Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan setiap tahun, selalu menuai pro dan kontra. Meski Kemdikbud telah melakukan upaya pencegahan...
Home / All posts
30 April 2014
Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan setiap
tahun, selalu menuai pro dan kontra. Meski Kemdikbud telah melakukan upaya
pencegahan agar UN tidak bocor dengan menambah varian soal hingga 20 paket dan
menggunakan barcode, tetap saja di kalangan siswa bisa beredar kunci jawaban.
Akibatnya, pelaksanaan UN yang jujur dan berprestasi sulit untuk diwujudkan.
Untuk mendapatkan gambaran utuh pelaksanaan UN
secara faktual, dan sekaligus melatih kemampuan analisis dan literasi di
kalangan siswa, Ikatan Guru Indonesia (IGI) menyelenggarakan “Lomba Siswa
Menulis Surat Kepada Mendikbud Seputar Ujian Nasional”. Harapannya, kita akan
mendapatkan informasi akurat tentang pelaksanaan UN di lapangan yang bersumber
dari pelakunya. Juga bisa mendengarkan masukan langsung dari siswa tentang
substansi dan pelaksanaan Ujian Nasional untuk perbaikan di masa yang akan
datang.
Syarat dan ketentuan lomba:
1
|
Lomba ini terbuka bagi pelajar SMA/MA/SMK (termasuk yang berada di
luar negeri), dan/atau lulusan SMA/MA/ SMK tahun 2013 dan 2012, dibuktikan
dengan scan KTP/kartu pelajar/kartu mahasiswa. Setiap peserta dapat
mengirimkan lebih dari satu naskah
|
|
2
|
Isi naskah sesuai dengan tema yaitu seputar Ujian Nasional, bisa
mengenai konsep dasar UN & US, pelaksanaan UN & US maupun manfaat dan
dampak yang ditimbulkan oleh UN & US.
|
|
3
|
Pendaftaran dilakukan bersamaan dengan pengiriman naskah surat dan
dikirim ke email: info@igi.or.id
|
|
4
|
Naskah dilampirkan dalam bentuk file doc dan tidak ada identitas
peserta di dalamnya. Dilampirkan juga sebuah file doc berisi identitas diri
peserta (nama, tanggal lahir, alamat rumah, sekolah sekarang (atau sekolah
sebelumnya bila telah lulus tahun lalu), alamat sekolah, nomor telpon/HP yang
dapat dihubungi, nomor telpon sekolah
|
|
5
|
Format penulisan naskah:
|
|
-
|
Ukuran kertas A4
|
|
-
|
Spasi 1,5
|
|
-
|
Font: Times New Roman, size 12
|
|
-
|
Margin: atas 3 cm, bawah 3 cm, kanan 3 cm, kiri 4 cm
|
|
6
|
Waktu pelaksanaan lomba:
Dimulai sejak pengumuman ini disebarkan, Kamis 1 Mei 2014, hingga
Kamis 24 Mei 2014
|
|
7
|
Kriteria penilaian mencakup:
|
|
a)
|
sudut pandang dan analisis masalah
|
|
b)
|
kekuatan membangun argumentasi
|
|
c)
|
kefasihan dan tata bahasa
|
|
d)
|
kekuatan dan kelayakan solusi yang ditawarkan.
|
|
8
|
Naskah calon pemenang akan dimintakan surat keterangan keaslian dari
sekolah asal dan dari orang tua peserta
|
|
9
|
Tim juri lomba terdiri dari: guru, pengamat pendidikan, dan editor.
Dewan juri ditetapkan oleh Pengurus IGI
|
|
10
|
Akan dipilih 3 surat nominator. Ketiga naskah nominator tersebut akan
dipublikasikan secara terbuka di akun Grup Facebook IGI. Penulis naskah yang
terpilih diijinkan mempromosikan tulisan untuk mendapatkan like dan share
sebanyak-banyaknya dalam masa 7 (tujuh) hari sejak nominasi diumumkan.
Pemenang akan ditentukan berdasar perolehan dukungan (like) terbanyak.
|
|
11
|
Semua naskah surat yang masuk akan menjadi milik panitia. Akan
dipilih 15 naskah surat terbaik untuk dibukukan. Semua peserta yang telah
mengirimkan naskah sesuai ketentuan akan mendapatkan piagam keikutsertaan
lomba
|
|
12
|
Hadiah untuk pemenang:
|
|
-
|
Pemenang 1: tablet android 8” + piagam
|
|
-
|
Pemenang 2: tablet android 7” + piagam
|
|
-
|
Pemenang 3: tablet android 7” + piagam
|
|
-
|
15 naskah yang terpilih untuk dibukukan akan mendapatkan hadiah
hiburan
|
|
13
|
Untuk informasi dan ketentuan lain yang lebih jelas, silakan hubungi
email: info@igi.or.id
|
|
14
|
Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan mengikat serta tidak dapat
diganggu gugat
|
Sekretariat Panitia:
Ikatan Guru Indonesia (IGI)
Jl. Belibis III no. 11 Kramatjati, Jakarta Timur
Email: info@igi.or.id
28 April 2014
Aplikasi 207 merupakan penyempurnaan dari aplikasi pada versi sebelumnya, beberapa perbaikan fasilitas pada versi 207 adalah:
- penyempurnaan periode aktif pada login
- penyempurnaan fitur salin data periodik
- penyempurnaan lanjutkan semester pada rombel
- penyempurnaan tombol tampilkan penugasan pada PTK
- perubahan last_update untuk keperluan sync
- penambahan keterangan semester pada setiap tabel longotudinal
- penambahan tombol bantuan setiap form dan grid
- penonaktifan perubahan pada kolom nama dan tanggal lahir untuk peserta didik
- penonaktifan perubahan pada kolom nama dan tanggal lahir PTK
Serta perbaikan pada fasilitas sinkronisasi khususnya pada metode pengiriman data dari aplikasi frontend ke server kementerian
(sumber : http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/ ).
