24 February 2018

Mengenal GERAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetis), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik) dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat.

DIMENSI PENGOLAHAN KARAKTER

    GERAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)
  • Olah Hati (Etik); Individu yang memiliki kerohanian mendalam, beriman dan bertakwa
  • Olah Rasa (Estetis); Individu yang memiliki integritas moral, rasa berkesenian dan berkebudayaan
  • Olah Pikir (Literasi) ; Individu yang memiliki keunggulan akademis sebagai hasil pembelajaran dan pembelajar sepanjang hayat
  • Olah Raga (Kinestetik); Individu yang sehat dan mampu berpartisipasi aktif sebagai warga Negara
Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM)

5 NILAI UTAMA KARAKTER PRIORITAS PPK

  1. RELIGIUS : Mencerminkan keberimanan  terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  2. NASIONALIS;Menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya
  3. INTEGRITAS; Upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan Pekerjaan
  4. GOTONG ROYONG ; Mencerminkan tindakan menghargai semangat kerja sama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama
  5. MANDIRI ; Tidak bergantung pada orang lain dan mempergunakan tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi dan cita-cita

MANFAAT PPK

  1. Penguatan karakter siswa dalam mempersiapkan daya saing siswa dengan kompetensi abad 21 (berpikir kritis, kreatif, mampu berkomunikasi, dan berkolaborasi)
  2. Pembelajaran dilakukan terintegrasi di sekolah dan di luar sekolah dengan pengawasan guru
  3. Revitalisasi peran Kepala Sekolah sebagai manajer dan guru sebagai inspirator PPK
  4. Revitalisasi Komite Sekolah sebagai  badan gotong royong sekolah dan partisipasi masyarakat
  5. Penguatan Peran Keluarga melalui kebijakan pembelajaran lima hari
  6. Kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga masyarakat, pegiat pendidikan, pegiat kebudayaan, dan sumber-sumber belajar lainnya

FOKUS GERAKAN PPK

STRUKTUR PROGRAM
Difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan memanfaatkan ekosistem pendidikan yang ada di lingkungan sekolah serta penguatan kapasitas kepala sekolah, guru, orang tua, komite sekolah dan pemangku kepentingan lain yang relevan

STRUKTUR KURIKULUM
Tidak mengubah kurikulum yang sudah ada melainkan optimalisasi kurikulum pada satuan pendidikan melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, serta nonkurikuler di lingkungan sekolah

STRUKTUR KEGIATAN
Mengajak masing-masing sekolah untuk menemukan ciri khasnya sehingga sekolah menjadi sangat kaya dan unik serta mewujudkan kegiatan pembentukan karakter empat dimensi pengolahan karakter yang digagas oleh Ki Hadjar Dewantara meliputi olah rasa, olah hati, olah

Gerakan PPK mendorong siswa memiliki karakter dan kompetensi abad ke-21 (berpikir kritis, kreatif, mampu berkomunikasi dan berkolaborasi)

BASIS GERAKAN PPK

Berbasis kelas

  • Integrasi proses pembelajaran di dalam kelas melalui isi kurikulum dalam mata pelajaran, baik secara tematik maupun terintegrasi 
  • Memperkuat manajemen kelas dan pilihan metodologi dan evaluasi pengajaran 
  • Mengembangkan muatan lokal sesuai dengan kebutuhan daerah

Berbasis budaya sekolah

  • Pembiasaan nilai-nilai dalam keseharian sekolah Keteladanan orang dewasa di lingkungan pendidikan 
  • Melibatkan ekosistem sekolah Ruang yang luas pada segenap potensi siswa melalui kegiatan ko-kurikuler & ekstra-kurikuler
  • Memberdayakan manajemen sekolah
  • Mempertimbangkan norma, peraturan & tradisi sekolah

Berbasis Masyarakat

  • Potensi lingkungan sebagai sumber pembelajaran seperti keberadaan serta dukungan pegiat seni & budaya, tokoh masyarakat, dunia usaha dan dunia industri
  • Sinergi PPK dengan berbagai program yang ada dalam lingkup akademisi, pegiat pendidikan dan LSM
  • Sinkronisasi program dan kegiatan melalui kerja sama dengan pemerintah daerah dan juga masyarakat serta orangtua siswa

INTEGRASI INTRAKURIKULER, KOKURIKULER, DAN EKSTRAKURIKULER

Intrakurikuler
mempelajari mata pelajaran umum untuk memenuhi kurikulum

Kokurikuler
Kegiatan untuk memperdalam kompetensi dasar pada kurikulum

Ekstrakurikuler
Kegiatan untuk mengasah bakat dan minat anak serta keagamaan
====================
Download referensi :
  1.  Info Grafis PPK
  2. Peraturan Presiden RI No. 87 Tahun 2017 tentang PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER
  3. Konsep dan Pedoman PPK untuk SD dan SMP - Kemdikbud

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.