Administrasi sekolah adalah suatu proses keseluruhan kegiatan yang berupa merencanakan, mengatur (mengurus), melaksanakan dan mengendalik...
Home / All posts
26 January 2016
Administrasi sekolah adalah suatu proses keseluruhan kegiatan yang berupa merencanakan, mengatur
(mengurus), melaksanakan dan mengendalikan semua urusan sekolah untuk mencapai
tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah.
Administrasi
sekolah merupakan suatu proses pemanfaatan segala sumber (potensi) yang ada di
sekolah baik personil (Kepala Sekolah dan stafnya serta guru-guru dan karyawan
sekolah lainnya) maupun material (kurikulum, alat/media) dan fasilitas (sarana
dan prasarana) serta dana yang ada di sekolah secara efektif.
Penataan
administrasi bagi sekolah menjadi begitu penting sebagai sumber data utama manajemen sekolah dalam
mengatur proses belajar mengajar dengan tertib sehingga tercapainya tujuan sekolah.
Secara lebih
spesifik, administrasi sekolah berfungsi :
•
Memberi arah dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah
•
Memberikan umpan balik bagi perbaikan proses dan hasil pendidikan di
sekolah
•
Meningkatkan mutu penyelenggaraan administrasi sekolah
•
Menunjang tercapainya tujuan/program sekolah secara efektif dan efisien
Saat ini
penataan administrasi sekolah lebih mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan.
Akan tetapi yang sering timbul di lapangan, kita terkadang bingung mengenai
jenis-jenis administrasi yang mengacu kepada 8 standar tersebut. Oleh karena
itu berikut ini kami sajikan beberapa contoh jenis administrasi yang sesuai
dengan 8 standar nasional pendidikan tersebut.
ADMINISTRASI
STANDAR ISI :
- Dokumen KTSP (Buku 1, 2, 3)
- Dokumen Penyusunan Kurikulum (termasuk kurikulum mulok)
- SK Tim Pengembang Kurikulum
- Dokumen Penetapan KKM
- Kumpulan acuan/referensi/peraturan
- Program dan laporan pengembangan diri (BK, Ekstrakurikuler)
- Kalender Pendidikan
- Pemetaan SK – KD – Indikator
- Program PT dan KMTT semua mapel
- dll.
ADMINISTRASI
STANDAR PROSES :
- Administrasi Guru (silabus, program tahunan, program
semester, rincian minggu/hari efektif, RPP, jadwal mengajar, dokumen
penilaian, lembar penilaian sikap,
program & pelaksanaan remedial dan pengayaan, analisis penilaian, daya
serap, agenda guru, dll.)
- Daftar buku teks, panduan guru, referensi
- Program dan pelaksanaan supervisi, serta tindak
lanjut
- Buku kemajuan kelas
- Dll.
ADMINISTRASI
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN :
1. Dokumen hasil
tugas-tugas terstruktur
2. Dokumen / kumpulan karya
siswa:
§
Kliping
§
laporan kegiatan
§
laporan diskusi
§
foto – foto kegiatan, dll.
3. Dokumen Prestasi
ADMINISTRASI
STANDAR PTK :
1.
File PTK
2.
Buku induk pegawai
3.
Kumpulan SK pembagian tugas dan uraian tugas
4.
Presensi PTK dan rekapitulasinya
5.
Notulen rapat-rapat
6.
Program dan laporan pelaksanaan
pengelolaan perpustakaan
7.
Program dan laporan pelaksanaan pengelolaan laboratorium
8.
Dokumen Keikutsertaan PTK dalam forum ilmiah
9.
Dokumen kewirausahaan
10.
Buku Pembinaan dan penanganan kasus
11.
Dokumen Program, pelaksanaan, dan hasil PKB
12.
Daftar Nominatif pegawai
13.
DUPAK
14.
SKP / PKP/DP-3
15.
Laporan hasil PKG
16.
DUK
17.
Buku cuti PNS
18.
Dokumen penerimaan gaji
19.
Daftar tunggu pensiun
20.
Data Statistik Kepegawaian
21.
Dll
ADMINISTRASI
STANDAR SARANA DAN PRASARANA :
1.
Dokumen analisis luas lahan dan bangunan
2.
Dokumen analisis kebutuhan sarana prasarana
3.
