Karena rumit dan kompleksnya pengerjaan aplikasi dapodikdas tentu saja membuat OPS harus kerja ekstra, apalagi bagi yang memiliki jumla...
Home / All posts
10 December 2013
Karena
rumit dan kompleksnya pengerjaan aplikasi dapodikdas tentu saja membuat OPS
harus kerja ekstra, apalagi bagi yang memiliki jumlah siswa, rombel, PTK dan
sarpras banyak. Sementara itu aplikasi ini harus dikerjakan pada satu laptop/PC
saja. Nah… berikut ini kami berikan trik mengerjakan aplikasi dapodikdas secara
bergotong royong dengan beberapa komputer yang bekerja bersamaan. Semoga dengan
kerja gotong royong bisa memperingan kerja OPS.
Membuat laptop yang sudah terinstal aplikasi dapodikdas sebagai
server :
1. Jangan
lupa aktifkan terlebih dahulu WLAN pada laptop.
2. Klik
tombol Windows Start, pada kolom Search programs and files ketik: adhoc kemudian
enter.
3. Jendela Setup Ad Hoc Network akan terbuka, klik Next untuk
melanjutkan
4. Pada
kolom Network name isi dengan nama yang akan kita gunakan sebagai SSID,
contohnya: dapodik, Pilih mode security; WEP,
WPA2-Personal atau Open. IsiSecurity key isi
dengan password misalnya password, centang pilihan Save
this network, kemudian klik Next
5. Setelah
muncul jendela dapodik network is ready to use, klik Close
6. Cek
koneksi WiFi dengan mengklik icon wireless pada taskbar sebelah kanan, akan
terlihat status dapodik - Waiting for users.
7. Seting jaringan WiFi Ad Hoc di Windows 7 sudah selesai,
MEMBUAT LAPTOP LAIN SEBAGAI CLIENT atau USER:
Selanjutnya kita dapat menggunakan laptop lain atau komputer
dengan usb wireless agar terkoneksi dengan "jaringan dapodik"
yang telah kita buat tersebut sebagai user. Pada komputer atau laptop user
ini tidak perlu diinstallkan aplikasi Dapodikdas. Yang penting memiliki
webrowser (disarankan google chrome). Apabila ada user (laptop lain) yang
connect ke jaringan ini, maka status WiFi pada langkah no 5 akan berubah
menjadi Connected.
CARA MENGERJAKAN DAPODIKDAS SECARA BERGOTONG ROYONG DENGAN LEBIH
DARI SATU LAPTOP.
Koneksikan jaringan user dengan server. Pada laptop user nanti
diminta password, isikan sesuai pasword yang sudah dibuat pada laptop server.
Jangan lupa catat IP adress jaringan server.
Cara mengetahui IP adress jaringan server :
1.
Klik start > ketik :
cmd
Muncul tampilan seperti ini
2.
Ketik: ipconfig >
enter
Setelah terkoneksi, buka aplikasi pada laptop server, dan
buka web browser pada laptop user.
Pada adress bar web browser user ketik IP adress server yang
sudah dicatat tadi, kemudian tekan enter, maka aplikasi akan terbuka dan kita
bisa bekerja bersama-sama, misalnya satu mengerjakan PTK yang lainnya
mengerjakan PD, Sarpras atau rombel. Perlu diingat bahwa hasil pekerjaan kita
tetap tersimpan pada laptop server, bukan pada user.
Selamat mencoba… semoga bermanfaat.
Ada baiknya selesai kerja kita melakukan bacup untuk data-data hasil pekerjaan kita di dapodikdas 2013. Hal ini dianjurkan untuk antisipasi PC kita eror, rusak atau bahkan hilang.
Berikut kami sampaikan caranya :
CARA BACKUP LOCAL DATABASE DAPODIK 2013
Ada baiknya selesai kerja kita melakukan bacup untuk data-data hasil pekerjaan kita di dapodikdas 2013. Hal ini dianjurkan untuk ...
