Peraturan-peraturan baru yang mengatur tentang kenaikan pangkat jabatan fungsional guru (guru dan kepala sekolah) diantaranya : Perat...
Home / All posts
04 February 2012
Peraturan-peraturan baru yang mengatur tentang kenaikan pangkat jabatan fungsional guru (guru dan kepala sekolah) diantaranya :
- Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) No. 16 Tahun 2009 tanggal 10 November 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
- Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala BKN Nomor 03/V/PB/2010 dan Nomor 14 Tahun 2010 tanggal 6 Mei 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
Berikut kami tampilkan tabel-tabel aturan kenaikan pangkat jabatan fungsional guru berdasarkan peraturan-peraturan tersebut, semoga bisa menjadi pedoman bagi rekan-rekan guru yang mau mengajukan usulan kenaikan pangkatnya.
Tabel 1
Struktur Kepangkatan dan Jabatan Guru
Golongan Lama
|
Golongan Baru
|
Jenjang Kepangkatan
|
Jenjang Jabatan
|
-
|
IV/e
|
Pembina Utama
|
Guru Utama
|
IV/d
|
IV/d
|
Pembina Utama Madya
| |
IV/c
|
IV/c
|
Pembina Utama Muda
|
Guru Madya
|
IV/b
|
IV/b
|
Pembina Tk. I
| |
IV/a KTI
|
IV/a
|
Pembina
| |
III/d
|
III/d
|
Penata Tk. I
|
Guru Muda
|
III/c
|
III/c
|
Penata
| |
III/b
|
III/b KTI
|
Penata Muda Tk. I
|
Guru Pratama
|
III/a
|
III/a
|
Penata Muda
| |
II/d
|
-
| ||
II/c
|
-
| ||
II/b
|
-
| ||
II/a
|
-
|
Tabel 2
Jabatan Fungsional Guru
No
|
Jabatan
|
Golongan
|
1
|
Guru Pratama
|
Golongan III/a dan III/b
|
2
|
Guru Muda
|
Golongan III/c dan III/d
|
3
|
Guru Madya
|
Golongan IV/a, IV/b dan IV/c
|
4
|
Guru Utama
|
Golongan IV/d dan IV/e
|
Tabel 3
Unsur Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Guru
No
|
Unsur Kegiatan
|
Rincian
|
Bobot
|
1
|
Unsur Utama
| ||
A. Pendidikan
|
1. Ijazah sesuai bidang tugas
| ||
a. S3 Doktor
|
200
| ||
b. S2 Magister / Master
|
150
| ||
c. S1 Sarjana atau D4
|
100
| ||
d. Prajabatan Guru/Program Induksi
|
3
| ||
B. Pembelajaran/
|
1. Melaksanakan proses pembelajaran
|
Paket
| |
Bimbingan dan
|
2. Melaksanakan proses bimbingan
|
Paket
| |
Tugas Tertentu
|
3. Melaksanakan tugas lain yang relevan
|
Paket
| |
a. Kepala Sekolah
|
Paket
| ||
b. Wakil Kepala Sekolah
|
Paket
| ||
c. Ketua Program
|
Paket
| ||
d. Kepala Perpustakaan
|
Paket
| ||
e. Kepala Lab, bengkel, unit produksi
|
Paket
| ||
f. Pembimbing khusus
|
Paket
| ||
g. Walikelas
|
Paket
| ||
h. Menyusun KTSP
|
Paket
| ||
i. Pengawas Penilaian dan Evaluasi
|
Paket
| ||
j. Membimbing Ekstrakurikuler
|
Paket
| ||
k. Pembimbing Publikasi Ilmiah
|
Paket
| ||
l. Bimbingan Kelas (guru kelas)
|
Paket
| ||
C. Pengembangan
|
1. Pengembangan Diri
| ||
Keprofesian
|
1.1. Diklat Fungsional
| ||
Berkelanjutan
|
a. Lama lebih dari 960 jam
|
15
| |
b. Lama 641 – 960 jam
|
9
| ||
c. Lama 481 – 640 jam
|
6
| ||
d. Lama 161 – 480 jam
|
3
| ||
e. Lama 81 – 160 jam
|
2
| ||
f. Lama 30 – 80 jam
|
1
| ||
1.2. Kegiatan Kolektif Guru
| |||
a. Lokakarya Kurikulum dan Silabus
|
0,15
| ||
b. Keikutsertaan pada kegiatan ilmiah
| |||
(seminar, koloqium, diskusi panel)
| |||
1) Sebagai pembahas
|
0,2
| ||
2) Sebagai peserta
|
0,1
| ||
2. Publikasi ilmiah
| |||
2.1. Presentasi pada forum ilmiah
| |||
a. Pemrasaran/narasumber seminar dan
|
0,2
| ||
lokakarya
| |||
b. Pemrasaran/narasumber pada koloqium
|
0,2
| ||
dan diskusi panel
