18 February 2015

Unik : Nama siswa ini cuma satu huruf saja.. Siapa dia ?

Entah apa yang menjadi fikiran orang tuanya, sehingga memberikan nama putra mereka dengan satu huruf saja. Tidak ada yang salah memang, tetapi membuat server dengan “detector data suspect” menganggapnya sebagai data yang mencurigakan sehingga mengeluarkan warning Invormasi validasi.

Kejadian ini terungkap ketika Operator SD Negeri Gandri Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan SUWANDOYO, S.Pd, merasa kebingungan ketika mengecek datanya pada progress pengiriman terdapat peringatan Informasi validasi “Nama PD kosong atau tanpa huruf vokal. Padahal nama yang dientri sudah sesuai dengan akte kelahiran dan kartu keluarganya.

Informasi-Validasi

Kejadian ini tidak urung membuat membuat admin pusat dapodik Bp Yusuf Rokhmat dan admin PDSP Bp. Fikri (Taufik Lone) geleng-geleng kepala terheran-heran.

“Iya sudah. gak apa-apa. Kalau memang datanya seperti itu dan didukung oleh dokumen yang valid.” ujar Bp. Yusuf Rokhmat.

“Besok saya informasikan di kantor, supaya admin vervalPd tidak asal rejectt kalau ada berkas pengajuan yang namanya J " ujar Bp Taufik Lone .

Lalu siapakah  “J” si pemilik nama unik ini ?

J” adalah seorang anak laki-laki yang lahir di Mataram Baru Lampung Timur yang lahir 30 Desember 2006. Saat ini duduk di Kelas 1 SD Negeri Gandri.

Siswa dengan nama "J"

Ternyata “J” bukan satu-satunya siswa yang memiliki nama cuma satu huruf.. Di Pemalang Jawa Tengah juga ada siswa perempuan yang lahir di Pemalang 8 Mei 2000 silam dan saat ini duduk di kelas 9 bernama “D”.

E juga ada. Saya pernah ditelpon oleh Kepala Sekolahnya.” kata pak Yusuf Rokhmat, menimpali.

Apapun alasannya, yang jelas orang tua anak-anak yang memiliki nama unik hanya satu huruf ini, pastilah memiliki pertimbangan tertentu dalam memberikan nama kepada putra putrinya. Kita  do’akan saja semoga mereka menjadi orang-orang yang sukses kelak seperti harapan orang tuanya.

Oleh karena itu apabila ada yang mengalami kasus yang sama sehingga tidak lolos “inspector data suspect” dan terbaca invalid, maka sebaiknya konfirmasi kepada admin pusat. Lebih bagus lagi jika melampirkan data/dokumen yang sah.

9 komentar

hai si J jadi selebritis dadakan.... OPs nya kan sobat kami pak..

Semoga si "J" sukses dalam menggapai cita-citanya

Info validasi di dalam web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id adalah "alat detektor" yang menganalisis data dari aspek kelengkapan , kewajaran dan kemutakhiran. Jika nama sekolah anda tercantum disitu maka skolah tsb masuk ke dalam data diduga invalid kriteria diatas sesuai dengan rule validasi nya. Namun jika ada kasus Contoh real : ada nama siswa yang hanya memiliki satu huruf saja : J, F, E, N dan data itu sesuai fakta nya maka , abaikan tidak apa2.

Salam 1 data Berkualitas
Admin dapodikdas

Mantap euy ky film MIB
:-D

Bikin ops dapo galau tingkat tinggi dikuadratin

Sukses yh J, D, E

J... semoga sukses menjadi Generasi anak bangsa...

Inspirasi buat yg lagi bingung cari nama buat calon babyx,ternyata gk perlu butuh berbulan2 buat ngeracikx kayak kyk artis yg berang krn nama babyx dicatut penggemarx

pesdik saya juga begitu namanya cuma A di verval NISN nya tak keluar dan ada silang di nama.. solusinya gimana pak? agar anak tsb dapat NISN nya.. trimakasih

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.