01 February 2018

Akhir Bulan DHGTK Susah Diakses, OPS Panik Khawatir Tunjangan Sertifikasi Guru Tidak Terbayar

AL-MAUDUDY.COM (1/2/2018) - Menjelang akhir bulan Januari 2018 bahkan sampai awal bulan Februari 2018, aplikasi Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) online susah diakses, bahkan sampai tidak bisa diakses sama sekali apalagi bagi yang memiliki kendala pada jaringan yang lelet. Beberapa link alternatif yang ditawarkan juga kondisinya sama, muncul notifikasi 'The service is unavailable'.

Keadaan ini tidak urung membuat para pejuang data (OPS-red) menjadi panik. Bagaimana tidak sebab mulai semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 DHGTK resmi digunakan untuk menghitung kehadiran dan akan dituangkan ke dalam juknis tunjangan profesi. Lalu bagaimana menyikapinya ?

DHGTK mempengaruhi penerbitan SKTP... benarkah ?

Karena Juknis Tunjangan Profesi belum diterbitkan secara resmi oleh Kemdikbud, maka kita hanya bisa menganalisa saja. Jika data kehadiran guru yang diambil dari aplikasi DHGTK digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan penerbitan SKTP (Surat Keputusan Tunjangan Profesi), maka akan ada beberapa kemungkinan yang terjadi, diantaranya :
  1. Jika sama dengan yang selama ini terjadi, SKTP berlaku 1 (satu) semester dan biasanya terbit pertengahan semester, bagaimanakah aplikasi mendeteksi kehadiran guru setelah SKTP terbit ? Apakah SKTP harus terbit di setiap akhir semester ?
  2. Adakah kemungkinan SKTP yang dipublish melalui laman Info GTK akan terbit per triwulan sehingga dhgtk-kemdikbud bisa mendeteksi kehadiran guru setiap bulannya ?
Kalau kita telaah kemungkinan-kemungkinan tersebut di atas, maka kelihatan ribet alurnya. Oleh karena itu Bp. Nazarudin memberikan penjelasan bahwa sesuai alur Siklus Pekerjaan sebelum dan sesudah terbit SKTP yang ditampilkan pada beranda DHGTK bahwa absen guru yang datanya diambil dari aplikasi DHGT bukan berpengaruh pada saat penerbitan SKTP tetapi setelah SKTP terbit yaitu pada saat pembayaran.
siklus DHGTK sebelum dan setelah penerbitan SKTP

Hasil absensi yang sudah diterbitkan SPTJM (Surat Pernyatan Tanggung Jawab Mutlak) dapat di cetak dan di download oleh operator tunjangan dan operator simbar (Sistem Pembayaran) yang berada di Dinas pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi. Kemudian ditentukan apakah guru yang bersangkutan memenuhi persyaratan kehadiran atau tidak untuk dibayarkan tunjangannya pada bulan bersangkutan.

Kesimpulannya DHGTK TIDAK BERPENGARUH PADA PENERBITAN SKTP, TETAPI BERPENGARUH PADA SAAT PEMBAYARAN TUNJANGAN PROFESI.

Baca juga :

DHGTK susah diakses, apa yang bisa kita lakukan... ?

Permasalahan klasik yang seharusnya menjadi pelajaran bagi kita, bahwa kita punya kebiasaan bekerja santai di awal waktu dan ngebut menjelang deadline. Kebiasaann ini menyebabkan traffik akses ke server menjelang deadline menjadi padat  bahkan cenderung macet total. Berbagai jalur alternatif ditawarkan, tetapi karena diserbu oleh ribuan pengguna dalam waktu bersamaan tidak banyak membantu kelancaran. Oleh karena itu sebaiknya :
  1. Tidak membiasakan untuk menunda-nunda pekerjaan. Absensi itu normalnya dilakukan setiap hari maka lakukanlah setiap hari. Memang bisa saja rapelan disi di akhir bulan, jika ketemu traffik ke server sedang lancar maka beruntunglah, akan tetapi jika bertemu dengan traffik padat dan bahkan cenderung macet maka panik-lah yang akan muncul.
  2. Jika bertemu dengan kondisi traffik padat sehingga DHGTK tidak bisa diakses, jangan paksakan untuk mengakses. Percuma.. nanti bawaannya malah bikin kesal.. marah-marah, ngomelin server dan sebagainya. Perlu diingat bahwa data kehadiran pada aplikasi DHGTK akan terkunci ketika Kepala Sekolah mencetak SPTJM, sebelum mencetak SPTJM maka masih bisa diedit. Kepala Sekolah mengunci Kehadiran melalui submenu cetak SPTJM bisa dilakukan perbulan atau pertriwulan Setidaknya kondisinya hingga tulisan ini diterbitkan masih seperti itu.
  3. Jangan lupa sebelum mulai bekerja baca dan pelajarilah buku panduan yang sudah disediakan agar pekerjaannya benar sesuai prosedur. Kalau masih bingung atau bertemu masalah yang tidak ada solusinya pada buku panduan, bisa berkonsultasi sesama teman atau langsung kepada admin pusat melalui media-media sosial. Tetapi harus pelajari panduan dulu, jangan bertanya dulu baru buka buku panduan...
  4. Harus diingat pula bahwa DHGTK adalah tupoksinya Kepala Sekolah. Kepala Sekolah dapat menunjuk atau menugaskan petugas khusus untuk melakukan pengerjaan absen online ini baik dari Operator sekolah maupun dari GTK yang ada di satuan pendidikan dengan disertai surat penugasan dari kepala sekolah. 
Akhir Bulan DHGTK Susah Diakses, OPS Panik Khawatir Tunjangan Sertifikasi Guru Tidak Terbayar