Dokumen master plan/peta sekolah, foto–foto sarana prasarana
4.
Dokumen kepemilikan lahan
5.
Dokumen IMB/peruntukan bangunan
6.
Dokumen kepemilikan daya listrik
7.
Dokumen program dan pelaksanaan pemeliharaan sarana dan prasarana
8.
Buku teks / BSE/Buku guru/Buku siswa
9.
Dokumen administrasi inventaris laboratorium
10.
Dokumen administrasi inventaris
perpustakaan
11.
Buku inventaris sekolah
12.
Daftar inventaris tiap ruang (KIR)
13.
Administrasi perlengkapan/barang :
-
Buku penerimaan
barang
-
Buku pengeluaran
barang
-
Buku pemeriksaan perlengkapan/barang
-
Kartu
pemeliharaan barang
-
Dokumen
penghapusan barang
-
Dokumen usulan
pengadaan barang
ADMINISTRASI
STANDAR PENGELOLAAN
1.
Dokumen penetapan visi, misi sekolah
2.
Dokumen RKJM/RKS, RKT/RKAS, RAPBS
3.
Dokumen KTSP, Kalender Pendidikan, Struktur Organisasi, program
pengembangan SDM, peraturan akademik.
4.
Dokumen evaluasi pelaksanaan program dan tindak lanjut
5. Dokumen administrasi
kesiswaan :
a.
dokumen PPDB/MOPD
b.
dokumen Pelaksanaan pengembangan diri/konseling
c.
daftar dan rekapitulasi prestasi siswa
d.
buku induk siswa
e.
Data base sekolah
f.
Buku klaper
g.
Data keadaan siswa
h.
Dokumen rekapitulasi presensi siswa
i.
Buku mutasi siswa
j.
Data statistik kesiswaan
k. Daftar Nominatif Peserta
UN
6.
Dokumen pendayagunaan PTK (Pembagian tugas, dokumen sistem penghargaan,
pengembangan profesi, mutasi dan promosi)
7. Dokumen sarana prasarana
(perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, inventarisasi)
8.
Dokumen hasil supervisi dan tindak lanjut
9.
Dokumen evaluasi kinerja guru dan karyawan
10.
Dokumen akreditasi sekolah
11.
Dokumen pemilihan wakil kepala sekolah
12.
Sistem Informasi Manajemen Sekolah (SIM)
13. Dokumentasi administrasi
persuratan/ perkantoran
-
Buku agenda
-
Buku ekspedisi
-
Kartu kendali dan
lembar disposisi
-
Arsip surat masuk
dan surat keluar
-
Kumpulan
peraturan
ADMINISTRASI
STANDAR PEMBIAYAAN
1.
Dokumen investasi sarana prasarana
2.
Dokumen Program dan realisasi (pengembangan PTK, gaji, kesiswaan, ATK,
penggandaan, biaya daya dan jasa, biaya operasional tidak langsung, dll.)
3.
Dokumen pedoman pengelolaan sekolah
4.
Dokumen penerimaan beasiswa
5. Dokumen pembukuan
keuangan:
-
BKU
-
Buku kas pembantu
-
Buku pembantu
pajak
-
Buku laporan
keuangan (APBN, APBD, dll.)
-
Dokumen
pemeriksaan atasan langsung
ADMINISTRASI
STANDAR PENILAIAN
1.
Dokumen rancangan dan kriteria penilaian
2.
Dokumen pengembangan instrumen penilaian
3.
Dokumen penilaian sesuai IPK
4.
Dokumen analisis hasil evaluasi/KKM dan daya serap
5.
Dokumen hasil remedial dan pengayaan
6.
Buku legger nilai
7.
Buku Raport/laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik
8.
Dokumen penilaian sikap dan kepribadian
9.
Dokumen pelaporan ulangan, UTS, kenaikan kelas, UAS, UN
10. Dokumen fotokopi SKHUN,
ijazah, dan penyerahannya
ADMINISTRASI
BUDAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH
1.
SOP
2.
Tata Tertib Pendidik, Tenaga Kependidik,
Peserta Didik
3.
Tata Tertib penggunaan sarana prasarana/fasilitas sekolah
4.
Petunjuk, peringatan dan larangan , sangsi berperilaku di sekolah
5.
Kode etik sekolah
6.
