10 December 2013

CARA BACKUP LOCAL DATABASE DAPODIK 2013



Ada baiknya selesai kerja kita melakukan bacup untuk data-data hasil pekerjaan kita di dapodikdas 2013. Hal ini dianjurkan untuk antisipasi PC kita eror, rusak atau bahkan hilang.
Berikut kami sampaikan caranya :

  1. Buka Local Disk (C:) Program Files>Dapodikdas
  2. Copy Folder Dapodikdas ke dalam Flashdisk atau tempat yang aman

Selanjutnya apabila akan dipindahkan ke Laptop/PC Baru: Instal Aplikasi Dapodikdas 2013 ke Laptop/PC yang baru kemudian pindahkan file backup tersebut.
Cara memindahkan data yang telah kita simpan dalam flashdisk tadi adalah :

  1. Pastikan aplikasi tidak dalam keadaan terbuka. Jika terbuka silahkan logout terlebih dahulu
  2. Matikan dua service local yang bekerja untuk aplikasi dapodikdas 2013 dengan cara : klik start > services.msc (diketik dipencarian) > enter > DapodikdasDB (klik kanan pilih Stop) > DapodikdasWebSrv (klik kanan pilih Stop).
  3. Buka flashdisk atau drive tempat menyimpan hasil backup tadi, copy folder file Dapodikdas yang telah kita copy dari laptop yang lama, 
  4. Paste and raplace ke Local Disk (C:) Program Files (Klik kanan Paste File Dapodikdas ke dalam Program Files). Proses penggantian Folder Dapodikdas akan berjalan klik saja yes untuk menimpa file yang baru diinstal tadi.
  5. Setelah selesai aktifkan kembali service local yang bekerja untuk dapodikdas 2013 dengan cara: klik Start>services.msc>DapodikdasDB (klik kanan pilih start) DapodikdasWebSrv (klik kanan pilih start) 
  6. Restart ulang Laptop/PC nya. Selesai  
Semoga bermanfaat

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.