25 December 2014

IKHLAS BERBAGI ADMINSITRASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII VERSI KTSP

Hari ini saya bertemu dengan teman guru yang kebetulan mengajar Matematika di kelas VIII SMP. Setelah ngobrol ngalor ngidul, sampailah pada obrolan tentang pergantian yang baru seumur jagung diterapkan di sekolahnya.

Ketika saya tanya pendapatnya, dia mengungkapkan masih dilanda kebingungan dan kegamangan.

“Perasaan saya masih campur aduk.” ungkapnya.

“Loh.. kok begitu ?”

“Bagaimana tidak bercampur baur perasaan saya, ketika kita seolah dipaksa harus memakai Kurikulum 2013 tanpa dibekali terlebih dahulu (Diklat K-13 berlangsung di tengah semester), mau tidak mau kita pontang-panting belajar dan berusaha memahaminya. Ribet.. terutama pada penilaiannya. Tetapi pada akhirnya, ketika kita mulai sedikit demi sedikit memahami bahkan mulai menyukainya, malah distop dan dipaksa untuk balik lagi ke KTSP (Kurikulum 2006-red). Saya masih syok ini.. “ tuturnya.

“Berarti semua arsip terkait KTSP termasuk administrasi pembelajarannya sudah dihapus dong…?” saya mulai memancing. Ternyata umpan yang saya berikan termakan juga, dan akhirnya dia mau berbagi arsip itu.

Yuk… siapa mau menikmati hasil pancingan saya.. he he. Siapa tahu ikannya enak. Kalau berminat, silahkan disedot saja biar ndak terlalu pusing membuatnya untuk persiapan mengajar di semester 2 yang kurang dari dua minggu lagi.
Sekedar saran… file-file tersebut hendaknya jangan dipakai mentah-mentah. Ndak enak… he he. Ada baiknya dilakukan proses penyesuaian agar pas dengan kondisi di tempat Bapak/Ibu guru Matematika yang mengajar di kelas VIII.

Untuk mencetaknya, gunakan ukuran kertas A4, karena sebagian besar filenya sudah disetting dengan paper size A4. Ada beberapa file yang paper sizenya legal seperti Program Semester, dan Silabus serta analisis KKM. Untuk file yang seperti ini gunakan perintah print dengan skala A4 seperti contoh gambar berikut ini. Semoga bermanfaat…
print scale

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.