atas terkadang
disebabkan karena data yang berubah hanya sedikit server kesulitan membaca
perubahannya. Oleh karena itu trik yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan
beberapa perubahan pada data yang yang tidak terlalu prinsip misalnya :
- Nama yang semula menggunakan format chase Capital Each Word (Huruf besar pada awalnya saja) ganti dengan format UPPERCHASE (huruf besar semua). Contoh : Muhammad Amin... ganti menggunakan MUHAMMAD AMIN
- Alamat yang semula misalnya Jl. Diponegoro ganti dengan Jalan Diponegoro
- Isi / lengkapi alamat email yang semula kosong tidak terisi
Intinya lakukan beberapa
perubahan lain yang tidak terlalu prinsip pada data aplikasi sebelum
dikirim/sinkron sehingga server membacanya sebagai sebuah perubahan.
Semoga bermanfaat !
TRIK EDIT DATA PTK YANG MASIH MERAH
Hanya jenis PTK yang masih merah Mengapa kalau kita melakukan sedikit perubahan/edit pada data PTK, di Info PTK sulit berubah sed...
Jakarta, Kemdikbud (Senin, 24/03/2014 - 17:04) --- Hasil audit BPKP menunjukkan,
tunggakan utang tunjangan profesi para guru yang belum dibayarkan dari
tahun 2010-2013 sebesar Rp4,31 triliun. Jumlah tersebut jauh berkurang
dari perkiraan sebelumnya yaitu sebesar Rp8 triliun.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh,
mengatakan, total sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) yang berada di
kabupaten kota sebesar Rp6,068 triliun. Dana tersebut seharusnya untuk
pembayaran tunjangan profesi guru yang masih menjadi utang dari tahun
2010-2013.
“Jadi saldo Silpa itu masih ada Rp1,7 triliun lagi, dan memang benar
uang itu masih ada di kabupaten kota,” tegas Mendikbud usai meluncurkan
SBMPTN 2014, di Kantor Kemdikbud, Jumat (21/03/2014) malam.
Mendikbud mengatakan, meskipun dana tersebut tersebar di
kabupaten/kota, ada juga kabupaten/kota yang benar-benar tidak memiliki
Silpa. Akibatnya, kabupaten/kota tersebut tidak bisa membayarkan
tunjangan profesi para guru di daerahnya. Dari kabupaten/kota yang
kurang itu, Kemdikbud telah mengalokasikan Rp598 miliar di 2014 ini,
untuk membayar hutang 2010-2013.
Untuk daerah yang memiliki Silpa, Mendikbud menegaskan akan segera
menyelesaikan tunggakan utang kepada para guru. Kemdikbud, kata dia,
berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, dan
BPKP. “Segera kita selesaikan, tinggal menunggu peraturan menteri
keuangan (PMK) nya saja untuk memakai silpa-silpa itu supaya bisa
digunakan untuk utang piutang itu,” katanya.
PMK direncanakan rampung bulan ini (Maret). Dengan keluarnya PMK
memiliki dasar hukum untuk menyalurkan dana tersebut kepada para guru
yang berhak. “Selama ini kan mereka (daerah) tidak berani menggunakan
anggaran tersebut karena merupakan anggaran tahun 2010. Dengan PMK, maka
kabupaten/kota harus mencairkan,” katanya. (Aline Rogeleonick)
Sumber : Kemdikbud
Utang Tunjangan Profesi Guru akan Segera Dibayar Setelah Ada Peraturan Menteri Keuangan
Jakarta, Kemdikbud ( Senin, 24/03/2014 - 17:04) --- Hasil audit BPKP menunjukkan, tunggakan utang tunjangan profesi para guru yang...
![]() |
Asep Sulle Morrana |
Kepada Yth :
PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA
CC. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Bismillahirohmanirrohim...
Perjalanan
DAPODIK selama 2 tahun ini begitu banyak perkembangan dari kualitas
data sampai dengan kualitas pengiriman sampai dengan 96% Progres
Nasional. Siapa yang berjasa??
