29 May 2015

Kembalinya siswa yang hilang

Jika kita sudah melakukan prosedur yang benar di dalam menyelasaikan permasalahan hilangnya siswa di progress pengiriman, maka kita akan mendapatkan email balasan dari admin Info Pendataan. Itu artinya konfirmasi klaim siswa dari kita sudah diproses, dan data siswa yang sudah dihapus telah dikembalikan.

Contoh email balasan dari admin pusat Dapodikdas

Info Pendataan
To : smp negeri tiga pringgabaya
Terimakasih atas konfirmasinya, sudah kami proses siswa tersebut. Silakan lakukan sinkronisasi ulang untuk melihat perubahan data di aplikasi dapodikdas. Pastikan semua peserta didik sudah termapping ke dalam tabel anggota rombel.
Salam satu data.
--

Sukseskan Pendataan Dapodik Satu Data
Terima Kasih
Salam Pendataan
Sukseskan Pendataan Ditahun 2015
Selanjutnya silahkan dicek datanya pada progress pengiriman. Jangan bingung jika pada bagian peserta didik belum muncul. Hal itu terjadi karena data yang muncul atau terbaca di sana adalah data siswa yang sudah masuk ke dalam rombel. Sedangkan data siswa yang sudah kembali setelah dihapus pada proses cleansing data, belum masuk ke dalam rombel.


Silahkan download profil sekolah dengan menekan tombol download berwarna merah di bagian paling bawah kemudian cek jumlah peserta didiknya. Jika jumlahnya sudah tepat sesuai dengan keadaan sebelum admin pusat melakukan cleansing data, maka itu artinya siswa yang hilang sudah kembali.

Lakukan syncronisasi untuk mengambil data perubahan yang ada di server agar masuk ke aplikasi lokal kita. Bisa juga dengan melakukan generate prefill jika kita ingin menginstall ulang aplikasi dengan data prefill yang baru.

Masukkan kembali siswa yang pernah hilang tersebut ke dalam rombelnya, sehingga termapping ke dalam tabel anggota rombel.

Terakhir lakukan syncronisasi kembali agar perubahan data yang kita lakukan di aplikasi lokal berupa mapping anggota rombel terkirim ke pusat. Pastikan syncronisasi berhasil sempurna (data lokal sama dengan data server). 

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.