28 April 2014

BLANK (KOSONG) PADA MENU SINKRONISASI.... ? INI SOLUSINYA


Aplikasi 207 merupakan penyempurnaan dari aplikasi pada versi sebelumnya, beberapa perbaikan fasilitas pada versi 207 adalah:
  • penyempurnaan periode aktif pada login
  • penyempurnaan fitur salin data periodik
  • penyempurnaan lanjutkan semester pada rombel
  • penyempurnaan tombol tampilkan penugasan pada PTK
  • perubahan last_update untuk keperluan sync
  • penambahan keterangan semester pada setiap tabel longotudinal
  • penambahan tombol bantuan setiap form dan grid
  • penonaktifan perubahan pada kolom nama dan tanggal lahir untuk peserta didik
  • penonaktifan perubahan pada kolom nama dan tanggal lahir PTK
Serta perbaikan pada fasilitas sinkronisasi khususnya pada metode pengiriman data dari aplikasi frontend ke server kementerian
(sumber : http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/ ).

Berdasarkan hal tersebut di atas mestinya peluncuran Patch 2.07 dapat menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan sinkronisasi karena pengiriman BSD dihentikan. Hanya saja pada saat peluncurannya pada tanggal 1 April 2014 sempat menimbulkan beberapa masalah, sehingga ditarik kembali sampai akhirnya dirilis versi resmi yaitu Patch 2.07c. Banyak OPS yang terlanjur menginstall Patch 2.07 yang sudah ditarik tersebut sehingga terkadang menimbulkan masalah.

Salah satu masalah yang timbul dari kejadian ini adalah banyaknya aduan dari OPS yang terungkap lewat media sosial FB yang mengalami menu sinkronisasinya menjadi blank setelah melakukan sinkronisasi, seperti gambar berikut ini :

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10200925256013913&set=gm.780886031930809&type=1&theater

Menurut Bp. Adam Dikdas salah seorang tim pengembang dapodikdas, hal tersebut terjadi dikarenakan menggunakan versi patch 207 yang sempat ditarik kembali karena harus ada sedikit perbaikan. Selanjutnya dijelaskan bahwa cara untuk  memperbaikinya adalah dengan melakukan PATCH ULANG dengan menginstall Patch yang tepat, yakni PatchDapodikdas207c. Masalahnya ketika patch ulang biasanya aplikasi tidak mau,  karena aplikasi sudah versi 207 oleh karena itu harus ada konfigurasi terlebih dahulu. Tujuannya agar aplikasi menerima di install patch ulang dengan Patch Dapodikdas versi 2.07c.

Langkah-langkah konfigurasi :

2. Copy and raplace ke dalam C:\Program Files (x86)\Dapodikdas\config


Setelah melakukan konfigurasi di atas, maka proses Installasi Patch 2.07c  dapat dilakukan tanpa ada peringatan "aplikasi sudah versi 207" lagi.
Jika proses Install Patch 2.07c sudah berhasil dilakukan maka masalah menu sinkronisasinya menjadi blank bisa teratasi.

Diingatkan juga bahwa langkah ini hanya digunakan untuk menormalkan kembali fitur sinkronisasi yang blank setelah install patch 207. tidak disarankan untuk masalah lainnya.

Semoga bermanfaat... !

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.