| |||
2.2. Hasil penelitian atau gagasan ilmiah
| |||
a. KTI hasil penelitian dipublikasikan dalam
|
4
| ||
Bentuk buku ber-ISBN dan lulus penilaian
| |||
BSNP
| |||
b. KTI pada Jurnal/majalah Nasional
|
3
| ||
c. KTI pada Jurnal/majalah propinsi
|
2
| ||
d. KTI pada majalah ilmiah kab/kota
|
1
| ||
e. KTI laporan hasil penelitian yang diseminar-
|
4
| ||
kan dan didokumentasi di perpustakaan
| |||
sekolah
| |||
f. Makalah didokumentasikan di
|
2
| ||
Perpustakaan sekolah
| |||
g. Tulisan Ilmiah Populer Pendidikan
| |||
1) Artikel dimuat di media masa nasional
|
2
| ||
2) Artikel dimuat di media masa provinsi/
|
1,5
| ||
daerah
| |||
3) Artikel dimuat di Jurnal Nasional
|
2
| ||
terakreditasi
| |||
4) Artikel dimuat di Jurnal Nasional
|
1,5
| ||
tidak terakreditasi
| |||
5) Artikel dimuat di jurnal lokal
|
1
| ||
2.3. Publikasi Buku Teks dan Pedoman
| |||
a. Buku pelajaran
| |||
1) Lulus penilaian BSNP
|
6
| ||
2) Ber-ISBN
|
3
| ||
3) Belum ber-ISBN
|
1
| ||
b. Modul/Diktat per semester
| |||
1) Tingkat provinsi
|
1,5
| ||
2) Tingkat kabupaten/kota
|
1
| ||
3) Tingkat sekolah/lokal
|
0,5
| ||
c. Buku Pendidikan
| |||
1) Ber-ISBN
|
3
| ||
2) Belum ber-ISBN
|
1,5
| ||
d. Karya hasil terjemahan
|
1
| ||
e. Buku pedoman guru
|
1,5
| ||
3. Melaksanakan karya inovatif :
| |||
3.1. Menemukan teknologi tepat guna
| |||
a. Katagori kompleks
|
4
| ||
b. Katagori sederhana
|
2
| ||
3.2. Menemukan karya seni
| |||
a. Katagori kompleks
|
4
| ||
b. Katagori sederhana
|
2
| ||
3.3. Membuat alat peraga/praktikum
| |||
a. Alat pelajaran
| |||
1) Kompleks
|
2
| ||
2) Sederhana
|
1
| ||
b. Alat peraga
| |||
1) Kompleks
|
2
| ||
2) Sederhana
|
1
| ||
c. Alat praktikum
| |||
1) Kompleks
|
2
| ||
2) Sederhana
|
1
| ||
3.4. Mengikuti penyusunan standar, pedoman soal
| |||
dan sejenisnya
| |||
a. Tingkat nasional
|
1
| ||
b. Tingkat provinsi
|
1
| ||
2
|
Unsur Penunjang Tugas
|
1. Memperoleh gelar/ijazah yang tidak sesuai dengan
| |
Guru
|
bidang yang diampunya
| ||
a. Doctor (S3)
|
15
| ||
b. Pascasarjana (S2)
|
10
| ||
c. Sarjana (S1 atau D4)
|
2
| ||
2. Kegiatan pendukung tugas guru :
| |||
a. Membimbing siswa praktik, ekstrakurikuler
|
0,17
| ||
b. Pengawas ujian penilaian dan evaluasi
| |||
1) Sekolah
|
0,08
| ||
2) Nasional
|
0,08
| ||
c. Anggota organisasi profesi
| |||
1) Pengurus Aktif
|
1
| ||
2) Anggota Aktif
|
0,75
| ||
d. Anggota Pramuka
| |||
1) Pengurus Aktif
|
1
| ||
2) Anggota Aktif
|
0,75
| ||
e. Tim penilai angka kredit (Dupak)
|
0,04
| ||
f. Tutor/pelatih/instruktur (2 jam pelajaran)
|
0,04
| ||
3. Perolehan penghargaan/tanda jasa
| |||
a. Satya lencana karya satya
| |||
1) 30 tahun
|
3
| ||
2) 20 tahun
|
2
| ||
3) 10 tahun
|
1
| ||
b. Penghargaan / tanda jasa
|
1
|
Tabel 4
Kategorisasi Penilaian Kinerja Guru
No
|
Rentang Skor
|
Kategorisasi
|
Konversi Kredit
|
1
|
91 – 100
|
Amat Baik
|
125 %
|
2
|
76 – 90
|
Baik
|
100 %
|
3
|
61 – 75
|
Cukup
|
75 %
|
4
|
51 – 60
|
Sedang
|
50 %
|
5
|
< 50
|
Kurang
|
25 %
|
Tabel 5
Jumlah Angka Kredit Komulatif Minimal
No
|
Unsur
|
%
|
Jenjang Jabatan / Golongan Ruang dan Angka Kredit
| ||||||||
Pratama
|
Muda
|
Madya
|
Utama
| ||||||||
III/a
|
III/b
|
III/c
|
III/d
|
IV/a
|
IV/b
|
IV/c
|
IV/d
|
IV/e
| |||
UNSUR UTAMA
A. Pendidikan
1. Memperoleh Ijazah
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
