17 June 2014

RANGKUMAN INFO PENTING TERKAIT PENDAFTARAN CPNS DAN PPPK 2014

Berikut kami sampaikan rangkuman beberapa informasi penting terkait penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang kami kutip dari Fan Page “Badan Kepegawaian Negara ’BKN’ Republik Indonesia, yang diupdate pada tanggal 17 Juni 2014.

  1. Terkait RPP PPPK, menurut Menteri Azwar Abubakar, harus dikebut penyelesaiannya karena mengejar pembukaan formasi ASN. PPPK nantinya mengisi jabatan-jabatan yang diperuntukkan sebagai tenaga profesional oleh pemerintah dengan batasan waktu tertentu. “PPPK bukan honorer, melainkan menjadi akselerator. Terdiri dari tenaga-tenaga profesional yang masuknya didasarkan pada multi level entry,” tambahnya.
  2. Tahun ini, terdapat 482 instansi pemerintah yang mendapat formasi, dan akan membuka lowongan CPNS. Disebutkan, untuk instansi pusat terdiri dari 31 kementerian dan 40 lembaga. Sedangkan pemerintah daerah terdiri dari 28 pemerintah provinsi dan 383 pemerintah kabupaten/kota.
  3. Menurut rencana, pendaftaran CPNS secara online dan terintegrasi (sistem single entry) akan dilakukan pada bulan Juli, dan tes kompetensi dasar (TKD) dilaksanakan mulai bulan Agustus 2014. Satu pelamar dapat memilih tiga jabatan dalam satu instansi.
  4. Formasi ASN tahun 2014 dibuka 100 ribu, terdiri dari 65 ribu CPNS dan 35 ribu pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Untuk CPNS, 25 ribu formasi untuk instansi Pemerintah Pusat, dan 40 ribu formasi untuk Pemda, sedangkan PPPK terdiri dari 10 ribu untuk Pusat dan 25 ribu untuk Daerah.
  5. Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman mengakui bahwa sistem CAT-BKN perlu disosialisasikan kepada masyarakat luas sebagai metode yang transparan, obyektif, dan bebas dari KKN dalam seleksi ASN. “Dengan cara ini, pemerintah optimis bisa menjaring putera-puteri bangsa terbaik untuk menjadi Aparatur Sipil Negara,” ujarnya di Jakarta, Selasa (17/06).

Tidak kalah pentingnya himbauan dari BKN RI untuk “JANGAN PERCAYA CALO CPNS “

“Terkait banyaknya laporan adanya Oknum yang mengaku pegawai BKN yang dapat membantu meluluskan tes untuk menjadi CPNS, dihimbau kepada masyarakat untuk tidak mempercayainya, walaupun Oknum tersebut menggunakan seragam kerja lengkap dengan atribut BKN bahkan berkeliaran di luar maupun di lingkungan BKN. Jika anda sudah menjadi korban, dihimbau segera laporkan pada pihak yang berwajib. Kami prihatin bahwa hingga saat ini masih ada masyarakat yang lebih percaya Oknum (Calo) daripada Pihak resmi BKN.....”

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.