10 August 2014

KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI KEPALA PERPUSTAKAAN

Aktivitas Belajar Siswa di Perpustakaan Tugas tambahan yang memiliki ekuivalensi jam mengajar di sekolah menurut dapodik adalah Kepala Sekolah (18 jam), Wakil Kepala Sekolah (12 jam), Kepala Laboratorium (12 jam) dan Kepala Perpustakaan (12 Jam). Kalau sebelumnya pernah kami posting tentang Kualifikasi dan Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang Kepala Laboratorium, maka kali ini kami sampaikan Kualifikasi dan Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang Kepala Perpustakaan, dengan maksud agar dalam pemberian tugas tambahan tidak hanya sekedar untuk kepentingan penerbiatan SK Tunjangan, tetapi juga harus sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku.

A. KUALIFIKASI

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 25 Tahun 2008 Tanggal 11 Juni 2008 Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah, Setiap sekolah/madrasah untuk semua jenis dan jenjang yang mempunyai jumlah tenaga perpustakaan sekolah/madrasah lebih dari satu orang, mempunyai lebih dari enam rombongan belajar (rombel), serta memiliki koleksi minimal 1000 (seribu) judul materi perpustakaan dapat mengangkat kepala perpustakaan sekolah/madrasah. Kepala seorang kepala perpustakaan bisa merupakan seorang pendidik (guru), dapat juga seorang tenaga kependidikan.
  1. Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah yang melalui Jalur Pendidik Kepala perpustakaan sekolah/madrasah harus memenuhi syarat:
    a. Berkualifikasi serendah-rendahnya diploma empat (D4) atau sarjana (S1);
    b.
    Memiliki sertifikat kompetensi pengelolaan perpustakaan sekolah/madrasah dari lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah;
    c. Masa kerja minimal 3 (tiga) tahun
  2. Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah yang melalui Jalur Tenaga Kependidikan harus memenuhi salah satu syarat berikut:
    a.
    Berkualifikasi diploma dua (D2) Ilmu Perpustakaan dan Informasi bagi pustakawan dengan masa kerja minimal 4 tahun; atau
    b.
    Berkualifikasi diploma dua (D2) non-Ilmu Perpustakaan dan Informasi dengan sertifikat kompetensi pengelolaan perpustakaan sekolah/madrasah dari lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah dengan masa kerja minimal 4 tahun di perpustakaan sekolah/madrasah