|
100
| ||
2. Diklat Prajabatan
B. Pembelajaran/Bimbing- an dan tugas relevan
C. Pengembangan Kepro – fesian berkelanjutan
|
< 90%
|
-
|
45
|
90
|
180
|
270
|
405
|
540
|
675
|
855
| |
UNSUR PENUNJANG
1. Ijazah lain
2. Kegiatan pendukung tugas
|
> 10%
|
-
|
5
|
10
|
20
|
30
|
45
|
60
|
75
|
95
| |
JUMLAH
|
100
|
150
|
200
|
300
|
400
|
550
|
700
|
850
|
1050
|
Tabel 6
Macam-macam Publikasi Guru
NO
|
PUBLIKASI ILMIAH GURU
|
SATUAN HASIL
|
1
|
Presentasi pada forum ilmiah sebagai pemrasaran/nara sumber
|
Surat keterangan dan laporan kegiatan
|
2
|
Publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan ilmu pada bidang pendidikan formal yang diterbitkan
|
Buku, jurnal, majalah ilmiah
|
3
|
Karya tulis berupa laporan hasil penelitian pada bidang pendidikan di sekolahnya yang diseminarkan dan didokumentasikan di perpustakaan sekolah
|
Laporan hasil penelitian (KTI)
|
4
|
Tulisan berupa tinjauan ilmiah pendidikan dan pembelajaran tidak diterbitkan dan didokumentasikan pada perpustakaan sekolah
|
Makalah
|
5
|
Tulisan ilmiah popular bidang pendidikan yang diterbitkan pada media massa
|
Artikel ilmiah
|
6
|
Teks pelajaran, pengayaan pelajaran, pedoman guru, karya terjemahan, dan penunjang pendidikan
|
Buku
|
7
|
Tulisan bahan pelajaran yang disahkan Dinas Pendidikan setempat
|
Diktat atau modul per semester
|
Tabel 7
Statifikasi Jabatan Fungsional Guru yang Membutuhkan Kegiatan
Pengembangan Diri dan Publikasi Ilmiah
NO
|
JABATAN GURU
|
GOL. RUANG
|
PENGEMBANGAN DIRI
|
PUBLIKASI ILMIAH
|
1
|
Guru Pratama
|
III/a
|
-
|
-
|
III/b
|
Minimal 3 kredit
|
-
| ||
2
|
Guru Muda
|
III/c
|
Minimal 3 kredit
|
4 kredit
|
III/d
|
Minimal 3 kredit
|
6 kredit
| ||
3
|
Guru Madya
|
IV/a
|
Minimal 4 kredit
|
8 kredit
|
IV/b
|
Minimal 4 kredit
|
12 kredit
| ||
IV/c
|
Minimal 4 kredit
|
12 kredit
| ||
4
|
Guru Utama
|
IV/d
|
Minimal 5 kredit
|
14 kredit
|
IV/e
|
Minimal 5 kredit
|
20 kredit
|
Tabel 8
Persyaratan Administrasi Usulan PAK
NO
|
JENIS KTI
|
BENTUK KTI
|
BUKTI FISIK
|
1
|
Karya ilmiah hasil penelitian
|
Dipublikasikan :
- Dalam bentuk buku, diterbitkan dan diedarkan secara nasional
- Dalam bentuk majalah yang diakui Kementrian Pendidikan Nasional, LIPI atau Organisasi Profesi
- Tidak dipublikasikan, tetapi didokumentasi pada perpustakaan sekolah dalam bentuk buku atau majalah
|
Bukti asli atau fotokopi yang disahkan oleh Kepala Sekolah
Majalah asli atau fotokopi yang disahkan oleh Kepala Sekolah
Buku/Majalah asli atau fotokopi yang disahkan oleh Kepala Sekolah
|
2
|
Makalah atau artikel berupa tinjauan atau ulasan ilmiah populer hasil gagasan sendiri dalam bidang pendidikan
|
Dipublikasikan :
- Dalam bentuk jurnal, diterbitkan dan diedarkan secara nasional
- Dalam bentuk majalah yang diakui Kementrian Pendidikan Nasional, LIPI atau Organisasi Profesi
- Tidak dipublikasikan, tetapi didokumentasi pada perpustakaan sekolah dalam bentuk buku atau majalah
|
Jurnal atau majalah asli atau fotokopi yang disahkan oleh Kepala Sekolah
|
Subscribe to:
Posts (Atom)
Populer Post
Arsip Blog
Artikel Pilihan
Kontingen NTB Siap Berlaga di GSI Nasional 2024: Tiga Siswa SPENEL Wakili Lombok Timur
Pelepasan kontingen GSI Kab. Lombok Timur oleh PJ. Bupati di ruang kerjanya Aikmel, 14 Oktober 2024 - Sebanyak 18 siswa yang tergabung dala...