Pihak P2TK pun mengakui bahwa pemerintah saat ini “mengemis” meminta data dari sekolah dalam hal ini Operator Sekolah.
Untuk
apa?? Mulai dari Sekolah, pemerintah mengetahui dengan pasti berapa
jumlah sekolah di negeri ini, berapa yang rusak ringan, berapa yang
rusak berat, berapa yang kekurangan ruangan kelas tidak seperti sebelum
dapodik yang dikirim secara manual banyak yang fiktif sehingga
pemerintah merasa di rugikan milyaran bahkan trilyunan rupiah karena
bantuan masuk kepada yang tidak berhak.
Sekolah mana saja yang
berhak mendapatkan bantuan DAK, mana saja yang berhak mendapatkan RKB
dengan rasio jumlah siswa yang akurat, tepat dan akuntable, mana saja
yang berhak mendapatkan bantuan bangunan Perpustakaan dll.
Sekarang?? Berapa milyar dan bahkan trilyunan rupiah bisa diselamatkan. Siapa yang berjasa??
Dari
data PTK sebelum dapodik pemerintah tidak yakin akan jumlah PTK yang
ada di negeri ini, bagaimana penyebarannya, berapa jumlah PNS, berapa
Jumlah Non PNS, apakah sekolah kekurangan guru ataupun malah kelebihan
karena yang pemerintah pusat terima adalah laporan secara manual dari
dinas provinsi, dinas kabupaten yang isinya tidak akurat setelah
langsung di validasi kelapangan. Pemerintah merasa kecolongan dan
dibohongi.
Sekarang?? Dengan Dapodik melalui Operator Sekolah
Pemerintah dengan pasti mengetahui bagaimana pemetaan PTK di
sekolah-sekolah, mana saja sekolah yang kekurangan guru, mana saja
sekolah yang kelebihan guru, berapa jumlah PNS, berapa Jumlah Non PNS,
berapa jumlah yang berhak menerima Tunjangan Profesi sesuai dengan 24
jam mengajarnya, berapa jumlah yang berhak menerima Aneka Tunjangan
untuk Non PNS yang sebelum dapodik hanya usulan manual dan ternyata
sampai kepada yang tidak berhak.
Sekarang?? Berapa milyar bahkan trilyunan rupiah bisa diselamatkan. Siapa yang berjasa??
Peserta
Didik, sekarang dengan pasti pemerintah bisa mengetahui berapa Dana BOS
harus dikucurkan ke sekolah-sekolah, berapa dana BSM harus dikeluarkan
tidak seperti sebelum dapodik yang pengajuannya dilakukan secara manual
karena banyaknya sekolah-sekolah yang membengkakkan datanya.
Sekarang?? Berapa milyar bahkan trilyunan rupiah bisa diselamatkan. Siapa yang berjasa??
Operator
Sekolah ibarat Pejuang Kemerdekaan RI, yang berjuang jiwa dan raga
dengan hati ikhlas dan profesional, mengorbankan materi, meninggalkan
keluarga tanpa melihat resiko dan jasa apa yang akan mereka dapat tetapi
tujuan mereka adalah berjuang untuk kemerdekaan Republik Tercinta ini,
untuk seluruh Rakyat RI. Mereka adalah cikal bakal kemerdekaan tanpa
kenal lelah siang dan malam memperjuangkan Kebebasan dari penjajah.
Walaupun nantinya hanya ucapan terimakasih yang didapat, hanya sebuah
nama yang di kenang dalam buku sejarah dan batu nisan bahkan tanpa di
kenal sama sekali dan dianggap tidak ada.
Apa yang membuat
semangat Operator Sekolah??? Sebuah system dari pemerintah melalui
aplikasi-aplikasi terutama Dapodik memotong jalur birokrasi Administrasi
dari sekolah, UPT kecamatan, Dinas Kabupaten, Dinas Provinsi dan Pusat.
