10 December 2013

GOTONG ROYONG MENGERJAKAN DAPODIKDAS DENGAN JARINGAN ADHOC


Karena rumit dan kompleksnya pengerjaan aplikasi dapodikdas tentu saja membuat OPS harus kerja ekstra, apalagi bagi yang memiliki jumlah siswa, rombel, PTK dan sarpras banyak. Sementara itu aplikasi ini harus dikerjakan pada satu laptop/PC saja. Nah… berikut ini kami berikan trik mengerjakan aplikasi dapodikdas secara bergotong royong dengan beberapa komputer yang bekerja bersamaan. Semoga dengan kerja gotong royong bisa memperingan kerja OPS.

Membuat laptop yang sudah terinstal aplikasi dapodikdas sebagai server :

1.      Jangan lupa aktifkan terlebih dahulu WLAN pada laptop.

2.      Klik tombol Windows Start, pada kolom Search programs and files ketik: adhoc kemudian enter. 
3.   Jendela Setup Ad Hoc Network akan terbuka, klik Next untuk melanjutkan
4.      Pada kolom Network name isi dengan nama yang akan kita gunakan sebagai SSID, contohnya: dapodik, Pilih mode security; WEP, WPA2-Personal atau Open. IsiSecurity key isi dengan password misalnya password, centang pilihan Save this network, kemudian klik Next
   

5.      Setelah muncul jendela dapodik network is ready to use, klik Close
6.      Cek koneksi WiFi dengan mengklik icon wireless pada taskbar sebelah kanan, akan terlihat status dapodik - Waiting for users.



 
 7.    Seting jaringan WiFi Ad Hoc di Windows 7 sudah selesai,



MEMBUAT LAPTOP LAIN SEBAGAI CLIENT atau USER:

   Selanjutnya kita dapat menggunakan laptop lain atau komputer dengan usb wireless agar terkoneksi dengan "jaringan dapodik" yang telah kita buat tersebut sebagai user. Pada komputer atau laptop user ini tidak perlu diinstallkan aplikasi Dapodikdas. Yang penting memiliki webrowser (disarankan google chrome). Apabila ada user (laptop lain) yang connect ke jaringan ini, maka status WiFi pada langkah no 5 akan berubah menjadi Connected.

   CARA MENGERJAKAN DAPODIKDAS SECARA BERGOTONG ROYONG DENGAN LEBIH DARI SATU LAPTOP.

      Koneksikan jaringan user dengan server. Pada laptop user nanti diminta password, isikan sesuai pasword yang sudah dibuat pada laptop server. Jangan lupa catat IP adress jaringan server.
      
     Cara mengetahui IP adress jaringan server :
     1.      Klik start > ketik : cmd
            Muncul tampilan seperti ini 


            2.      Ketik:  ipconfig > enter
   

Setelah terkoneksi, buka aplikasi pada laptop server, dan buka web browser pada laptop user.

Pada adress bar web browser user ketik IP adress server yang sudah dicatat tadi, kemudian tekan enter, maka aplikasi akan terbuka dan kita bisa bekerja bersama-sama, misalnya satu mengerjakan PTK yang lainnya mengerjakan PD, Sarpras atau rombel. Perlu diingat bahwa hasil pekerjaan kita tetap tersimpan pada laptop server, bukan pada user.


Selamat mencoba… semoga bermanfaat.
 

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.