27 komentar

gimana cara membatalkan dhgt yang tidak sengaja terkunci di bulan maret

gimana cara membuka kunci dhgt yang pada mulan maret yang tidak sengaja terkunci

Kuncian yg terjadi dibulan berjalan bulan maret tidak sengaja terkunci dibulan maret..Itu akan di buka otomatis by sistem saat SP rekap dijalankan..
Jadwal sp rekap adalah jam 4 sore.

jadwal rekap sp adalah jam 4 sore untuk hari kerja saja atau sabtu minggu jgha pak

jadwal sp rekap adalah jam 4 sore. untuk setiap hari kerja aja pak.

Bulan januari terkunci,,tapi ada 5 hari blm tercentang kehadiran nya,,
Bagaimana cara memperbaikinya ya,,?????

mohon info bagaimana jika ada keterangan user dan passwodr tidak ditemukan, sedangkan sudah di buatkan di aplikasi dapodik dan telah di sinkronkan pertanggal 22 maret?

Coba trik berikut :
1. Login dapodik (aplikasi lokal)
2. Pilih tab GTK
3. Pilih GTK kepseknya
4. Ubah
5. Kosongkan emailnya.
6. Simpan kemudian refresh.
Kembali ke poin nomor 2
7. Isi kembali emailnya dengan email yang tadi
8. Klik simpan
9. refresh
kembali ke prosedur nomor 2 dan 3
10. Pilih penugasan
11. Rubah password (sudah tahu kan caranya)
12. simpan
13. Syncron
14. Tunggu prosesnya beberapa hari

apakah mengunci sptjm bisa lewat bulan? soalnya sayalupa kunci stjmnya untuk triwulan ini. sedangkan ini mau d kunci halamannya under maintenance

Penguncian dilakukan di bulan berikutnya. Misalnya Januari dikunci Februari, Februari dikunci Maret dst. Penguncian dapat dilakukan tiap bulan, minimal per triwulan

DHGTK susah diakses, apa yang bisa kita lakukan... ?
Permasalahan klasik yang seharusnya menjadi pelajaran bagi kita, bahwa kita punya kebiasaan bekerja santai di awal waktu dan ngebut menjelang deadline.

tapi ya seharusnya server juga berbenah dong. wong aplikasi sekelas nasional kok cuman diakses sejumlah sekolah down mulu... ya gak?

Saya sepakat... tetapi dibawa enjoy saja.. ketika DHGTK susah diakses atau maintenance, jangan dipaksakan untuk diakses. Percuma. Tunggu dia bisa diakses baru diakses.

kalau absen januari, februari, maret baru mau dukunci di bulan april apkah bisa?

Kalau data stpjm tidak bisa disimpan..apa penyebabnya

Kalau data stpjm tidak bisa disimpan gmana pak?..apa penyebabnya

Gimana Cara Solusinya Saya Tidak Masuk DHGTK User Password Tidak Ditemukan, Padahal Sudah Menggunakan Email Password Yg D Buat D Dapodik Baik Kepala Sekolah Maupun Login Operator '?

saya login KS ko tidak muncul kata Kunci Kehadiran dan di jenis usernya pengaswas buka Kepala Sekolah. bagaimana solusinya pak ?

Asslmkum. Pak mau tanya sya menambahkan hr libur kalender skolah tapi gagal tersimpan. Bagaimna solusinya? Mhon bntuan.Trimksh

Mungkin karena pakai karakter, misalnya Israk Mikraj ... jangan pakai tanda petik.

maaf di hari biasa juga tidak bisa di buka gmn solusinya???

Bagaimana cara membuka dhgtk yg terkunci sedangkan daftar hadirnya banyak yg blm diisi

Hubungi Operator SIM Tunjangan Kab/Kota/Prov

Bagaimana cara membuka dhgtk yg terkunci sedangkan daftar hadirnya banyak yg blm diisi.

KaLo simpan data absensi gagal saat pembaruan data, padahal data belum dikunci

lah siapa yang menunda pekerjaan? sesuai dengan peraturan klo buat sptjm di akhir bulan. sedangkan pada akhir bulan susah diakses dan kadang terjadi bug

Mohon solusi caranya membuka DHGTK yang sudah terkunci. sekolah saya gak senghaja terkunci yang bulan April dan Juli

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.