Kecurangan-kecurangan yang terjadi, manupulasi data, pembengkakan
jumlah Peserta Didik, pelaporan BSM yang fiktif, laporan palsu dari
penerima sertifikasi dan lain sebagainya di kikis oleh Aplikasi yang
namanya dapodik. Pelaporan dari Sekolah langsung ke Dirjen Kemdiknas
membuat gerah para pejabat yang nakal, yang memanfaatkan pelaporan
secara manual, tidak bisa lagi menahan ataupun menyunat
tunjangan-tunjangan yang langsung masuk ke rekening penerima, dan
mungkin yang terjadi sekarang hanya membuat “pengkondisian” dan juga
“belas kasihan” dari sang penerima tunjangan.
Nah..disinilah
Peran seorang Operator Sekolah sangat penting dalam menginput data
dengan benar dan sesuai realita dengan tidak keluar dari Aturan-aturan
pemerintah sesuai tuntutan Aplikasi dan dibayangi dengan UU ITE. Seorang
Operator Sekolah harus menguasai alur dan strukture pemograman, Aturan
pembagian jam Pembelajaran sesuai KTSP ataupun KUR 2013, penguasaan
mereka lebih hebat dari Wakil Kepala sekolah bagian program kurikulum,
mendata seluruh peserta didik dan PTK, lebih hebat dan rinci dari bagian
sensus kependudukan dan kepegawaian daerah, bertanggung jawab mengenai
pencairan dana BOS, tunjangan sertifikasi PTK, bantuan RKB, DAK, dsb
yang berkaitan dengan sekolah lebih hebat dari pejabat-pejabat pembuat
kebijakan, dan para dewan yang terhormat yang membuat persetujuan.
APLIKASI YANG LUAR BIASA HEBAT dan OPERATOR YANG LUAR BIASA HEBAT DAN
HANDAL.
Untuk siapa sebenarnya OPS berjuang..?? Untuk Sekolah,
Untuk Siswa, Untuk PTK lantas….Apa yang Operator Sekolah terima??
Tekanan dari sekolah, dari PTK yang bersertifikasi, dari PTK Non PNS
yang merasa berhak menerima Aneka Tunjangan.
Sementara
Operator Sekolahnya pun tidak ada perhatian sama sekali dari pemerintah,
hanya melempar ke sekolah dengan sedikit mencatumkan di JUKNIS BOS 2014
itu juga kalau dijalankan oleh Sekolah..buktinya banyak keluhan dari
Operator Sekolah yang memakai laptop sendiri, modem dan pulsa sendiri
dengan honor sekolah yang disamakan dengan honor penjaga sekolah bahkan
mungkin di bawahnya dan pantas saja dari sekolah dan PTKnya tidak
menghargai pekerjaan Operator Sekolah karena Pemerintahpun tidak
menghargai kerja kerasnya Operator. Ada yang bilang “kalau tidak sanggup
jangan jadi operator sekolah”, Bukan mengenai mau atau tidaknya menjadi
Operator Sekolah bukan mengenai sanggup tidaknya menjadi operator
sekolah karena itu berkaitan dengan individu masing-masing, tetapi
esensi dari tugas Operator Sekolah sendiri, Penghargaan Untuk Operator
Sekolah sendiri.
Melalui Aneka Tunjangan yang tadinya
diharapkan para Operator Sekolah sekarang sudah tinggal cerita, ini
bukti Operator Sekolah di abaikan oleh Pemerintah, belum lagi Kriteria
penerima tunjangan yang sudah di tetapkan melenceng jauh dan tergantung
dari tangan sakti Operator Aneka SIMTUN Kab..ini kutipan komentar
petinggi P2TK pada satu status.
"Tagor Alamsyah Harahap Ukurannya bukan paling duluan atau belakangan, yg jadi ukuran adalah kebenaran data,
jika kirim dgn sync tetap kami gunakan dan kami umumkan dgn info PTK,
jika ada kesalahan bisa dikoreksi kirim ulang dgn bsd, jadi mau
belakangan atau mau paling duluan tetap yg jadi patokan kebenaran data. Jika dilihat di info PTK ada dalam kurung sync atau BSD jadi dua2nya diakomodir.