Buku tamu
7. Program dan pelaksanaan
7K
ADMINISTRASI
PERAN SERTA MASYARAKAT DAN KEMITRAAN SEKOLAH
1. Dokumen keterlibatan warga dan masyarakat dalam
pengelolaan sekolah:
§
notulen rapat,
§
daftar hadir,
§
foto-foto kegiatan, dll.
2. Dokumen kemitraan dengan
lembaga yang relevan (MoU)
12 January 2016
Seperti diketahui bersama bahwa menindaklanjuti surat Ditjen GTK nomor 14652/B.B2/PR/2015 tentang penerbitan NUPTK di tahun 2016, maka Setjen Kemdikbud melalui PDSPK (Pusat Data dan Statistik Kemdikbud) pada tanggal 7 Januari 2016 kemudian mengeluarkan Surat Edaran bernomor 029/A/LL/2016 tentang penunjukan Penanggungjawab Pengelola Verval Data GTK dan NUPTK.
Pada surat tersebut dijelaskan bahwa untuk menunjang mekanisme pengajuan, penerbitan dan penonaktifan NUPTK di tahun 2016 yang nantinya berjalan melalui aplikasi verval PTK dengan alamat http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id tentunya sangat diperlukan satu orang yang bertanggung jawab sebagai pengelola data verval GTK maupun NUPTK. Oleh karena itu edaran yang ditujukan kepada Dirjen GTK Kemdikbud, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Kepala Sekolah seluruh Indonesia ini menginstruksikan agar masing-masing pimpinan instansi tersebut menunjuk seorang pengelola dan penanggung jawab yang kemudian harus mendaftar dengan memindai dan mengupload surat penugasan dari pimpinannya pada http://sdm.data.kemdikbud.go.id paling lambat minggu ketiga bulan Januari 2016.
Baca mekanisme cara registrasi pada sdm.data.kemdikbud DI SINI
Terbitnya surat edaran tersebut sempat menimbulkan kebingungan di kalangan pengelola data pendidikan terutama para operator sekolah (OPS). Umumnya mereka sudah terdaftar sebagai pengelola dan bisa login pada sdm.data.kemdikbud menggunakan satu username dan password (SSO), termasuk pada beberapa aplikasi yang menjadi bagiannya seperti vervalpd, vervalptk, vervalsp dan lain-lain.
Apakah harus mendaftar lagi ? apakah pimpinan harus membuat surat penugasan khusus untuk vervalptk ? Jika iya... bagaimana prosedurnya, karena pada sdm.data.kemdikbud tidak ada fitur khusus untuk registrasi pengelola data verval GTK dan NUPTK. Demikian beberapa pertanyaan yang muncul di kalangan OPS.
Menjawab kebingunan tersebut admin Al-Maududy menanyakan langsung kepada salah seorang admin PDSPK yaitu mas Aryadi Nugroho. Menurut Aryadi registrasi yang dimaksud pada surat edaran Sekjen Kemdikbud tersebut sama dengan registrasi akun yang sudah ada pada sdm.data.kemdikbud. Surat edaran tersebut sebagai pengingat bagi Sekolah/Instansi yang belum mendaftar/registrasi akun sdm.data.kemdikbud. Jadi bagi sekolah/instansi yang sudah mendaftarkan pengelolanya tidak perlu lagi melalukan registrasi ulang untuk bisa login ke vervalptk. Login ke vervalptk bisa menggunakan username dan password yang sudah dimiliki untuk bisa masuk ke sdm.data, vervalpd, vervalsp dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya perhatikan capture berikut ini.
Download : Surat Edaran Setjen Kemdikbud tentang Penunjukan Penanggungjawab Pengelola Verval data GTK dan NUPTK
Tidak harus registrasi ulang untuk penanggungjawab pengelola verval GTK dan NUPTK
Seperti diketahui bersama bahwa menindaklanjuti surat Ditjen GTK nomor 14652/B.B2/PR/2015 tentang penerbitan NUPTK di tahun 2016, maka Set...
Subscribe to:
Posts (Atom)
Populer Post
Arsip Blog
Artikel Pilihan
Pedoman Pengajuan Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) Jabatan Fungsional Guru
Disclaimer : Pedoman Pengajuan DUPAK berikut adalah pedoman yang berlaku pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur Provins...