04 November 2017

Contoh Deskripsi PKG Guru Kelas/Mapel, Kompetensi 5 Memahami dan Mengembangkan Potensi

AL-MAUDUDY.COM (4/11/2017) - Sudah menjelang akhir tahun, apakah di sekolah bapak/ibu sudah melaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Guru (PKG) ? Ingat bahwa PKG itu banyak kaitannya, misalnya menjadi dasar penyusunan SKP dan penghitungan angka kredit untuk keperluan kenaikan pangkat.

Menyusun penilaian hasil PKG dengan menggunakan aplikas yang banyak beredar memang cukup praktis, tinggal centang-centang saja dan nilai akhirnya akan muncul. Akan tetapi sebagai dasar centang mencentang sebagai asesor perlu dilakukan pengamatan langsung di lapangan terhadap pelaksanaan kinerja guru tersebut dan mencatat setiap fakta yang terjadi ke dalam format hasil pengamatan.
Contoh Deskripsi PKG Guru Kelas/Mapel, Kompetensi 5 Memahami dan Mengembangkan Potensi

Sering ditemukan di lapangan para asesor banyak mengalami kesulitan dalam menuliskan deskripsi hasil pengamatannya, untuk itu berikut ini kami berikan contoh deskripsi hasil pengamatan kegiatan PK Guru Mata Pelajaran untuk satu kompetensi yaitu kompetensi 5 yang disesuaikan dengan pedoman pengamatan yang mungkin bisa dijadikan referensi.

Baca juga : CARA MENILAI PK GURU KELAS / MATA PELAJARAN, bagian I : KOMPETENSI PEDAGOGIK
----------

Petunjuk Pengamatan

Kompetensi 5 : Memahami dan mengembangkan potensi
Jenis dan cara menilai : Pedagogik (Pengamatan dan Pemantauan)
Pernyataan
Guru menganalisis potensi pembelajaran setiap peserta didik dan mengidentifikasi pengembangan potensi peserta didik melalui program pembelajaran yang mendukung siswa mengaktualisasikan potensi akademik, kepribadian, dan kreativitasnya sampai ada bukti jelas bahwa peserta didik mengaktualisasikan potensi mereka.

Indikator :
  1. Guru menganalisis hasil belajar berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan masing‐masing.
  2. Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan dan pola belajar masing‐masing.
  3. Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis peserta didik.
  4. Guru secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.
  5. Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masing-masing peserta didik.
  6. Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masingmasing.
  7. Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang disampaikan.
Proses Penilaian :
Sebelum Pengamatan:
Periksa daftar hadir, pilih 4 (empat) nama peserta didik secara acak, dan mintalah guru menerangkan hal-hal berikut:
  1. Bagaimana guru dapat menunjukkan kekuatan dan kelemahan belajar peserta didik (misalnya melalui pengamatan sikap peserta didik terhadap materi atau mata pelajaran tertentu).
  2. Tindakan apa yang dilakukan guru untuk mengembangkan kekuatan dan mengatasi kelemahan
  3. tersebut.
  4. Apakah peserta didik tersebut pernah mendapat layanan khusus dari guru BK.
Selama Pengamatan:
  1. Amati seberapa jauh guru memperhatikan setiap peserta didik, apakah guru hanya memberikan perhatian kepada peserta didik yang memiliki kelebihan tertentu saja.
  2. Amati bagaimana guru menyakinkan setiap peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran.
  3. Amati seberapa jauh guru memberikan perhatian terhadap kontribusi yang diberikan oleh peserta didik dan berapa banyak kesempatan yang diberikan kepada peserta didik untuk menyampaikan pemikiran/pendapatnya.
  4. Amati bagaimana guru memotivasi peserta didik untuk bertanya tentang hal‐hal yang berkaitan dengan topik yang dibahas.
  5. Amati bagaimana guru memotivasi peserta didik untuk mengembangkan pemikiran dan pengalamannya yang melebihi pengetahuan dan pengalaman di lingkungan dan kehidupan sehari‐hari.
Setelah pengamatan:
  1. Mintalah guru menjelaskan apakah ada tindak lanjut yang akan dilakukan karena topik tersebut menarik atau sulit, dan bagaimana melanjutkannya.
  2. Mintalah guru menjelaskan apakah ada peserta didik yang pernah mendapat perhatian khusus untuk mengembangkan potensinya dan manfaatnya untuk perbaikan RPP.
Pemantauan:
Periksa apakah guru memiliki dokumen tentang kemajuan belajar setiap peserta didik.