Petikan dari http://dikdas.kemdikbud.go.id/index.php/dinas-pendidikan-kabupatenkota-tentukan-calon-penerima-tunjangan-guru/
“Nominasi yang muncul dari layar mereka online. Kabupaten/Kota membuka aplikasi, muncul nama-nama guru yang memenuhi syarat (nominasi) yang diambil dari Dapodik beserta jumlah kuotanya, tinggal operator Kabupaten/Kota check list siapa orangnya sejumlah kuota. Dia simpan, saat itu juga langsung terbaca di Jakarta,” urainya.
Lebih
lanjut Tagor menjelaskan, penentuan nama guru penerima tunjangan oleh
Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota lantaran merekalah yang tahu kondisi
guru di lapangan. Jika tahun lalu seorang guru mendapat tunjangan, maka
tahun ini ia bisa tidak dapat tunjangan lagi. Hal ini tergantung kebenaran data yang dikirim karena bisa saja guru tersebut sudah tidak memenuhi syarat.
Bagaimana Pa Tagor menjelaskan gambar yang saya lampirkan.
Sudah
di abaikan kini Operator Sekolah merasa di pojokkan karena Data yang
sudah benar tidak mendapatkan tunjangan sementara data yang belum benar
mendapatkannya.
Kami hanya minta OPERATOR SEKOLAH diperhatikan oleh pemerintah tidak lebih..
Kami hanya minta OPERATOR SEKOLAH dihargai oleh pemerintah tidak lebih…
Salahkah
OPERATOR SEKOLAH minta untuk di prioritaskan mendapatkan tunjangan
tersebut,, karena Operator Sekolah sudah menyelamatkan Uang Negara
milyaran bahkan trilyunan rupiah.
Karena Operator Sekolah
sudah dibodohi oleh Operator Kabupaten dan juga Operator Sekolah tidak
dianggap ada oleh pemerintah pusat, maka saya putuskan untuk menghentikan pengiriman data sampai ada kejelasan dan bukti bahwa pemerintah memperhatikan Operator Sekolah.
Bila
saya mati besok, setidaknya saya sudah tenang karena perjuangan saya,
walaupun lewat tulisan dan jejaring sosial, mudah-mudahan berbuah hasil
agar Operator Sekolah Indonesia kedepan bisa di SK kan paling tidak
mendapat Tunjangan Operator Sekolah.
Mohon Maaf sebesar-besarnya dan Terimakasih kepada:
- Saudara dan Sahabat saya Ahmad Rizal, yang sudah mengajak saya bergabung dengan TIM DAPODIK lantai 5.
- Bapak Yusuf Rokhmat yang sudah menerima saya menjadi bagian dari TIM DAPODIK lt.5
- Ndan Obeng Bunhauw yang sudah membimbing saya dari awal terbentuknya Forkops Jabar sampai di lt.5.
- Para rekan-rekan Gerilyawan Dapodik yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu yang sudah berjuang tanpa henti dan tanpa diminta sudah membantu pemerintah dalam sosialisasi dan menjaga DAPODIK ini.
- Para rekan-rekan Operator Sekolah seluruh Indonesia yang sudah mempercayai saya sebagai nara sumber dan tempat bertanya.
Nobody is Perfect
I am Nobody
SAVE OPERATOR SEKOLAH INDONESIA (Surat Terbuka Untuk Kemendikbud RI)
Asep Sulle Morrana Kepada Yth : PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA CC. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Bismillahirohmanirrohim...
25 March 2014
Karena Ujian Sekolah khusus mata pelajaran UN pada SMP Negeri 3 Pringgabaya sudah berakhir pada hari selasa, 25 Maret 2014 maka sebagai dokumentasi dan bahan belajar untuk menghadapi Ujian Nasional tanggal 5-8 Mei 2014 mendatang, berikut kami postingkan soal-soal tersebut. Perlu dimaklumi bahwa penyusunan soal-soal Ujian sekolah pada sekolah kami sesuai kesepakatan mengacu (bersumber) pada bank soal try out yang sudah ditampilkan sebelumnya.
