07 June 2015

Kemdikbud adakan belajar bersama Maestro Kebudayaan

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbud RI membuka kesempatan bagi siswa siswi kelas X dan XI SMA untuk mengikuti kegiatan Belajar Bersama Maestro (BBM) Kebudayaan secara magang selama liburan. Belajar Bersama Maestro disingkat BBM merupakan sebuah upaya pelestarian kebudayaan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan para 'Maestro Kebudayaan' yang bertujuan untuk menyiapkan pendidikan kebudayaan yang memberikan pengetahuan budaya, keterampilan budaya, dan pembangunan karakter kepada masyarakat terutama generasi muda Indonesia.

Kegiatan yang diinisiasi sejak tahun 2015 ini diselenggarakan dalam bentuk magang di tempat/sanggar para maestro para Maestro Kebudayaan. Waktu pelaksanaannya pun dilakukan pada saat liburan sekolah sehingga diharapkan waktu liburan siswa tersebut menjadi lebih bermanfaat, karena diisi program-program yang edukatif, apalagi dimentori oleh para maestro seni di Indonesia.

Ada sepuluh maestro kebudayaan dari beberapa bidang kesenian seperti teater, tari, patung, lukis, musik, dan film yang berperan dalam kegiatan Belajar Bersama Maestro (BBM) Kebudayaan ini. Kesepuluh maestro itu antara lain :
  1. Irawati Durban 
  2. Didik Nini Thowok   
  3. Aditya Gumay  
  4.  I Nyoman Nuarta   
  5. Tan Deseng   
  6. Mang Udjo   
  7. Nasirun   
  8. Purwacaraka   
  9. Gilang Ramadhan, dan 
  10. Supadminingtyas
Untuk ikut dalam kegiatan ini siswa harus melakukan pendaftaran secara online dengan ‘gratis’ tidak dipungut biaya apapun. Selanjutnya siswa yang mendaftar akan diseleksi oleh Panitia dan para Maestro untuk mendapatkan 100 siswa terbaik yang akan mengikuti kegiatan BBM ini dari tanggal 21 - 30 Juni 2015 di tempat/sanggar Maestro pilihan masing-masing peserta.

Untuk dapat mengikuti kegiatan ini maka siswa harus memiliki persyaratan. Adapun Syarat & Ketentuan Peserta didik (siswa) yang dapat mendaftar menjadi Calon Peserta BBM adalah:
  1. Siswa kelas X dan XI SMA/SMK di seluruh Indonesia
  2. Memiliki prestasi di bidang budaya yang dipilih (dibuktikan dengan melampirkan sertifikat/bukti prestasi/video/foto)
  3. Aktif mengikuti kegiatan organisasi di bidang seni
Jika anda adalah siswa yang memenuhi syarat di atas dan berminat mengikuti kegiatan Belajar Bersama Maestro (BBM), langkah selanjutnya adalah :
  1. Mendaftar secara online di alamat website http://bbm.kemdikbud.go.id
  2. Mengisi dokumen kelengkapan dengan username dan password yang telah didaftarkan di alamat http://bbm.kemdikbud.go.id/login
  3. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 17 Juni 2015 
Karena pada mekanisme pendaftaran dibutuhkan NISN, maka siswa tersebut harus tercatat di referensi peserta didik (memiliki NISN di DAPODIK). 

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Ditjen Kebudayaan, Jalan Jenderal Sudirman,
Komplek Kemdikbud RI Gd. E Lt. 4 Senayan - Jakarta
Telepon: (021) 572 - 5517
Jam Kerja: 09.00 - 16.00
Email: bbm@kemdikbud.go.id

Demikian  informasi tentang Kegiatan Belajar Bersama Maestro Kebudayaan turut disebarkan oleh Al-Maududy, semoga ada manfaatnya.

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.