04 September 2014

PENTING UNTUK DIKETAHUI SETELAH MELAKUKAN SYNCRONISASI DAPODIKDAS

Proses syncronisasi pada aplikasi dapodikdas merupakan suatu proses penyamaan data yang ada di aplikasi lokal dengan data yang ada di server dapodikdas. Oleh karena itu setiap perubahan data yang kita lakukan pada aplikasi lokal kita harus dikirim ke server pusat agar perubahan data yang kita lakukan juga bisa merubah data di server. Proses inilah yang kita kenal dengan syncronisasi.

Agar seluruh data yang kita kirim sampai ke server, maka harus dipastikan bahwa proses syncronisasi itu berhasil dengan sempurna. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses syncronisasi ini, diantaranya kesehatan laptop dan aplikasi, jaringan internet yang tersedia serta trafik syncronisasi ke server itu sendiri.

Kesehatan laptop meliputi kesehatan fisik (hardware) dan kesehatan sistem. Kesehatan hardware dan sistem ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan aplikasi kita. Kemudian untuk proses pengiriman dibutuhkan koneksi internet yang kuat dan stabil. Usahakan dalam proses syncronisasi, kita tidak menjalankan aplikasi yang lain terutama yang berkenaan dengan pemakaian jaringan internet. Demikian juga ramainya trafik pengiriman sangat mempengaruhi terkirimnya data kita ke server.

Seringkali proses syncronisasi gagal ketika traffik ke server padat. Hal ini sering terjadi menjelang batas deatline. Oleh karena itu para OPS hendaknya rtidak membiasakan diri menunda pekerjaan hingga menjelang batas deatline.

Salah satu indikator yang menunjukkan bahwa proses sinkronisasi dapodikdas itu adalah keterangan di log sinkronisasi terdapat waktu mulai dan selesai sinkronisasi.Sehingga para OPS biasanya merasa tenang dan yakin sinkronisasi yang dilakukan sudah berhasil. Padahal mungkin keadaannya tidak sesederhana itu.

Menanggapi hal ini Bp. Obengs Bunhaw Langlang Buana mengatakan : "Rata-rata bagi yang belum tahu atau kurang informasi biasanya setelah proses syncron itu mentang-mentang ada keterangan sudah selesai syncron dan ada waktu mulai serta selesai syncron dianggapnya udeh beres.. padahal sebaiknya."

Oleh karena itu lebih jauh dijelaskan hal-hal yang harus dilakukan setelah melakukan sinkronisasi adalah :
  1. cek apakah tabel perubahan data lokal (di aplikasi) sukses terkirim semua.
  2. adakah data yg dari server masuk ke lokal
  3. adakah referensi dari server masuk kel lokal, kemudian cek progres cek data diri 
  4. login ke verval pd (NISN) utk melakukan proses verval PD sampai tahap akhir/sampai tahap konfirmasi.. kalau data PD baru sudah masuk ke server PDSP pasti ada yg masuk ke menu residu.. lakukan verval disana sampai beres kemudian jangan lupa nanti konfirmasi..
  5. Tunggu lagi 1-2 harian kemudian syncron lagi dapodikdasnya (walaupn tdk ada data perubahan di lokal) kenapa hrus syncron lagi...? supaya data NISN di PDSP bisa masuk ke aplikasi...
Salam satu data berkualitas !

4 komentar

Sya sudah vervalpd kls 1. [d̲̅i̲̅] residu sdh hbis.
Lalu sinkron lg berkali2 tp nisn tidak msuk2 K̶̲̥̅̊ẹ̥̲̣̤̥̈̊ DAPODIK.
bgaimna sokusinya pak??

Mesti sabar sebab push NIISN oleh pihak PDSP dilakukan bertahap

saya lupa password masuk di verval pd...bagaimana solusinya??

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.