03 January 2014

PATCH versi 2.05 DOWNLOAD






 LANGKAH – LANGKAH PATCH 2.05

  1. Jika instalasi dari awal, unduh filenya di alamat http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh atau bisa juga di di sini jika website tersebut sedang mengalami gangguan, kemudian install aplikasi tersebut sampai berhasil (selesai)
  2. Jika sudah memiliki aplikasi dapodikdas di PC atau laptopnya unduh file patch 2.05 di alamat website http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh atau bisa juga di sini
  3. instal patch 2.05 sampai berhasil (selesai) dengan cara klik kanan “run as administrator”
  4. buka aplikasi dapodikdas 
  5. refresh browser dengan menekan ctrl+f5 
  6. login di aplikasi pastikan versi sudah berubah menjadi versi 2.05 . jika belum tekan kembali ctrl+f5 
  7. Lakukan validasi dan langsung lakukan sinkronisasi secara online. Dengan tujuan menaikkan seluruh data yang di aplikasi ke server, meskipun masih ada data invalid. dengan demikian posisi data di lokal (aplikasi) sama dengan di server 
  8. Lanjutkan input data sampai dengan validasi = 0 untuk memastikan data sekolah anda berkualitas kemudian sinkronisasi
 PENJELASAN TENTANG VERSI 2.05

  1. Versi 2.05 mengakomodir sinkronisasi tidak mengharuskan data invalid = 0 
  2. Pastikan data yg anda sinkronkan adalah data yg sudah terupdate, benar, lengkap dan valid , "kualitas data sekolah anda di tangan anda sendiri" 
  3. PD dan PTK baru, dapat dipindahkan ke tabel utama secara manual tanpa melalui sync di versi 2.05 
  4. perubahan yg terjadi di 2.05 optimasi/ mempercepat waktu sync, konsistensi/kesesuaian data, profil sekolah, mengatasi constraint failed , dll - penambahan referensi : jenis PTK , wilayah expired/pemekaran, tingkat pada jenjang SLB - optimasi sync offline 
  5. untuk menjaga agar proses sinkronisasi berjalan lancar/berhasil maka di buatkan jadwal yang dapat disepakati bersama
NO
HARI
KEPULAUAN
KETERANGAN
A
SENIN
SUMATERA
secara sistem, sebenarnya tidak menolak sinkronisasi di luar jadwal. Namun bertujuan untuk meminimalisir lonjakan trafick yg mengakibatkan lama durasi sync dan mengatur lalu lintas jalannya transportasi data. Dengan kata lain agar proses sinkronisasi masing-masing daerah lancar sebagaiman yang di harapkan.

B
SELASA - RABU
JAWA
C
KAMIS
KALIMANTAN
D
JUM’AT
SULAWESI
E
SABTU
PAPUA, NTT, NTB, MALUKU
F
MINGGU
BEBAS SELURUH WILAYAH


6.       seluruh sekolah wajib mengupdate versi aplikasi menjadi patch 2.05 dan lakukan sinkronisasi meskipun pernah melakukan sync sebelumnya.
7.       lengkapi dulu semester 1, jika sudah menginjak ke semester 2, pilih periode semester 2 8. tekan tombol lanjutan semester pada tabel rombel utk memunculkan kembali rombel-rombel yang ada di semester 1, beserta anggota rombelnya. Akan tetapi tabel pembelajaran akan kosong kembali, hal ini mengakomodir perubahan jadwal mengajar di pengajaran periode semester kedua.

Lihat panduan lengkapnya di sini

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.