19 October 2015

e-PUPNS : Mau data aman Jangan gunakan link lain selain "pupns.go.id"


Minggu sore (18/10/2015) ketika jadwal e-PUPNS berlaku untuk kelompok 3 yang meliputi Kanreg V, VI, VIII, X, XI, XII, XIII dan XIV server pusat e-PUPNS benar-benar diserbu oeh penggunanya. Wilayah kerja paling luas ditambah dengan deadline yang semakin mepet bisa jadi merupakan faktor yang menjadi penyebab.

Berbagai cara dan trik dilakukan oleh pengguna yang ingin menyelesaikan datanya dengan cepat. Mulai dari trik-trik yang prosedural sampai pada cara-cara yang tidak disarankan.

Kemudian entah dari mana asal mulanya, secara cepat menyebar di media sosial sebuah link alternatif yang terbukti bisa diakses dengan cepat. Saya sendiri juga sempat ikut menyebarkan link tersebut melalui akun Facebook sampai akhirnya mendapat teguran dari satgas ePUPNS. Link alternatif itupun secepat kilat diserbu oleh pengguna yang rata-rata sudah stand by di depan komputernya sejak pagi. Akibatnya link itupun mulai overload juga dan susah diakses.

Amankah menggunakan link alternatif itu ?


Menanggapi beredarnya link alternatif selain https://epupns.bkn.go.id Badan Kepegawaian Negara melalui Fan Pagenya memberikan klarifikasi (19/10/2015), selengkapnya sebagai berikut :
Dear likers, sedang marak aplikasi-aplikasi yang menggunakan nama PUPNS. Hati-hati ya guys, sayangnya kami dari BKN hanya menyediakan satu pintu untuk Pendaftaran Ulang PNS, ya di pupns.bkn.go.id. Kami tidak menjamin keberhasilan dalam mendaftar apalagi mengupdate data anda di server kami, jika anda menggunakan jalur lain. Have a Nice Day.
Menurut penjelasan yang kami terima link alternatif itu (link 2) memang resmi milik BKN, akan tetapi link tersebut merupakan domain testing karena hanya digunakan untuk testing script yang akan dideploy ke link epupns utama. (Deploy adalah alat untuk melakukan update database sebagai bagian dari penyebaran aplikasi). Jadi amankah link alternatif itu ?

Karena merupakan domain testing untuk mengatasi bug sebelum dideploy ke link utama, maka pihak BKN tidak menjamin keberhasilan dalam mendaftar apalagi mengupdate data melalui link tersebut. Bahayanya jika nanti link yang dipakai untuk mengedit script tersebut tiba-tiba eror, maka data yang kita kirimkan ikut eror pula. 

Oleh karena itu disarankan kepada pengguna untuk tidak mempergunakan link tersebut untuk mengakses e-PUPNS. Dan pada kesempatan ini pula saya mohon maaf kepada semua karena telah ikut menyebarkan berita tersebut, dan berita tersebut sudah saya hapus. Terima kasih.

3 komentar

untung nya sy pas nyoba buka kebetulan udah overload servernya,, jd sy ga sempet make link itu buat ngirim data.. :)

Hanya saya baca aj ..blm prnh nyoba link tsb

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.