06 December 2013
Penggunaan aplikasi dapodikdas sebagai satu-satunya aplikasi pendataan di bidang pendidikan khususnya jenjang Dikdas, terkadang tidak selalu lancar sesuai dengan yang diharapkan. Berbagai masalah (trouble) sering ditemui oleh OPS. Trouble tersebut disebabkan oleh banyak faktor, bisa jadi karena human error ataupun sistem operasi pada komputer/laptop serta aplikasi yang terinstall tidak sehat.
Berikut ini kami sajikan beberapa permasalahan yang sering ditemui beserta alternatif pemecahannya.
A. BLANK SAAT LOGIN
Kasus Blank Screen saat login disebabkan karena data sekolah
ada salah atau dihapus. Kasus seperti ini kebanyakan terjadi di sekolah swasta.
Untuk mengatasi masalah ini, bisa diikuti langkah-langkah berikut :
- Download file sekolah.batch di sini
- Simpan file sekolah.batch di drive:C:\Program Files\dapodikdas
- Klik ganda file sekolah.batch
- Tunggu sampai batch tertutup sendiri
- Setelah terbuka silahkan cek data sekolah/yayasan dan data rinci yayasan sampai bisa disave, kalau belum jangan ditutup dulu karena pasti blank lagi
B. GAGAL PATCH (Semester ganjil/NAN atau Genap)
Pada waktu menginstall patch baru, terkadang installannya tidak berjalan sempurna. Ada komponen-komponen patch yang tidak terpasang sempurna. Akibatnya pada menu pilihan semester muncul pesan Semester Ganjil/-NAN atau Genap/-NAN). Kondisi ini disebut "Gagal Patching).
Cara untuk mengatasi masalah ini adalah sebagai berikut :
- Download file config.php di sini
- Copykan ke folder C:\Program Files\Dapodikdas\dataweb\apps\app
- Refresh aplikasi (F5)
C. MENGEMBALIKAN PESERTA DIDIK YANG TERHAPUS
Kadang-kadang tanpa sengaja kita menghapus peserta didik pada tabel utama. Untuk mengembalikan peserta didik yang terlanjur dihapus, ikuti langkah-langkah berikut :
- Download file balikin peserta didik.batch di sini
- Simpan file balikin peserta didik. batch di drive C:\Program Files\dapodikdas
- Klik ganda file balikin peserta didik.batch
- Tunggu sampai batch tertutup sendiri
- refresh (F5) aplikasi
D. MENGEMBALIKAN PTK YANG TERHAPUS
Sama seperti kasus di atas, kadang-kadang tanpa
sengaja kita menghapus PTK pada tabel utama tanpa melalui menu penugasan. Untuk
mengembalikan PTK yang terlanjur dihapus, ikuti
langkah-langkah berikut :
- Download file balikin ptk.batch di sini
- Simpan file balikin ptk. batch di drive C:\Program Files\dapodikdas
- Klik ganda file balikin ptk.batch
- Tunggu sampai batch tertutup sendiri
- refresh (F5) aplikasi
E. PROFIL SEKOLAH TIDAK BISA DIUNDUH
Untuk mengecek apakah data yang kita inputkan pada aplikasi dapodikdas sudah benar/ lengkap atau tidak, kita bisa mengunduh file profil sekolah berekstensi xls yang ada pada beranda aplikasi. Akan tetapi sering timbul masalah menu untuk mengunduh profil sekolah tidak muncul pada beranda aplikasi. Untuk mengatasi masalah ini, caranya adalah :
- Download file template-profil.php di sini
- Simpan file (Paste and replace) template-profil.php di C:\Program Files\Dapodikdas\dataweb\apps\src\DataDikdas\Templates
- Restart aplikasi (lebih bagus restart komputer)
- Jangan lupa back up data terlebih dulu untuk jaga-jaga
SEMOGA BERMANFAAT
TROUBLESHOOT DAPODIKDAS 2013
Penggunaan aplikasi dapodikdas sebagai satu-satunya aplikasi pendataan di bidang pendidikan khususnya jenjang Dikdas, terkadang tidak sel...
Subscribe to:
Posts (Atom)
Populer Post
Arsip Blog
Artikel Pilihan
Pedoman Pengajuan Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) Jabatan Fungsional Guru
Disclaimer : Pedoman Pengajuan DUPAK berikut adalah pedoman yang berlaku pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur Provins...