2. KOMPETENSI

Disamping memiliki kualifikasi seperti disebutkan di atas seorang kepala Perpustakaan juga harus memiliki 6 Dimensi Kompetensi yaitu (1) Kompetensi Manajerial, (2) Kompetensi Pengelolaan Informasi, (3) Kompetensi Kependidikan (4) Kompetensi Kepribadian (5) Kompetensi Sosial dan (6) Kompetensi Pengembangan Profesi, dengan masing-masing kompetensi dan subkompetensi sebagai berikut :
NO
DIMENSI  KOMPETENSI
KOMPETENSI
SUB-KOMPETENSI
1 Kompetensi    Manajerial Memimpin tenaga perpustakaan sekolah/madrasah Mengarahkan tenaga perpustakaan untuk bekerja secara efektif dan efisien
Menggerakkan tenaga perpustakaan untuk bekerja secara efektif dan efisien
Membina tenaga perpustakaan untuk pengembangan pribadi dan karir
Menjadi teladan dalam melaksanakan tugas
Merencanakan program perpustakaan sekolah/madrasah Merencanakan program pengembangan
Merencanakan pengembangan sumber daya perpustakaan
Merencanakan anggaran
Melaksanakan program perpustakaan sekolah/madrasah Melaksanakan program pengembangan
Melaksanakan pengembangan sumber daya perpustakaan
Memanfaatkan anggaran sesuai dengan program
Mengupayakan bantuan finansial dari berbagai sumber
Memantau pelaksanaan program perpustakaan sekolah/madrasah Memantau pelaksanaan program pengembangan
Memantau pengembangan sumberdaya perpustakaan
Memantau penggunaan anggaran
Mengevaluasi program perpustakaan sekolah/madrasah Mengevaluasi program pengembangan
Mengevaluasi pengembangan sumber daya perpustakaan
Mengevaluasi pemanfaatan anggaran
2 Kompetensi Pengelolaan Informasi Mengembangkan koleksi perpustakaan sekolah/madrasah Memiliki pengetahuan mengenai penerbitan
Memiliki pengetahuan tentang karya sastra Indonesia dan dunia
Memiliki pengetahuan tentang sumber biografi tokoh nasional dan dunia
Menggunakan berbagai alat bantu seleksi untuk pemilihan materi perpustakaan
Mengkoordinasi pemilihan materi perpustakaan bekerja sama dengan tenaga pendidik bidang studi
Membuat kriteria tentang buku hadiah dan lembaga donor
Mengevaluasi dan menyeleksi sumber daya informasi
Bekerja sama dengan pemangku kepentingan (stakeholders) dalam pengembangan koleksi
Melakukan pemesanan, penerimaan, dan pencatatan
Mendayagunakan teknologi tepat guna untuk keperluan perawatan bahan perpustakaan
Mengorganisasi informasi Membuat deskripsi bibliografis (pengatalogan) sesuai dengan standar nasional
Menentukan deskripsi subjek dan menggunakan Dewey Decimal  Classification edisi ringkas
Menggunakan daftar tajuk subjek dalam bahasa Indonesia
Menjajarkan kartu katalog
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengorganisasian dan penelusuran informasi
Memberikan jasa dan sumber informasi Merancang dan memberikan jasa informasi, termasuk referensi
Menyelenggarakan jasa sirkulasi
Memiliki pengetahuan mengenai sumber referensi
Memberikan bimbingan penggunaan perpustakaan bagi komunitas sekolah/madrasah
Menerapkan teknologi  informasi dan komunikasi Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan kebutuhan
Membimbing komunitas sekolah/madrasah dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
3 Kompetensi Kependidikan Memiliki wawasan kependidikan Memahami tujuan dan fungsi sekolah/madrasah dalam konteks pendidikan nasional
Memahami kebijakan pengembangan kurikulum yang berlaku
Memahami peran perpustakaan sebagai sumber belajar
Memfasilitasi peserta didik untuk belajar mandiri
Mengembangkan keterampilan memanfaatkan informasi Menganalisis kebutuhan informasi komunitas sekolah/madrasah
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi proses pembelajaran
Membantu komunitas sekolah/madrasah menggunakan sumber informasi secara efektif
Mempromosikan perpustakaan Mengorganisasi promosi perpustakaan
Menginformasikan kepada komunitas sekolah/ madrasah tentang materi perpustakaan yang baru
Membimbing komunitas sekolah/madrasah untuk memanfaatkan koleksi perpustakaan
Memberikan bimbingan literasi informasi Mengidentifikasi kemampuan dasar literasi informasi pengguna
Menyusun panduan dan materi bimbingan literasi informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna
Membimbing pengguna mencapai literasi informasi
Mengevaluasi pencapaian bimbingan literasi informasi
Memotivasi dan mengembangkan minat baca komunitas sekolah/madrasah
Menciptakan kiat pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah
4 Kompetensi Kepribadian Memiliki integritas yang tinggi Disiplin, bersih, dan rapi
Jujur dan adil
Sopan, santun, sabar, dan ramah
Memiliki etos kerja yang tinggi Mengikuti prosedur kerja
Mengupayakan hasil kerja yang bermutu
Bertindak secara tepat
Fokus pada tugas yang diberikan
Meningkatkan kinerja
Melakukan evaluasi diri
5 Kompetensi Sosial Membangun Hubungan sosial Berinteraksi dengan komunitas sekolah/madrasah
Bekerja sama dengan komunitas sekolah/madrasah
Membangun Komunikasi Memberikan jasa untuk komunitas sekolah/madrasah
Mengintensifkan komunikasi internal dan eksternal
6 Kompetensi Pengembangan Profesi Mengembangkan ilmu Membuat karya tulis, di bidang ilmu perpustakaan dan informasi
Meresensi dan meresume buku
Menyusun pedoman dan petunjuk teknis di bidang ilmu perpustakaan dan informasi
Membuat indeks
Membuat bibliografi
Membuat abstrak
Menghayati etika profesi Menerapkan kode etik profesi
Menghormati hak atas kekayaan intelektual
Menghormati privasi pengguna
Menunjukkan kebiasaan membaca Menyediakan waktu untuk membaca setiap hari
Gemar membaca

4 komentar

saya ingin ikut diklat pengelola perpustakaan sekolah di jawa barat, atau diklat sistem jarak jauh. mohon informasinya.. terimakasih

mohon informasinya. akhir tahun ini, lembaga mana yg akan membuka program diklat pengelola perpustakaan sekolah, atau diklat jarak jauh. saya ingin mengikutinya. trims

tolong informasikan klo ada pelatihan ? daera
h Banten

Kebetulan saya skarang menjadi kepala perpus karena memlki srtfkat kapus. Tapi dalam brbagai hal ttg buku saya tidak pernah tahu..sepertinya perpus sekolah hanya wujudnya saja.tapi perannya tidak dilirik oleh sekolah.

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.