28 September 2017

Menyikapi era digital dengan Internet BAIK

Al-Maududy.com Saat ini era digital berkembang pesat. Hampir semua aspek dalam kehidupan kita dapat ditunjang melalui proses digital karena sudah banyak alat-alat manual yang berubah menjadi digital. Sebut saja surat yang dulu kita buat secara manual baik dengan menggunakan tulisan tangan atau mesin ketik kemudian dikirim melalui pos atau kurir saat ini sudah bisa dilakukan dengan menggunakan email, kamera analog yang sudah berubah menjadi kamera digital, surat, Koran buku dan sejenisnya yang berbasis kertas sekarang sudah bisa dilakukan dengan menggunakan website. Masih banyak lagi contoh lainnya.

Kehadiran internet pada era digital saat ini membuat dunia seakan tidak dibatasi dengan ruang dan waktu. Informasi menjadi sangat mengglobal, cepat dan mudah diperoleh, terjangkau, informasi tanpa batas, konten tanpa filter dan dapat diakses di manapun. Semuanya mempermudah kita di dalam mengaksesnya, selanjutnya tergantung kita sebagai pengguna mau diapakan informasi itu. 

Internet itu bisa diibaratkan pisau bermata dua, bisa menjadi sesuatu hal yang bermanfaat, sebaliknya bisa juga menjadi benda yang sangat membahayakan tergantung siapa yang memegangnya. Di tangan seorang chef pisau itu bisa sangat bermanfaat untuk memotong bahan-bahan makanan yang akan dimasaknya, tetapi di tangan seorang penjahat bisa saja pisau tersebut menjadi alat untuk berbuat kejahatan.
Internet Baik
Seminar dan Workshop Internet BAIK di Universitas Hamzanwadi Selong Lombok Timur

Oleh karena untuk menyikapi hadirnya internet saat ini, kita perlu menerapkan internet “BAIK”. Bagaimanakah internet “BAIK” itu ? Internet BAIK berdasarkan materi Roadshow Seminar dan Workshop internet BAIK yang diselenggarakan oleh PT. Telkomsel bekerjasama dengan Universitas Hamzanwadi Selong pada tanggal 28-29 September 2017 di Pancor – Selong adalah internet yang Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif dan Kreatif.

Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab dalam memanfaatkan internet dan media sosial secara tepat, sesuai dengan norma dan etika. Bertanggung jawab pula dengan segala resiko dampak negatif internet yang dapat membahayakan diri sendiri apalagi orang lain.

Aman

Aman dari segala potensi kejahatan dan dampak buruk dari internet, baik berupa kecanduan, pornografi, judi, dan aman dari potensi kejahatan yang terjadi di internet, dengan mampu mengenali berbagai bentuk bahaya tersebut dan mengidentifikasinya serta mengambil tindakan dalam melindungi diri.

Inspiratif

Mendorong pemanfaatan internet sebagai cara baru yang menjadikan hidup lebih mudah, produktif dan menyenangkan serta memberikan inspirasi dari orang-orang yang sudah menggunakan internet dengan baik.

Kreatif

Menciptakan ekosistem digital yang produktif sebagai wadah dan pengembangan daya cipta serta kreasi, seperti membuat konten positif yang memiliki nilai manfaat bagi orang lain melalui kegiatan online mereka.

#internetBAIK

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.