25 January 2014

Konversi Kode Mata Pelajaran Menjadi Guru Kelas



Kenapa Kepala Sekolah di SD tidak boleh mengampu mapel Bahasa Daerah? karena mapel bahasa daerah tidak masuk dalam kode mapel yang dikonversi ke kode Guru Kelas (027). Mapel yang boleh diampu oleh Kepala Sekolah adalah mata pelajaran yang di konversi menjadi 027. silakan di lihat di daftar konversi di bawah ini. [berdasarkan tahun keluarnya sertifikat]. Karena ini kaitanya dengan tunjangan, tidak ada kaitanya dg kurikulum. Jadi jangan di jadikan perdebatan...


Konversi Kode Mata Pelajaran Menjadi Guru Kelas
Tabel Konversi Kode Mata Pelajaran Menjadi Guru Kelas

Sedikit tambahan pemahaman untuk tabel konversi.
  1. Tabel Konversi hanya bagi yg sudah bersertifikasi pendidik, tidak untuk yg belum sertifikasi. Hal ini disebabkan yg belum sertifikasi pasti sudah tidak perlu tabel konversi selain pelaksanaannya sudah semakin matang juga kode sudah menggunakan yg terbaru. 
  2. Tabel konversi hanya untuk penyelesaian secara Administrasi saja (bukan tukar isi kepala/kompetensi), misalnya guru di sertifikat tertulis PKN maka bisa dikonversi ke guru kelas, alasannya guru PKN tersebut ketika PLPG ikut rombel guru kelas hanya secara penulisan kode mapel guru tsb tertulis PKN oleh LPTK salah dan diluruskan dgn tabel konversi menjadi kode mapel guru kelas (PLPG guru Kelas hasil konversi juga ke Guru kelas). 
  3. Tabel konversi tidak untuk yg berbeda kompetensinya seperti salah satu pertaanyaan di FB. contoh kepsek sertifikasinya guru kelas ingin dikonversi ke guru mulok bahasa daerah. Ini bukan lagi kesalahan administrasi tetapi kesalahan isi kepalanya (terkait kompetensi). Jadi tidak diakui kompetensi guru kelas dgn sertifikat guru kelas mengajar mulok bahasa daerah dengan modal keahlian diguru kelas. Ilustrasi lain untuk kasus ini jika kompetensi sertifikasinya guru kelas apakah bisa mengajar olahraga, tentu tidak bisa karena ini bukan kesalahan administrasi di atas kertas tetapi realitas yg mau dibelokkan. Para pembaca agar sedikit menggunakan telaah dengan rasional agar tidak salah dalam implementasi regulasi. 
  4. Semua tabel konversi tersebut sudah diaplikasikan dalam sistem SIMTUN sehingga tanpa dirubah oleh operator sistem sudah memahami. Hal ini tidak berlaku bagi yg ingin konversi diluar aturan tabel konversi.

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.