Berikut soal-soal tersebut :
Catatan :
File soal tersebut diseting untuk dicetak dalam bentuk booklet (berbentuk buku), sehingga paper size diatur pada ukuran A5.
Jika ingin mencetak pada propertis printer pakailah fasilitas print booklet dengan paper size A5 dan printer paper size F4 (custom 8,5 x 13 inch).
Download contoh soal Ujian Praktik :
Semoga bermanfaat
SOAL SOAL UJIAN SEKOLAH (MAPEL UN)
Karena Ujian Sekolah khusus mata pelajaran UN pada SMP Negeri 3 Pringgabaya sudah berakhir pada hari selasa, 25 Maret 2014 maka sebagai...
Dewasa ini kata atom sudahlah sangat sering kita dengar. Tetapi
kelahiran konsep atom memerlukan waktu yang sangat lama, lebih dari 2000
tahun. Setelah kelahirannya pun, masih diperlukan beberapa abad untuk
mematangkan konsep ini. Atom yang awalnya kita anggap sebagai bola pejal
yang keras, sekarang ternyata kita pahami sebagai awan materi yang
rumit.
Pada abad ke-5 sebelum Masehi, dua orang filsuf Yunani, Leucippus dan muridnya Democritus, berjalan-jalan di sepanjang pantai Aegean. Leucippus
mengajak muridnya untuk merenungkan sesuatu: "Tidakkah air laut yang
kelihatannya bersifat kontinu terdiri dari butiran-butiran halus seperti
halnya pasir yang terhampar di pinggir pantai? Dari kejauhan pasir
terlihat kontinu tetapi pengamatan dari dekat menunjukkan pasir terdiri
dari butiran-butiran halus."
Democritus yang hidup antara tahun 470 sampai 380
sebelum Masehi mengembangkan pemikiran sang guru. Ia menyatakan bahwa
materi terdiri dari partikel-partikel terkecil yang disebut atom (a = tidak, tomos
= terbagi). Ia percaya bahwa atom-atom dari unsur-unsur yang berbeda
mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda. Air mempunyai bentuk seperti
bola yang halus sehingga terasa sejuk sedangkan api mempunyai bentuk
yang tajam sehingga terasa panas. Pada masa itu, bangsa Yunani percaya
bahwa ada empat unsur yang menyusun alam, yaitu tanah, air, api, dan
udara. Namun demikian, pemikiran Democritus ini tidak menarik minat orang selama 2000 tahun karena mereka telah kecanduan teori bahwa materi bersifat kontinu.
Pada sekitar tahun 1779 seorang ilmuwan Perancis, Antoine Laurent Lavoisier,
melakukan percobaan secara teliti, yaitu memanaskan logam raksa dan
udara dalam tabung tertutup. Dari percobaan ini ia sampai pada
kesimpulan bahwa “dalam setiap reaksi kimia, jumlah massa zat-zat sebelum dan sesudah reaksi adalah sama”. Kesimpulan ini kemudian dikenal sebagai Hukum Kekekalan Massa. Dua puluh tahun kemudian, ilmuwan Perancis lain yang menetap di Madrid, Joseph Louis Proust merumuskan suatu hukum yang disebut Hukum Perbandingan Tetap yang berbunyi: “Perbandingan massa unsur-unsur yang menyusun suatu senyawa selalu tetap”.
Untuk menjelaskan kedua hukum di atas, seorang guru SMA dari Inggris, John Dalton, membangkitkan ingatan orang tentang suatu istilah yang telah terlupakan yaitu atom. Dalton mengemukan teori barunya tentang atom melalui bukunya yang berjudul New System of Chemical Philosophy. Butir-butir teori atom Dalton adalah sebagai berikut:
1. Materi tersusun dari partikel-partikel terkecil yang disebut atom.
2. Atom tidak dapat dibagi-bagi menjadi partikel yang lebih kecil.
3. Atom-atom suatu unsur mempunyai sifat dan massa yang sama.
4. Unsur-unsur yang berbeda memiliki atom-atom yang sifat dan massanya berbeda.
5. Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali atom-atom.