Contoh deskripsi hasil pengamatan (Catatan Fakta)


Kompetensi 5 : Memahami dan mengembangkan potensi
Nama Guru     :
Nama Penilai  :

Sebelum Pengamatan

Tanggal           : ..............
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa :
  1. Daftar hadir siswa
  2. RPP
  3. Catatan Layanan Khusus dari guru BP/BK
Tanggapan penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru :
  1. Guru dapat menunjukkan secara garis besar berdasarkan hasil pengamatannya tentang siswa yang mampu (menonjol) pada mata pelajaran tertentu dan kurang menonjol pada mata pelajaran lainnya
  2. Guru memberikan gambaran caranya memberikan motivasi kepada siswa yang memiliki kemampuan lebih pada mata pelajaran tertentu agar dirinya mampu untuk lebih mengembangkan dirinya pada mata pelajaran tersebut
  3. guru juga memberikan gambaran tentang teknisnya memberikan dorongan kepada siswa yang kurang mampu pada mata pelajaran tertentu dengan jalan menggali akar permasalahannya sehingga bisa menemukan solusi yang tepat
  4. Guru bekerja sama dengan guru lain dan guru BP/BK di dalam mengatasi permasalahan pengembangan potensi siswa
  5. Pada RPP belum tergambar secara rinci rencana aktivitas pembelajaran yang dapat memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir siswa
  6. Tidak ditemukan catatan khusus pada layanan BP pada siswa di kelas tersebut
Tindak lanjut yang diperlukan :
  1. Pada RPP rencanakan proses pembelajaran yang dapat memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis siswa
  2. Layanan khusus BP lebih diintensifkan terutama pada siswa yang memiliki permasalahan khusus

Selama Pengamatan :

Tanggal                    : .............................
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa :
  1. Daftar hadir siswa
  2. RPP
  3. Buku Nilai
Kegiatan / aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan :
  1. Guru memberikan salam dan menanyakan kondisi siswa
  2. Guru mereview materi minggu lalu tentang konsep "Asam dan Basa"
  3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisifasi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan review guru
  4. Guru menjelaskan materi "Larutan asam dan basa", karakteristik dan contoh-contoh yang banyak terdapat di lingkungan sekitar
  5. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk ikut berpartisifasi mendiskusikan karakteristik dan contoh-contoh asam dan basa
  6. Guru mendemonstrasikan cara menentukan larutan asam dan basa  dengan menggunakan indikator dari kertas lakmus biru dan merah
  7. Guru memberikan kesempatan kepada beberapa orang siswa untuk ikut mendemonstrasikan
  8. Guru mengajak siswa berdiskusi berdasarkan hasil percobaan
  9. Terlihat siswa cukup antusias karena melihat fakta yang nyata
  10. Guru mengajak siswa mendiskusikan tentang indikator alami untuk menentukan apakah suatu larutan bersifat asam atau basa
  11. Beberapa kelompok siswa masih terlihat bingung tentang konsep asam dan basa

Tindak lanjut yang diperlukan :

  1. Perlu diintensifkan pemberian tugas proyek kepada siswa untuk mencari dan mempraktikkan bahan-bahan alami sebagai indikator asam dan basa
  2. Kegiatan demonstrasi hendaknya mengacu pada prosedur yang ada di LKS
Setelah pengamatan :
Tanggal                     : ...................
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa :
  1. Quisioner
  2. Buku tugas siswa
Tanggapan penilai terhadap dokumen dan / atau keterangan guru
  1. Guru memberikan himbauan kepada siswa untuk mencari bahan-bahan alami seperti kunyit dan bungan kembang sepatu sebagai indikator alami asam dan basa serta mencobanya di rumah
  2. Guru menjelaskan bahwa dia selalu memberikan perhatian dan bimbingan khusus untuk mengembangkan potensinya dan setiap permasalahan yang timbul digunakan untuk perbaikan RPP selanjutnya.

Tindak lanjut yang diperlukan :

Sebaiknya guru memiliki catatan khusus tentang siswa yang memiliki kelebihan lebih tinggi dan rendah dari teman-temannya yang lain di kelasnya.

------
Demikian contoh deskripsi hasil pengamatan PKG untuk Kompetensi 5 : Memahami dan mengembangkan potensi. Sekali lagi ini hanya sekedar contoh, yang paling cocok dan tepat untuk anda adalah hasil pengamatan langsung di lapangan/kelas.

Apakah para pengunjung AL-MAUDUDY berminat untuk melihat contoh-contoh deskripsi pada kompetensi-kompetensi yang lain... ? Pantau terus setiap artikel terbaru dari Al-Maududy.

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.