04 December 2017

BANJIR ROB DIANTARA SUPERMOON, SIKLON CEMPAKA DAN SIKLON DAHLIA

AL-MAUDUDY.COM (4/12/2017) - Belum lama ini wilayah selatan Kabupaten Lombok Timur terutama Kecamatan Keruak dan Jerowaru ditimpa musibah banjir bandang akibat curah hujan yang sangat tinggi.

Pada minggu 03 Desember 2017 Pukul 19.30 wita kembali wilayah tersebut ditimpa musibah berupa banjir ROB (air laut pasang). Daerah-daerah yang terkena dampak banjir ROB tersebut meliputi Desa Ekas buana, Desa Batu Nampar selatan kec. Jerowaru, Dusun Poton Bako, Telaga Bagek Desa Ketapang Raya, desa Tanjung luar kec keruak dan beberapa wilayah pantai sekitarnya. Bagi rumah-rumah yang berada di dekat laut, air laut sampai masuk ke dalam rumah warga dengan kedalaman berkisar satu meter. 
BANJIR ROB DIANTARA SUPERMOON, SIKLON CEMPAKA DAN SIKLON DAHLIA
Banjir ROB di wilayah pesisir selatan Lombok Timur (3/12/2017)
Sumber foto : Facebook

Menurut Wikipedia Rob(bahasa jawa) adalah banjir air laut atau naiknya permukaan air laut. Rob adalah banjir yang diakibatkan oleh air laut yang pasang yang menggenangi daratan, merupakan permasalahan yang terjadi di daerah yang lebih rendah dari muka air laut. 

Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab terjadinya banjir rob, diantaranya 

Pemanasan global (Global Warming)

Global warming menyebabkan suhu di permukaan bumi meningkat secara signifikan. Hal ini menimbulkan es di daerah kutub akan mencair yang menyebabkan volume air laut semakin besar dan akhirnya ketinggian permukaan air laut meningkat (fenomena ini disebut dengan fenomena sea level rise) menyebabkan terjadinya banjir ROB.

Keadaan topografi suatu wilayah

Topografi secara ilmiah artinya adalah studi tentang bentuk permukaan bumi dan objek lain seperti planet, satelit alami (bulan dan sebagainya), dan asteroid. Beberapa daerah di pesisir pantai banyak memiliki topografi yang lebih rendah dari permukaan laut. Daerah-daerah seperti ini cenderung rawan terkena banjir ROB.

Adanya fenomena penurunan muka tanah

Pemanfaatan air tanah secara berlebihan dan faktor pergeseran lapisan bumi, pembangunan infrastruktur yang membabi buta yang membebani tanah sering menyebabkan permukaan tanah menurun, bahkan tidak jarang menjadi amblas. Fenomena penurunan permukaan tanah ini akan menyebabkan lautan menjadi lebih tinggi dari permukaan tanah sehingga rawan terkena banjir ROB.

Fenomena Supermoon, siklon cempaka dan siklon dahlia

Dilansir Tribun News Fenomena Supermoon yang mencapai puncaknya pada minggu malam, tepat pada malam kejadian bisa jadi menyebabkan terjadinya banjir ROB ini. Supermoon (bulan super) sebenarnya merupakan istilah penggambaran keadaan bulan penuh saat berada dalam titik terdekat dengan Bumi. Seiring Bulan mengelilingi Bumi setiap bulan, ada satu titik di setiap siklus di mana Bulan berada pada jarak paling dekat (perigee) dan paling jauh (apogee).

Seperti diketahui bahwa gaya gravitasi bulan mampu menarik permukaan air laut sehingga menyebabkan terjadinya fenomena pasang surut air laut. Pada saat terjadinya supermoon, jarak antara bumi dengan bulan lebih dekat dari biasanya, tentu saja pengaruh gaya gravitasinya lebih besar sehingga menarik permukaan laut menjadi lebih tinggi.

Begitu pula baru-baru ini terjadi Siklon tropis Cempaka dan Dahlia yang menerjang sejumlah wilayah Indonesia. Siklon tropis Cempaka diduga menjadi penyebab banjir di wilayah Yogyakarta dan Pacitan. Sementara Siklon tropis Cempaka berdampak peningkatan hujan lebat, gelombang tinggi, angin kencang, maupun potensi kilat atau petir di beberapa wilayah di Indonesia.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Thomas Djamaluddin mengatakan, fenomena Supermoon sendiri akan menambah gaya pasang surut bulan yang berdampak pasang maksimal pada air laut. Bila ditambah dengan gelombang tinggi akibat cuaca buruk, potensi gelombang pasang (rob) lebih jauh ke daratan. (www.sains.kompas.com).

Jadi kemungkingan banjir ROB yang terjadi di wilayah pesisir selatan Lombok Timur kemungkinan disebabkan oleh adanya fenomena alam siklon tropis cempaka dan dahlia serta Supermoon. 
Wallohu'alam...

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.