06 October 2017

Cara melakukan Mutasi Siswa pada aplikasi Verval PD

"Bagi yang punya Siswa pindahan (mutasi masuk) jangan dibiarkan saja di vervalPD, tetapi ajukan mutasi” demikian diungkapkan oleh Aryadi Nugroho salah seorang admin PDSP Kemdikbud pada statusnya di media sosial facebook.

Bagaimana caranya ?


Langkah pertama tentu saja kita harus menakses laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ Isikan username (email) dan password sesuai dengan akun yang didaftarkan di laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan (SDM)

Setelah login, maka tampilan pertama yang akan muncul adalah HOME. Menu HOME di bagian kiri menampilkan Perbandingan data Peserta Didik pada diagram pie. Bila krusor kita arahkan ke diagram pie tersebut maka akan terlihat data jumlah peserta didik yang sudah valid dalam referensi yang di gambarkan dengan warna biru, Data Invalid warna merah , Data Belum memiliki NISN warna ungu dan Data Tidak memeiliki NISN warna orange di sertai dengan angka dan presentasenya. Sedangkan di bagian kanan menampilkan grafik progres harian verval per tanggal.

Klik Menu BELUM MEMILIKI NISN , tampil daftar data Peserta Didik Mutasi masuk dari sekolah lain yang merupakan data siswa hasil sinkronisasi dari aplikasi Dapodik dengan proses registrasi masuk ke rombel sebagai MUTASI

Langkah 1

Klik tombol MUTASI SISWA Tampil pencarian data siswa mutasi di sekolah asal. (syaratnya siswa harus sudah diregistrasikan keluar/mutasi keluar dari sekolah asal) 

Cara mencari data siswa mutasi di sekolah asal : 
  1. Pilih nama PROPINSI dari sekolah asal, 
  2. Pilih nama KABUPATEN/KOTA dari sekolah asal, dan 
  3. Pilih sekolah asal dengan mengetikkan NPSN Pilih Nama Siswa , 
  4. Klik PILIH SISWA.

Setelah proses tersebut, maka data siswa akan masuk ke daftar antrian Operator Dinas Pendidikan Kab/Kota, pada menu PENGAJUAN NISN >>> BERDASAR MUTASI. Setelah di Approve data siswa akan kembali ke Menu Referensi Aktif

LANGKAH 2
Cara melakukan Mutasi Siswa pada aplikasi Verval PD

Keterangan :
  • B1 --- Jika data sekolah ditemukan, namun data siswa yang dimaksud tidak ditemukan, cukup klik PILIH SEKOLAH
  • B2 --- Jika data sekolah asal dan data siswa (kedua datanya) tidak ditemukan sama sekali, klik TIDAK DITEMUKAN

Setelah salah satu proses tersebut, maka data siswa akan masuk ke daftar antrian Operator Dinas Pendidikan Kab/Kota, pada menu PENGAJUAN NISN >>> PERMINTAAN SEKOLAH.

Setelah di Approve oleh Dinas maka data akan mengalir ke Vervalpd Pusat (PDSPK) . Hasil Approval akan kembali ke Menu Referensi Aktif. 

Klik Menu STATUS PENGAJUAN MUTASI , tampil daftar Kemajuan Progres Data Peserta Didik pengajuan Mutasi. Menu ini adalah hasil dari proses Klik Mutasi di menu BELUM MEMILIKI NISN. Data Mutasi yang sudah di setujui berada pada Menu Referensi Aktif.
-------
Beberapa permasalahan mungkin akan timbul, silahkan ikuti FAQ berikut ini, mungkin anda akan menemukan jawabannya.

  1. Kenapa data siswa hilang setelah Operator Sekolah menyelesaikan proses pengajuan mutasi?

    Jawab:
    Data siswa memang akan hilang sementara saat dalam antrian proses persetujuan/approval di Dinas Pendidikan Kab/Kota dan PDSPK. Sejauh mana proses pengajuan mutasi tersebut bisa Operator Sekolah kroscek di menu Status Pengajuan Mutasi.
  2. Apa yang harus dilakukan Operator Sekolah setelah proses mutasi sudah selesai diajukan dan data siswa sudah hilang dari menu Belum Memiliki NISN?

    Jawab :
    Cek menu Status Pengajuan Mutasi untuk mengetahui pengajuan mutasi sudah disetujui atau belum. Jika belum, segera konfirmasi ke Dinas Pendidikan Kab/Kota (Operator Dinas), bawa serta dokumen mutasi siswa untuk proses verifikasi ulang oleh Operator Dinas (verifikasi dokumen secara langsung atau via media lainnya tergantung kebijakan Dinas masing-masing).
  3. Bagaimana jika NISN siswa mutasi hasil persetujuan mutasi (approve) oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota dan PDSPK tidak sesuai dengan NISN siswa tersebut di ijazah sebelumnya?

    Jawab:
    jika NISN hasil approval Dinas Pendidikan/PDSPK tidak sesuai dengan NISN siswa di ijazah sebelumnya, silakan Operator Sekolah mengajukan edit NISN melalui menu EDIT DATA / PENGAJUAN >> NISN.
  4. Apa yang harus dilakukan oleh Operator Sekolah jika ada data siswa yang masuk ke menu Belum Memiliki NISN, tetapi status validasinya bukan “Mutasi Siswa” melainkan “Belum Memiliki NISN” padahal siswa tersebut adalah siswa mutasi?

    Jawab:
    Perbaiki data siswa melalui aplikasi Dapodik terlebih dahulu. Keluarkan data siswa tersebut dari rombel lalu masukkan lagi kedalam rombelnya, dengan memilih registrasi masuk : MUTASI. Simpan perbaikan lalu sinkronisasi ulang Dapodiknya. Tunggu 1 hari hingga status validasi siswa di aplikasi VervalPD berubah menjadi “Mutasi Siswa”. Setelah status validasi berubah, silakan Operator Sekolah memproses pengajuan mutasinya mulai dari Langkah 1 s/d 3.
Sumber :

2 komentar

Maaf, numpang bertanya. Bagaimana jika siswa yang belum memiliki NISN tersebut, merupakan pindahan dari MAN? Sementara pilihan sekolah yang ada hanya SMA dan SMK. Terimakasih untuk jawabannya.

Siswa yang belum punya NISN atau NISN nya berbeda dengan data pada PDSPK maka akan muncul pada menu residu. Di sana tinggal di match atau unmatch saja

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.