1. Materi tersusun dari partikel-partikel terkecil yang disebut atom.
2. Atom tidak dapat dibagi-bagi menjadi partikel yang lebih kecil.
3. Atom-atom suatu unsur mempunyai sifat dan massa yang sama.
4. Unsur-unsur yang berbeda memiliki atom-atom yang sifat dan massanya berbeda.
5. Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali atom-atom.
Jadi jelaslah sekarang bagaimana teori atom Dalton mampu menjelaskan kedua teori di atas. Dalam kaitan Hukum Kekekalan Massa,
reaksi kimia hanyalah melibatkan penataan ulang atom-atom pereaksi
menjadi hasil reaksi, sehingga jumlah massa harus tetap sama. Atau
dengan kata lain, selama reaksi berlangsung atom-atom tidak diciptakan
dan tidak dimusnahkan. Dalam kaitan Hukum Perbandingan Tetap,
suatu senyawa dibentuk atau disusun dari berbagai jenis atom-atom
dengan perbandingan tertentu sehingga mempunyai perbandingan massa yang
selalu tetap.
Namun demikian, bukan berarti teori atom Dalton
telah sempurna. Atom yang berupa bola pejal tentu saja tidak mampu
menjelaskan mengapa suatu larutan tertentu bersifat elektrolit alias
dapat menghantarkan arus listrik. Kenyataannya, beberapa bagian dari
teori ini memang terbukti salah.
Pengamatan yang teliti mulai akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20,
mengantarkan para ahli pada kesimpulan bahwa atom-atom dapat
dipecah-pecah menjadi partikel-partikel yang lebih kecil.
Partikel-partikel penyusun atom adalah proton yang bermuatan positip,
neutron yang netral, dan elektron yang bermuatan negatip. Dengan
demikian poin ke-2 dari teori ini salah.
Atom mempunyai jumlah proton dan elektron yang spesifik. Tetapi
atom-atom dari unsur yang sama dapat mempunyai jumlah neutron yang
berbeda. Hal ini menyebabkan atom-atom unsur yang sama bisa saja
mempunyai massa yang berbeda. Inilah yang disebut dengan isotop. Ini
membuktikan bahwa poin ke-3 dari teori atom Dalton juga salah.
Terlepas dari berbagai kesalahan dalam teorinya, Dalton
telah meletakkan dasar-dasar teori atom yang modern. Teori ini dibangun
dari berbagai data percobaan yang telah dilakukan oleh ahli-ahli lain
seperti Lavoisier dan Proust.
TEORI ATOM DALTON
Dewasa ini kata atom sudahlah sangat sering kita dengar. Tetapi kelahiran konsep atom memerlukan waktu yang sangat lama, lebih dari 2000 ...
24 March 2014
Ada yang baru di rekap pra SK, muncul keterangan lain selain JJM Tidak
linear, yaitu NIP baru harus 18 digit dan NIP tidak sinkron dengan
tanggal lahir yang mengakibatkan data kembali ke posisi edit data dari
yang tadinya diusulkan.
Artinya sekarang data benar-benar mulai diperiksa dan diperhatikan kualitas, kesesuaian dan keajegannya, jadi periksa kembali secara teliti seluruh data yang kita isikan, seperti NIP, NUPTK, SK Tugas Tambahan, SK Pengangkatan dll yang kita isikan pada aplikasi dapodikdas kita.
Artinya sekarang data benar-benar mulai diperiksa dan diperhatikan kualitas, kesesuaian dan keajegannya, jadi periksa kembali secara teliti seluruh data yang kita isikan, seperti NIP, NUPTK, SK Tugas Tambahan, SK Pengangkatan dll yang kita isikan pada aplikasi dapodikdas kita.
