03 September 2013

6 Tips buat hard drive komputer tak penuh sesak dengan file

Saat ini rata-rata komputer atau notebook yang beredar di pasaran sudah dilengkapi dengan kapasitas hard drive yang besar sehingga bisa menampung segala data yang diinginkan penggunanya. Namun, terkadang ukuran hard drive yang besar seperti ini pun seringkali masih dirasa kurang. Ada banyak kemungkinan akibat hal ini, yang pertama adalah kurangnya manajemen data di dalam hard drive tersebut sehingga banyak space yang diisi dengan berbagai data sampah. Ada juga yang memang tidak cukup untuk menampung kebutuhan penggunanya. Padahal, jika dihapus satu-satu, tentunya akan merepotkan sang pengguna sendiri. Terlebih, hal ini akan menjadi kendala tersendiri kalau data yang mereka simpan dalam komputer maupun notebooknya adalah semua yang penting. Maka, agar tak terjerembab dalam keruwetan seperti ini, ada baiknya Anda mengikuti beberapa langkah berikut seperti yang dilansir oleh Make use of (26/8). Berikut adalah enam tahapan membuat hard drive Anda tak penuh sesak :
  1. Analisis space kosong tiap drive Hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan analisis mengenai drive dalam hard drive dengan kapasitas yang paling penuh sesak. Biasanya, hal ini bisa terlihat dalam properties masing-masing drive (dengan cara klik kanan pada drive yang dimaksud dan pilih properties). Anda juga bisa menggunakan program bernama WinDirStat untuk melakukan analisis ini. Lewat program yang bisa diunduh gratis tersebut, Anda bisa tahu drive mana saja yang makan space kosong paling banyak dan seharusnya bisa dihemat. Program seperti ini sangat berguna. 
  2. Bersihkan file temporer Seperti namanya, file temporer adalah file yang diciptakan untuk kebutuhan singkat. Jika sudah tak dibutuhkan, maka file seperti ini hanya akan menjadi sampah. Kebanyakan file temporer adalah file yang muncul setelah melakukan proses instalasi program atau hasil cache dari peramban internet. File-file seperti ini, sangat aman untuk dihapus dan tidak akan mengganggu kinerja komputer Anda. Khusus untuk peramban internet atau browser sendiri saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan pembersih cache dan file temporer. Anda bisa menggunakan fitur ini secara berkala (sebulan sekali) agar file-file temporer tak menumpuk dalam hard drive Anda. 
  3. Hilangkan file-file ganda Kadangkala, saking tak tertatanya data dalam hard drive kita, banyak file dengan isi yang sama kita simpan lebih dari dua kali. Padahal, jika satu file ganda ini berukuran besar, bisa dibayangkan berapa banyak space yang terbuang percuma. Anda bisa menggunakan dupeGuru, Duplicate Cleaner, atau Duplicate File Finder untuk menemukan file kembar dalam hard drive. Dengan peralatan gratis ini, file-file yang disimpan lebih dari dua kali bisa kita temukan dalam sekejap mata. 
  4. Hapus fitur tak penting Bagi Anda yang menggunakan Windows, seringkali ada beberapa fitur bawaan yang jarang digunakan. Biasanya fitur tersebut sudah terpasang otomatis dan tanpa disadari memakan space dari hard drive kita. Fitur-fitur seperti hibernate, System Restore, dan sebagainya ini bisa dimatikan kapan saja. Namun, tentunya Anda harus memahami dengan betul risiko yang bisa terjadi bila fitur tersebut mati. 
  5. Pindah data ke komputasi awan Saat ini sudah banyak layanan komputasi awan atau cloud storage yang ditawarkan oleh berbagai vendor. Ada yang gratis seperti Google Drive dan Mega, ada juga yang berbayar dan memberikan layanan premium seperti Microsoft SkyDrive dan Dropbox. Anda bisa mengunggah beberapa data yang dirasa tak terlalu penting namun masih dibutuhkan suatu saat nanti di sini. Jika suatu saat Anda membutuhkannya, maka tinggal buka saja cloud storage Anda dan cari data yang dibutuhkan. 
  6. Hapus program-program tak penting Salah satu cara paling efektif tentu saja dengan menghapus program-program tak penting dalam komputer Anda. Program ini bisa mulai dari toolbar browser, game, ataupun program lain yang tak Anda butuhkan. Kebanyakan operating system sudah diberikan sebuah alat khusus untuk menghapus atau memasang suatu program. Gunakan saja alat ini jika Anda merasa ada satu program yang ingin dihapus dari hard drive.

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.