(sumber : http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/ ).
Berdasarkan hal tersebut di atas mestinya peluncuran Patch 2.07 dapat menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan sinkronisasi karena pengiriman BSD dihentikan. Hanya saja pada saat peluncurannya pada tanggal 1 April 2014 sempat menimbulkan beberapa masalah, sehingga ditarik kembali sampai akhirnya dirilis versi resmi yaitu Patch 2.07c. Banyak OPS yang terlanjur menginstall Patch 2.07 yang sudah ditarik tersebut sehingga terkadang menimbulkan masalah.
Salah satu masalah yang timbul dari kejadian ini adalah banyaknya aduan dari OPS yang terungkap lewat media sosial FB yang mengalami menu sinkronisasinya
menjadi blank setelah melakukan sinkronisasi, seperti gambar berikut ini :
Menurut Bp. Adam Dikdas salah seorang tim pengembang dapodikdas, hal tersebut terjadi
dikarenakan menggunakan versi patch 207 yang sempat ditarik kembali
karena harus ada sedikit perbaikan. Selanjutnya dijelaskan bahwa cara untuk
memperbaikinya adalah dengan melakukan PATCH ULANG dengan menginstall
Patch yang tepat, yakni PatchDapodikdas207c. Masalahnya ketika patch
ulang biasanya aplikasi tidak mau, karena aplikasi sudah versi 207
oleh karena itu harus ada konfigurasi terlebih dahulu. Tujuannya agar
aplikasi menerima di install patch ulang dengan Patch Dapodikdas versi 2.07c.
Langkah-langkah konfigurasi :
2. Copy and raplace ke dalam C:\Program Files (x86)\Dapodikdas\config
Setelah melakukan konfigurasi di atas, maka proses Installasi Patch 2.07c dapat dilakukan tanpa ada peringatan "aplikasi sudah versi 207" lagi.
Jika proses Install Patch 2.07c sudah berhasil dilakukan maka masalah menu sinkronisasinya
menjadi blank bisa teratasi.
Diingatkan juga bahwa langkah ini hanya digunakan untuk menormalkan kembali fitur
sinkronisasi yang blank setelah install patch 207. tidak disarankan
untuk masalah lainnya.
Semoga bermanfaat... !
BLANK (KOSONG) PADA MENU SINKRONISASI.... ? INI SOLUSINYA
Aplikasi 207 merupakan penyempurnaan dari aplikasi pada versi sebelumnya, beberapa perbaikan fasilitas pada versi 207 adalah: penyempu...
24 April 2014
![]() |
Foto by : Dik Adam |
Rekan-rekan OPS sekalian… rupanya
kegalauan kita selama ini yang banyak tertuang lewat media jejaring sosial
rupanya tidak dianggap angin lalu. Meskipun mungkin jarang direspon, bahkan
ditaggapi dengan kediaman bukan berarti tidak diperhatikan. Ini terbukti dari
informasi menarik yang disampaikan oleh Bp. Yusuf Rokhmat pada kegiatan Pelatihan Pengolahan Dapodik Tingkat Sekolah Tahun 2014 tahap 2 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur pada tanggal 23-24 April 2014 di Garden Palace Malang berikut ini :
- Server Dapodik saat ini akan mencapai generasi ke 8, yang kemungkinan akan dipakai mulai bulan depan, sehingga proses mobiltitas data lancar
- Saat ada pesan server sibuk saat sycn, ada 1000 user yang sedang masuk. lakukan 5-10 menit setelah pesan tsb muncul. Hal ini terjadi karena setiap kali proses sinkron, server membatasi 1000 sekolah yang synkron, jika sudah selesai 1000 sekolah tersebut proses synkronnya... baru menerima 1000 lagi sekolah yg mau sinkron... intinya GANTIAN sinkronnya dalam satu wilayah.
- setelah ada patch 207c maka pengiriman data kembali ke sycn lagi.
- Untuk Ujian Nasional, Dapodik dan BIOUN segera terintegrasi di dapodik, tetapi saat ini belum.
- Tunjangan OPS : ada di juknik BOS hal 29, KS tidak perlu kuatir untuk mengeluarkan honor OPS dari dana BOS, Tahun ini belum ada ketentuan nominal untuk honor OPS
- Surat Mutasi untuk siswa pindah,, - keluarkan siswa - lihat di profil ( individu ) - di cetak surat mutasi nya.
