21 May 2015

Solusi untuk siswa yang dihapus dari dapodik

Selasa, 19 Mei 2015 melalui FP Info Pendataan DItjen Dikdas mengeluarkan pengumuman yang berbunyi:
“Sistem mendeteksi siswa yang berganda terdaftar lebih dari 1 x di sekolah yang sama atau pun berbeda, hal ini banyak disebabkan kebanyakan siswa mutasi tapi tidak dikeluarkan dari sekolah asalnya.
bagi yang mendapatkan sms di bawah ini , artinya ada siswa yang di hapus di sistem karena hal diatas, kaitannya dengan dana bos silakan koordinasi dengan sekolah asalnya karena tidak mungkin siswa sama terdaftar lebih dari 1 sekolah. “
sms info dari dapodikdas
sms info dari dapodikdas

Dari data yang diumumkan terdetektsi 111.067 data siswa berganda atau terdaftar di sekolah lain dan datanya akan dihapus salah satu. Data yang yang dihapus adalah data sekolah tujuan. 

Kasus seperti ini tentu saja sangat penting untuk diatasi terutama kaitannya dengan jumlah dana BOS yang akan diterima oleh sekolah. Bp. Yusuf Rokhmat menegaskan bahwa “Tidak Mungkin 1 Siswa Dibayarkan Dua Kali”

Oleh karena Jika sekolah anda mengalami hal tersebut di atas, Bp. Yusuf  Rokhmat memberikan petunjuk  untuk melakukan claim dengan langkah sbb:
  1. Cek di web dapo.dikdas siswanya hilang, atau cek pada file data siswa ganda yang sudah diumumkan dan dapat di download di sini
  2. Koordinasikan dengan Sekolah satunya Siapa "pemilik resmi" siswa tersebut kaitannya dengan Dana Bos yang sudah di tutup tanggal 15 Mei setelah cleansing, karena Tidak mungkin 1 siswa di bayar 2 kali. Minta siswanya di mutasikan dari skolah asal (jika benar mutasi).
  3. Kirimkan email ke salah satu helpdesk berikut ini :
    • sekretariat.dikdas@gmail.com
    • infopendataan.dikdas@gmail.com
    • koderegistrasi@gmail.com
    • pendataandikdas@gmail.com
    • dapodikdas2014@gmail.com,
    • synchelperdapodikdas2013@gmail.com (khusus kasus sinkronisasi)
Penjelasan Bp Yusuf Rokhmat tentang claim siswa
Penjelasan Bp Yusuf Rokhmat tentang claim siswa

Email yang dikirimkan paling tidak memuat :
  1. Nama Sekolah ,
  2. NPSN sekolah, yang pertama dan kedua
  3. Alasan,
  4. "pemilik siswa" yang benarpya siapa. untuk di kembalikan ke sekolah tersebut.
  5. Lebih afdol dan legal jika dibuatkan Surat resmi dari sekolah beserta tanda tangan Kepsek Sekolah pertama dan kedua + cap. Kemudian scan dan lampirkan surat tersebut di email.
contoh format email claim siswa
contoh format email claim yang dikirimkan
Contoh surat permohonan claim siswa
Contoh surat permohonan claim siswa

Setelah ditindaklanjuti dari pusat (via balasan email) sekolah melakukan sync, Maka siswa yang dimaksud akan muncul dengan sendirinya.
Contoh email balasannya, bisa dilihat berikut ini
Contoh email balasan dari admin pusat dapodikdas
Contoh email balasan dari admin pusat dapodikdas


Oleh karena itu diharapkan Kedepan, jika ada siswa mutasi, di sekolah asal jangan lupa di update registrasi siswa keluar alasan mutasi.

3 komentar

makasi banyak. ini sangat membantu kami

Kalau siswa sudah dikeluarkan apa bisa dimasukkan lagi? Terima kasih.

Kalau bukan karena mutasi, coba cek di tab PD keluar, batalkan kemudian sync.

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.