29 September 2017

Rekan-rekan OPS ... ayo nge-BLOG

Hampir umum kita temui di berbagai media sosial utamanya komunitas-komunitas OPS di facebook, keluhan-keluhan para pejuang data tentang berbagai kendala yang mereka alami. Beban kerja yang berat serta tanggung jawab yang besar terkadang tidak sepadan dengan fasilitas dan kesejahteraan yang mereka dapatkan. 

OPS Lotim Nge-Blog
OPS Lombok Timur sedang Nge-Blog
Sebagai pejuang data yang bertugas mengentri, mengupdate dan mengirim data sekolah ke server pusat, seorang operator sekolah sangat membutuhkan perangkat yang memadai. Hardware berupa computer/laptop, kamera digital, scanner dan lain-lain minimal ada. Bahkan yang paling penting adalah adanya jaringan internet yang bagus karena hampir semua pekerjaan mereka saat ini berbasis internet.

Ironisnya terkadang tidak bisa menyediakan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Kondisi masing-masing sekolah berbeda-beda. Bagi sebagian sekolah jangankan mampu menyediakan fasilitas-fasilitas tersebut, bahkan untuk memperhatikan kesejahteraan operatornya saja masih kesulitan. Padahal karena system kerjanya berbasis internet yang sangat tergantung sekali dengan jaringan internet dan kapasitas server yang penerima pengiriman data mengakibatkan OPS harus rela bekerja hampir 24 jam, mencari celah-celah trafik pengiriman agak sepi.

Akan tetapi seorang OPS sebenarnya dikarunia kemampuan yang agak lebih dibandingkan orang lain, terutama kemampuannya di bidang IT (Information Technology), begitu juga penguasaan mereka terhadap data. Kemampuan ini jika kita bisa kreatif bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang berguna bagi orang banyak, bahkan bisa menghasilkan uang. Salah satunya dengan nge-Blog.

Saat ini sudah banyak para OPS di tanah air yang sudah mulai menjadi blogger di sela-sela aktifitasnya sebagai pejuang data. Pengalaman sebagai operator, kendala-kendala dalam mengerjakan berbagai aplikasi pendataan bahkan menjadi bahan yang bisa ditulis dan dibagikan ke dalam blog sehingga bisa bermanfaat bagi teman-teman OPS yang lain. 

Tidak hanya untuk berbagi ilmu dan pengalaman, mereka bahkan sudah bisa menghasilkan uang dari blog mereka. Entah sebagai internet marketer atau sebagai publisher. Tidak sedikit dari mereka yang bahkan memiliki penghasilan puluhan juta rupiah hanya sebagai publisher di blog.

Nah… tunggu apalagi teman-teman OPS se-nusantara… Ayo nge-blog


Sebab berbagi itu indah…

1 komentar:

Ayo ngeblog, gampang, gratis dan yg pastinya bisa nambah temen, hihihi terus semangat bang

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.