- Sycn Berhasil ( sudah jelas kriteria nya ) bila belum maka lakukan sycn ulang, bila sulit krn ada konflik data , maka lakukan generate prefill. NUPTK dobel : perhatikan 3 bagian dalam tampilan info PTK, a. dapodik, b. NUPTK, c. Sertifikasi/kelulusan.
- Untuk pengurusan NUPTK dobel tidak pada dapodik, tetapi pada bagian yg mengeluarkan NUPTK. Bisa di P2TK atau koordinasi dg SIMTUN atau bagian yg kompeten.
- TIK Pada kurikulum 2013 : masih berupa opsi, dijadikan semacam guru BK.
- Untuk rombel yang saat ini belum rasio 20 per rombel. akan diberi waktu sampe 2 tahun kedepan.
- Bahasa Daerah kurikulum 2013 : Tunggu regulasi, semoga cepat untuk bisa liner. ( pengisian di dapodik harus sesuai dg SK Gubernur )
- Payung hukum untuk OPS akan di diskusikan dipusat.
- Sertifikasi dari Depag masih proses pindah ke kemdikbud.
Demikian semoga bermanfaat.
SERVER DAPODIK GENERASI KE-8 AKAN BEROPERASI BULAN DEPAN
Foto by : Dik Adam Rekan-rekan OPS sekalian… rupanya kegalauan kita selama ini yang banyak tertuang lewat media jejaring sosial ru...
23 April 2014
Sesuai surat dari Dinas Dikpora
Kabupaten Lombok Timur Nomor 900/100/DIK V/2014 yang ditujukan kepada semua
Kepala UPTD Dikpora Kecamatan dan semua Ketua MKKS SMP, SMA/SMK se Kabupaten
Lombok Timur, diinformasikan kepada semua guru penerima Tunjangan Profesi dari
dana Jalur Transfer Daerah untuk hadir menandatangani SPJ triwulan I
(Januari-Februari-Maret 2014) tahap I sesuai jadwal berikut :
No
|
Hari/Tgl
|
Waktu
|
Satuan Pendidikan
|
Kecamatan
|
Tempat
|
1
|
Jum’at, 25 April 2014
|
14.00- 17.00 wita
|
SD, SMP, SMA, SMK
|
Sambelia, Suela, Pringgabaya
|
UPTD Dikpora Pringgabaya
|
2
|
Jum’at, 25 April 2014
|
14.00- 17.00 wita
|
SD, SMP, SMA, SMK
|
Sembalun, Aikmel, Wanasaba
|
UPTD Dikpora Aikmel
|
3
|
Sabtu, 26 April 2014
|
14.00- 17.00 wita
|
SD, SMP, SMA, SMK
|
Montong Gading, Terara, Sikur
|
UPTD Dikpora Terara
|
4
|
Sabtu, 26 April 2014
|
14.00- 17.00 wita
|
SD, SMP, SMA, SMK
|
Jerowaru, Keruak, Sakra Barat, Sakra Timur
|
UPTD Dikpora Keruak
|
5
|
Senin, 28 April 2014
|
14.00- 17.00 wita
|
SD, SMP, SMA, SMK
|
Masbagik, Pringgasela, Sakra
|
UPTD Dikpora Masbagik
|
6
|
Senin, 28 April 2014
|
14.00- 17.00 wita
|
SD, SMP, SMA, SMK
|
Selong, Labuhan Haji, Sukamulia, Suralaga
|
UPTD Dikpora Selong
|
7
|
Senin, 28 April 2014
|
14.00- 17.00 wita
|
TK
|
Semua Kecamatan
|
Bidang PLS Dinas Dikpora Kab. Lombok Timur
|
Catatan :
- Nomor penandatanganan SPJ sesuai dengan nomor urut
- Guru penandatangan SPJ agar membawa kartu NUPTK asli
- Adapun daftar nama penandatangan SPJ Triwulan I ini dapat dilihat di UPTD masing-masing.
Demikian yang dapat kami
informasikan, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, dan kepada guru yang
sudah terima tunjangan jangan lupa sama OPS nya ya.. karena berkat perjuangan
OPS nya yang tidak kenal lelah siang malam agar data bapak/ibu bisa valid
sehingga keluar SK Tunjangannya…
Download :
Download :
JADWAL PENANDATANGANAN SPJ TRIWULAN I KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Sesuai surat dari Dinas Dikpora Kabupaten Lombok Timur Nomor 900/100/DIK V/2014 yang ditujukan kepada semua Kepala UPTD Dikpora Keca...
Subscribe to:
Posts (Atom)
Populer Post
Arsip Blog
Artikel Pilihan
Kontingen NTB Siap Berlaga di GSI Nasional 2024: Tiga Siswa SPENEL Wakili Lombok Timur
Pelepasan kontingen GSI Kab. Lombok Timur oleh PJ. Bupati di ruang kerjanya Aikmel, 14 Oktober 2024 - Sebanyak 18 siswa yang tergabung dala...