Karena masih banyak saya lihat SK Pengangkatan diisi dengan SK CPNS
padahal seharusnya SK PNS, bisa saja untuk sekarang data cek Lapor
Tunjangannya valid, tapi kedepan siapa tahu kesalahan ini bisa jadi batu
sandungan.
Atau masih banyak juga yang saya lihat SK Tugas Tambahan diisi dengan SK Mutasi, iya dulu bisa linear dan SK itu bisa diakui, tapi siapa tahu dengan semakin disempurnakannya aplikasi Tunjangan maka kesalahan-kesalahan ini akan terindikasi shg akan jadi indikator ketidakvalidan SKTP.
Sekarang keabsahan NIP yang jadi indikator ketidakvalidan SKTP, siapa tahu kedepan hal yang saya ungkap diatas pun akan pula jadi kenyataan.
Mari kita perbaiki data yang memang belum benar dan sesuai selagi masih ada waktu, sehingga kita tidak menjadi yang tersalahkan dan terkalahkan justru dimasa akhir pekerjaan yang melelahkan ini
Atau masih banyak juga yang saya lihat SK Tugas Tambahan diisi dengan SK Mutasi, iya dulu bisa linear dan SK itu bisa diakui, tapi siapa tahu dengan semakin disempurnakannya aplikasi Tunjangan maka kesalahan-kesalahan ini akan terindikasi shg akan jadi indikator ketidakvalidan SKTP.
Sekarang keabsahan NIP yang jadi indikator ketidakvalidan SKTP, siapa tahu kedepan hal yang saya ungkap diatas pun akan pula jadi kenyataan.
Mari kita perbaiki data yang memang belum benar dan sesuai selagi masih ada waktu, sehingga kita tidak menjadi yang tersalahkan dan terkalahkan justru dimasa akhir pekerjaan yang melelahkan ini
Sumber : Nunu Nugraha
SOLUSI JIKA DATA PADA INFO PTK KEMBALI KE POSISI "EDIT DATA"
Ada yang baru di rekap pra SK, muncul keterangan lain selain JJM Tidak linear, yaitu NIP baru harus 18 digit dan NIP tidak sinkron de...
23 March 2014
![]() |
Ilustration by Google |
Adapun SK yang sudah diterbitkan sampai
saat ini adalah :
- SK Tunjangan Profesi yang melalui transfer dana pusat (Non PNS dan SLB)
- SK Tunjangan Fungsional
- SK Tunjangan Kualifikasi Pendidikan, bagi yang sedang kuliah atau melanjtkkan pendidikannya ke jenjang S1
- SK Tunjangan khusus, bagi guru yang bertugas di wilayah khusus
Sedangkan untuk SK Tunjangan
Profesi untuk PNS sampai saat ini masih proses validasi dan belum diterbitkan.
Untuk mengetahui apakah anda termasuk penerima SK tunjangan, caranya login pada Cek Info PTK kemudian :
Pada bagian akhir Lembar Info PTK klik tulisan "Tunjangan Guru" untuk melihat jenis tunjangan yang didapat.

Perhatikan tulisan tebal (bold), kalau ada tulisan tebal pada jenis tunjangan tersebut berarti tunjangan itulah yang anda dapat. Jika tidak ada tulisan tebal, hampir bisa dipastikan bahwa anda tidak mendapat tunjangan apa-apa. Jika anda termasuk nominator penerima Tunjangan Profesi melalui transfer dana pusat (Non PNS atau SLB) tetapi tidak ada tulisan tebal, segera perbaiki data anda karena besar kemungkinan data anda belum valid.
