02 December 2014

PESAN MENDIKBUD UNTUK KEPALA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA SELURUH INDONESIA

Silaturrahmi-Mendikbud-dengan-Kadisdik-se-Indonesia Bertempat di Kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Senin, (01/12/2014)., Mendikbud mengadakan pertemuan silaturrahmi dengan lebih dari 600 Kepala Dinas Pendidikan dari seluruh Indonesia. Pada pertemuan tersebut memaparkanbeberapa hal terkait Kepemimpinan Lokal dan Kinerja Pendidikan.

Disebutkan bahwa Laporan Bank Dunia pada tahun 2013 menunjukkan keterkaitan antara model dan mutu kepemimpinan lokal dengan kinerja pendidikan. Beberapa temuan, menunjukkan bahwa :
  • Daerah yang memprioritaskan pendidikan dan menyisihkan anggaran lebih besar cenderung mendapatkan hasil kinerja pendidikan yang lebih baik.
  • Daerah dengan pengelolaan pendidikan yang baik memiliki lebih banyak sekolah dengan jumlah guru yang tepat sehingga menaikkan kinerja pendidikan.
  • Daerah dengan tingkat transparansi dan akuntabilitas yang lebih tinggi cenderung memprioritaskan pendidikan dan memiliki lebih banyak guru bermutu sehingga menaikkan kinerja pendidikan daerah.
Sehingga disadari bahwa mengelola pendidikan tidaklah mudah. Sebagian beban pengelolaan jatuh ke daerah walau seringkali masalah muncul dari pusat. Demikian juga banyak landasan regulasi yang sebenarnya sudah diletakkan, namun bantuan dari pemerintah pusat bagi daerah untuk mengembangkan kapasitas masih kurang. Sementara itu Pusat belum menjadi fasilitator dan mentor bagi daerah untuk bersama-sama mengembangkan kapasitas dan selama ini masih mengandalkan pola hubungan instruksional. Untuk hal ini pusat berjanji akan memperbaikinya.
Beberapa hal yang menjadi PR bersama untuk menentukan langkah-langkah perbaikan menurut Anies adalah :
  1. Meningkatkan kinerja delapan standar layanan pendidikan di semua sekolah dalam waktu 3-4 tahun sehingga tidak ada yang berada di bawah standar layanan minimal. Every school is a good school.
  2. Gerakan meningkatkan kemuliaan dan mutu guru. Pembenahan dan penuntasan status kepegawaian guru.
  3. Membangun jejaring komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik antar pemerintah daerah untuk saling berbagi praktik-pratik baik, termasuk yang muncul dari masyarakat.
  4. Mendorong keterlibatan aktif masyarakat dan pihak swasta dalam membantu memecahkan masalah dan meningkatkan kinerja pendidikan daerah.
Oleh karena itu Mendikbud berpesan kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi dan Kabupaten/Kota, agar bisa :
  1. Mengukur diri dan menentukan apa yang bisa dibantu oleh pemerintah pusat untuk mengembangkan kapasitas daerah dalam hal kinerja organisasi dan kemampuan tiap-tiap sumber daya manusia, di luar bantuan fasilitas dan pendanaan.
  2. Lebih sering hadir berkeliling di sekolah, hadir berkeliling di KKG/MGMP, hadir upacara sekolah secara bergilir, berkunjung dan berbicara dengan orangtua dan komite sekolah, berdiskusi dengan elemen pendidikan dan aktivis pendidikan di daerah.
  3. Mendorong gerakan pendidikan, baik yang diinisiasi oleh pemerintah daerah maupun oleh masyarakat di tingkat akar rumput agar merebak di seluruh kabupaten.
“Begitu banyak inovasi pendidikan lahir dari penjuru Indonesia.Ayo kita bertukar praktik baik! Kepemimpinan Ibu/Bapak semua, sangat berpengaruh! ” tandasnya.

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.