30 December 2013

Masalah dan Solusi Data UN

Berikut ini kami sampaikan beberapa permasalahan yang sering muncul dalam pelaksanaan Ujian Nasional dan alternatif pemecahannya.

No Masalah Solusi
1 Sekolah/Madrasah belum memiliki NPSN, baik jenjang SD/MI, Segera daftarkan ke PDSP

SMP/MTs, SMA/MA, SMK dan SDLB/SMPLB/SMALB http://npsn.data.kemdiknas.go.id

Lakukan cek kebenaran NPSN yang dimiliki. http://refsp.data.kemdikbud.go.id/ref_data



3 NPSN sudah sesuai pemutahiran dari PDSP, Login Online pendataan UN,

selanjutnya apa yang harus dilakukan? lakukan Update Profil Sekolah dengan


memasukkan NPSN yang benar dan


kelengkapan data lainnya.



4 Data entry offline menggunakan aplikasi sudah selesai Login Online Pendataan UN,

dilakukan, selanjutnya apa ? langkah update profil harus sudah dilakukan,


kemudian lakukan Upload file DBF


hasil entry offline.



5 Saya punya masalah siswa lulusan di bawah 2008 tidak ada Untuk siswa lulusan dibawah 2008 maupun

di database online, sehingga tidak bisa di upload. lulusan paket yang belum ketemu nopesnya


akses diberikan pada admin dinas dikpora


kab/kota untuk melakukan upload atau


entry data siswa online.



6 Sekolah saya tahun ini baru ikut ujian, kemana saya harus Silahkan diajukan ke dinas dikpora kab/kota

melapor dan meminta kode sekolah? dengan melampirkan NPSN dan profil


sekolah sesuai SK pendirian, selanjutnya


dinas dikpora kab/kota meneruskan ke


propinsi untuk permintaan kode sekolah.



7 Saya tidak bisa login / saya lupa password, kemana saya Silahkan hubungi admin dinas dikpora

harus minta untuk di reset? kab/kota untuk mereset ulang.




Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.