10 January 2014

MENCARI APLIKASI LAIN PENGGUNA PORT 80 SELAIN DAPODIKDAS

Port Dapodikdas
Port dapodikdas

Saat melakukan instalasi pada Dapodikdas kita tentu masih mengingat bahwa port 80 pada tampilan awal saat instalasi Dapodikdas dengan bundling intaller. Port 80 biasanya digunakan untuk web server, jadi ketika user mengetikkan alamat IP atau hostname di web browser maka web browser akan melihat pada port 80. Beginilah aplikasi yang berbasis webserver ini berjalan. Ketika kita ketikkan localhost pada browser maka bagi windows yang terinstall aplikasi dapodikdas maka akan terpanggillah aplikasi dapodikdas tersebut.

Sering terjadi konflik apabila ada aplikasi lain yang juga menggunakan port 80, hasilnya apache/2.4 tidak bisa distart atau running (berjalan). Pada DapodikdasWebSrv indikasinya macam-macam misalnya Obyek Tidak Ditemukan saat  kita ketikkan localhost.

Untuk mengecek aplikasi yang menggunakan  port 80, misalnya kalau terjadi bentrok rebutan port, kita bisa menggunakan comand promt dengan langkah sebagai berikut :
Klik start pada windows > ketik "cmd" (tanpa tanda petik)
Kalau command prompt sudah terbuka ketik "netstat -ano" (netstat spasi strip ano, tanpa tanda petik) kemudian tekan enter. Kira-kira beginilah tampilannya :

Ketik netstat -ano
Misalnya (pada komputer saya) kita menemukan TCP 0.0.0.0.80. Ingat bahkan bila perlu catat listening dan kode PID nya seperti contoh tersebut misalnya kode PID nya 1940. Kalau sudah tutup saja command promptnya.

Selanjutnya kita cari tahu siapa pemilik port tersebut lewat task manager (klik kanan pada task bar pilih start task manager atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan), pilih tab services.

Buka Service local
Ternyata pemilik PID 1940 yang menggunakan port 80 itu adalah  DapodikdasWebServ. Cari tahu adakah aplikasi yang juga menggunakan port 80 (bentrok). Jika ada maka kita harus menghentikan prosesnya agar tidak bentrok dengan Apache DapodikdasWebServ sehingga aplikasi kita bisa berjalan normal.

Untuk menghentikan aplikasi tersebut jangan melalui task manager pada tab end proses. Langkah amannya adalah dengan melakukan uninstall aplikasi yang terindikasi menggunakan port 80, sebelumnya hentikan dulu prosesnya melalui service local.
Klik start ketik services kemudian enter.

Task Manager

Cari aplikasi lain yang menggunakan port 80 tadi kemudian klik kanan stop. Selanjutnya mau diapakan aplikasi tersebut terserah kita, apakah mau dibiarkan saja atau diuninstall dulu sementara kita mengerjakan aplikasi Dapodikdas.

SEMOGA BERMANFAAT

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.