06 December 2013

TROUBLESHOOT DAPODIKDAS 2013

Penggunaan aplikasi dapodikdas sebagai satu-satunya aplikasi pendataan di bidang pendidikan khususnya jenjang Dikdas, terkadang tidak selalu lancar sesuai dengan yang diharapkan. Berbagai masalah (trouble) sering ditemui oleh OPS. Trouble tersebut disebabkan oleh banyak faktor, bisa jadi karena human error ataupun sistem operasi pada komputer/laptop serta aplikasi yang terinstall tidak sehat.
Berikut ini kami sajikan beberapa permasalahan yang sering ditemui beserta alternatif pemecahannya.

A. BLANK SAAT LOGIN


Kasus Blank Screen saat login disebabkan karena data sekolah ada salah atau dihapus. Kasus seperti ini kebanyakan terjadi di sekolah swasta. Untuk mengatasi masalah ini, bisa diikuti langkah-langkah berikut :
  1. Download file sekolah.batch di sini
  2. Simpan file sekolah.batch di drive:C:\Program Files\dapodikdas
  3. Klik ganda file sekolah.batch
  4. Tunggu sampai batch tertutup sendiri
  5. Setelah terbuka silahkan cek data sekolah/yayasan dan data rinci yayasan sampai bisa disave, kalau belum jangan ditutup dulu karena pasti blank lagi

B. GAGAL PATCH (Semester ganjil/NAN  atau Genap)

Pada waktu menginstall patch baru, terkadang installannya tidak berjalan sempurna. Ada komponen-komponen patch yang tidak terpasang sempurna. Akibatnya pada menu pilihan semester muncul pesan Semester Ganjil/-NAN atau Genap/-NAN). Kondisi ini disebut "Gagal Patching). 
Cara untuk mengatasi masalah ini adalah sebagai berikut :
  1. Download file config.php di sini
  2. Copykan ke folder C:\Program Files\Dapodikdas\dataweb\apps\app
  3. Refresh aplikasi (F5)

C. MENGEMBALIKAN PESERTA DIDIK YANG TERHAPUS


Kadang-kadang tanpa sengaja kita menghapus peserta didik pada tabel utama. Untuk mengembalikan peserta didik yang terlanjur dihapus, ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Download file balikin peserta didik.batch di sini
  2. Simpan file balikin peserta didik. batch di drive C:\Program Files\dapodikdas
  3. Klik ganda file balikin peserta didik.batch
  4. Tunggu sampai batch tertutup sendiri
  5. refresh (F5) aplikasi

D. MENGEMBALIKAN PTK YANG TERHAPUS

Sama seperti kasus di atas, kadang-kadang tanpa sengaja kita menghapus PTK pada tabel utama tanpa melalui menu penugasan. Untuk mengembalikan PTK yang terlanjur dihapus, ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Download file balikin ptk.batch di sini
  2. Simpan file balikin ptk. batch di drive C:\Program Files\dapodikdas
  3. Klik ganda file balikin ptk.batch
  4. Tunggu sampai batch tertutup sendiri
  5. refresh (F5) aplikasi

E. PROFIL SEKOLAH TIDAK BISA DIUNDUH

Untuk mengecek apakah data yang kita inputkan pada aplikasi dapodikdas sudah benar/ lengkap atau tidak, kita bisa mengunduh file profil sekolah berekstensi xls yang ada pada beranda aplikasi. Akan tetapi sering timbul masalah menu untuk mengunduh profil sekolah tidak muncul pada beranda aplikasi. Untuk mengatasi masalah ini, caranya adalah :
  1. Download file template-profil.php di sini
  2. Simpan file (Paste and replace) template-profil.php di C:\Program Files\Dapodikdas\dataweb\apps\src\DataDikdas\Templates
  3. Restart aplikasi (lebih bagus restart komputer)
  4. Jangan lupa back up data terlebih dulu untuk jaga-jaga
SEMOGA BERMANFAAT

2 komentar

template profil di file unduh malah patch 204..

Memang file template-profil.php dirilis pada saat masih patch 2.04
Berarti file tersebut tidak cocok untuk patch 2.05. Terima kasih masukannya.

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.