17 April 2014

JADWAL SINKRONISASI DAPODIKDAS

Seperti halnya Jakarta yang identik dengan kemacetannya maka server dapodik juga tidak luput dari kemampetan sehingga sinkronisasi data dari aplikasi dapodik ke server sering gagal. Traffic yang tinggi pada waktu-waktu tertentu sering menyebabkan server dapodik menjadi kewalahan. 
Akibatnya "server dalam perbaikan" , "under maintenance" menjadi istilah yang akrab di kalangan para OPS, bahkan istilah-istliah tersebut seringkali diplesetkan menjadi MAIN TENIS.. ujung-ujungnya adalah gagal sinkron.

'Gagal sinkron' menjadi suatu fenomena yang menimbulkan kepanikan terutama di kalangan OPS. Bagaimana tidak.. gagal sinkron akan menyebabkan data yang sudah dientry di aplikasi tidak terkirim ke server dan tetunya berimplikasi pada tidak dapat tersalurnya berbagai jenis bantuan ke sekolah Terutama Guru-guru tidak bisa diterbitkan SK tunjangannya baik itu Tunjangan Profesi, Tunjangan Fungsional, Tunjangan Kualifikasi Akademik maupun Tunjangan Khusus bagi sekolah-sekolah yang termasuk katagori daerah khusus.

Oleh karena itu dalam rangka optimalisasi proses sinkronisasi dan pengaturan traffic pengiriman data maka di buat jadwal sinkronisasi berdasarkan wilayah, hal ini agar beban server dapat diatur. Pengaturan jadwal ini sebenarnya pernah dilakukan pada awal semester 2 yaitu pada bulan Januari dan Februari. Akan tetapi pada waktu itu terkadang tidak berjalan efektif karena hanya berisi himbauan, tidak ada yang bisa mengontrol jika melakukan sinkronisasi di luar jadwal. 

Kemudian pada Kamis malam pihak admin pusat yaitu Bp. Yusuf Rokhmat mengumumkan jadwal sinkronisasi berdasarkan wilayah. Kelebihan dari pengaturan jadwal yang sekarang adalah adanya sistem yang mengatur sehingga jika melakukan sinkronisasi diluar jadwalnya, maka akan ada pencegahan dari sistem.

Gambar berikut merupakan pencegahan dari sistem agar tidak melakukan sinkron di luar jadwalnya :




Berikut ini jadwal sinkron yang diatur berdasarkan wilayah.

NO
PROVINSI
HARI
1
DIY, LAMPUNG, DKI, JAWA BARAT
SENIN
2
KALTARA, KALBAR, KALTIM, KALSEL, JAWA TIMUR
SELASA
3
GORONTALO, SULBAR, SULTENG, SULTRA SULUT, JAWA TENGAH
RABU
4
ACEH, SULSEL, BABEL, BENGKULU, JAMBI, KEPRI, RIAU, SUMBAR, SUMSEL
KAMIS
5
SUMUT, BALI, MALUKU, MALUT, NTT, NTB, PAPUA, PAPUA BARAT, BANTEN
JUM’AT
6
WILAYAH BEBAS
SABTU
7
WILAYAH BEBAS
MINGGU
8
Maintenance server rutin dilakukan pukul 01.00 – 03.00 WIB (dini hari) setiap hari, atau hari lain yang akan diinformasikan selanjutnya


Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.