Apabila anda termasuk nominator penerima aneka tunjangan dan tidak ada tulisan tebalnya, maka saat ini "ANDA BELUM BERUNTUNG" karena UNTUK TUNJANGAN FUNGSIONAL DAN TUNJANGAN KHUSUS SUDAH PADA POSISI KUOTA FINAL DAN TIDAK ADA PENAMBAHAN KUOTA BARU (Red : Nga keluar nomor SK Aneka Tunjangan yah berarti nga ada SK tahun 2014). Pengusulan untuk penerima aneka tunjangan yang terdiri dari tunjangan fungsional dan tunjangan daerah khusus sudah ditutup pada tanggal 18 Maret 2014 yang lalu, sedangkan pengusulan untuk penerima Bantuan Kualifikasi Pendidikan S1/DIV masih ada kesempatan. Perhatikan isian riwayat pendidikan pada Dapodik khususnya tahun kuliah, semester yang sedang di jalani, nama Kampus, serta IPK untuk diusulkan.
Klik tulisan tebal untuk melihat rincian SK yang diterbitkan. Pada rincian SK tercantum antara lain Nomor SK, Nomor rekening dan Bank tempat dicairkannya dana tunjangan.
Akan tetapi perlu diingat bahwa data
yang ditampilkan pada halaman web ini tidak dapat dijadikan dasar acuan untuk
proses pembayaran tunjangan dan data sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan
data dapodik. Proses pembayaran tunjangan mengacu pada SK cetak yang dikirim ke
pengelola masing-masing tunjangan.
Silahkan diakses melalui link-link info PTK yang ada
CEK... APAKAH ANDA "MENDAPATKAN TUNJANGAN" UNTUK TAHUN 2014 INI...?
Ilustration by Google Sejak Minggu dini hari (23 Maret 2014) Lembar Info PTK sudah bisa di akses. Ada yang baru pada tampilan Lem...
21 March 2014
Untuk diperhatikan bagi guru PNS yang sudah sertifikasi, berkaitan
adanya info bahwa TUNJANGAN PROFESI akan dicairkan bulan maret 2014
seperti yang dilansir di banyak media massa berdasarkan penjelasan dari
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, ada beberapa hal yang perlu
dipahami bersama bahwa :
- Yang ditargetkan cair bulan maret ini adalah Tunjangan Profesi dan Aneka Tunjangan YANG DIBAYAR LANGSUNG DARI KEMENDIKBUD, itu berarti Tunjangan Fungsional Non PNS, Tunjangan Khusus, Bantuan Kualifikasi S-1 dan Tunjangan Profesi Guru NON PNS
- Untuk Tunjangan Profesi Guru PNS, yang dibayar melalui Transfer Daerah (Disalurkan oleh Dinas Pendidkan kabupaten), MASIH MENUNGGU transfer dana dari kementerian keuangan ke Kas Daerah.
- UntukTransfer Dana dari Kementerian Keuangan ke Kas Daerah harus berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang mengatur besaran alokasi anggaran untuk masing-masing kabupaten/kota, dan sampai info ini saya tulis PMK-nya BELUM TERBIT.
- Kalaupun dana sudah masuk kas daerah, untuk bisa dicairkan HARUS ADA Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) yang diterbitkan Kemendikbud untuk atas nama masing-masing penerima, dan SKTP tersebut saat ini MASIH DALAM PROSES (yg belum tahu akan terbit kapan)
- Kesimpulannya, untuk Guru PNS calon penerima tunjangan profesi, JANGAN TERLALU BERHARAP AKHIR MARET 2014 akan CAIR
Jangan Terlalu Berharap Tunjangan Profesi Cair Akhir Maret 2014
Untuk diperhatikan bagi guru PNS yang sudah sertifikasi, berkaitan adanya info bahwa TUNJANGAN PROFESI akan dicairkan bulan maret 2014 ...
Subscribe to:
Posts (Atom)
Populer Post
Arsip Blog
Artikel Pilihan
Kontingen NTB Siap Berlaga di GSI Nasional 2024: Tiga Siswa SPENEL Wakili Lombok Timur
Pelepasan kontingen GSI Kab. Lombok Timur oleh PJ. Bupati di ruang kerjanya Aikmel, 14 Oktober 2024 - Sebanyak 18 siswa yang tergabung dala...
