26 May 2015

Download Aplikasi Penskoran dan Pemeringkatan Akreditasi Sekolah ver2.4

Aplikasi Penskoran dan Pemeringkatan akreditasi adalah perangkat lunak yang berfungsi melakukan otomasi penilaian akreditasi dari pengisian instrumen akreditasi. Proses kalkulasi akreditasi dilakukan sesuai dengan menggunakan formula yang baku. Pengguna cukup melakukan pemilihan instrumen sesuai dengan program/satuan pendidikan, lalu melakukan pengisian instrumen di aplikasi dengan cara membaca instrumen dan memilih opsi sesuai fakta. Aplikasi akan menghitung nilai akreditasi dari data-data dan opsi yang dipilih oleh pengguna aplikasi.

Untuk dapat menjalankan Aplikasi Penskoran dan Pemeringkatan Akreditasi, pengguna membutuhkan spesifikasi komputer sebagai berikut:

Minimal:

Prosesor Kelas Pentium 3
Memori 256 MB
Resolusi Monitor minimal 1024 x 768
Kapasitas Sisa Hardisk 40 MB

Rekomendasi:

Prosesor Kelas Pentium 4
Memori 1 GB
Resolusi Monitor minimal 1024 x 768
Kapasitas Sisa Hardisk 40 MB

Aplikasi Penskoran dan Pemeringkatan Akreditasi berjalan di atas Java Runtime Environment (JRE). Untuk dapat menjalankan aplikasi, Java harus sudah terinstal di komputer pengguna.

Pada dasarnya, Aplikasi Penskoran dan Pemeringkatan Akreditasi dapat berjalan di berbagai sistem operasi yang telah terinstal Java, karena aplikasi Java memiliki portabilitas yang baik. Aplikasi Penskoran sudah diujikan di atas Sistem Operasi Windows XP, Windows 7 dan Linux Ubuntu.

Versi JRE yang digunakan aplikasi minimal versi 1.6.0. JRE terbaru dapat diunduh dari website Java di http://java.sun.com

Berbeda dengan aplikasi skoring versi lalu, versi terkini aplikasi skoring tidak memerlukan proses instalasi secara khusus. File aplikasi berbentuk file zip. Untuk menggunakan aplikasi, pengguna tinggal mengekstrak file tersebut ke direktory yang diinginkan. Bahkan jika diinginkan pengguna dapat mengekstrak aplikasi di media portable seperti USB Flash Disk. Dengan menggunakan metode ini aplikasi dapat dibuka di komputer mana pun sesuai keinginan pengguna tanpa perlu repot melakukan instalasi.

Proses pengekstrakan dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi ekstraktor yang biasanya sudah terdapat pada komputer seperti winzip, winrar atau 7z. Setelah diekstrak, folder aplikasi dapat dipindah ke folder lain sesuai dengan keinginan pengguna. Atau folder aplikasi bisa dikopi ke USB Flash Disk seperti disebut diatas sehingga dapat dibawa-bawa. Setelah diekstrak, kini aplikasi telah siap digunakan.

Proses uninstalasi aplikasi dapat dilakukan cukup dengan menghapus folder aplikasi.

Penggunaan Aplikasi

Aplikasi dapat dimulai dengan membuka direktori menggunakan file exploler lalu mengklik ganda file run.bat bagi pengguna windows atau file run.sh bagi pengguna linux. Java harus sudah terinstal sebelum memulai aplikasi. Aplikasi tidak akan berjalan bila java belum terinstal. Untuk mempermudah pengguna memulai aplikasi di lain waktu, pengguna dapat membuat shortcut aplikasi dengan mengklik kiri file run.bat dan memilih send to à Desktop(create shortcut). Sehingga bila ingin memulai aplikasi di lain waktu, pengguna tinggal menklik ganda shortcut di desktop tanpa harus membuka file exploler.

Jendela utama aplikasi terbagi menjadi 2 bagian yang dipisahkan oleh sebuah separator yang dapat digeser-geser sesuai keperluan.
Interface Aplikasi-Skoring-ver2.4
Interface Aplikasi-Skoring-ver2.4

Pada bagian kiri separator terdapat beberapa tombol. Tombol reset berfungsi untuk merestart aplikasi dari awal. Tombol keluar berfungsi untuk keluar dari aplikasi. Tombol about membuka panel informasi aplikasi. Tombol pengaturan untuk mengatur beberapa fitur tambahan aplikasi seperti tampilan dan send email.

Pada bagian kanan separator adalah bagian utama di mana akan tampil berbagai panel tempat pengguna berinteraksi selama proses pengisian data dan instrumen. Navigasi di jendela utama ini dilakukan dengan menekan tombol

Pilihan menu utama yang tersedia adalah Mulai Baru, Buka File, Cetak dan Bandingkan.

Mulai Baru

Sesuai dengan nama pilihan menu pertama ini dapat digunakan jika pengguna ingin memulai perhitungan skoring dari awal. Setelah menekan Mulai Baru, pengguna harus memilih apakah ia seorang asesor yang akan melakukan penilaian terhadap suatu sekolah atau apakah ia adalah pihak sekolah yang ingin memanfaatkan aplikasi untuk menghitung akreditasi sekolah sebagai bahan evaluasi diri

Buka File

Dengan fitur penyimpan data, pengguna aplikasi skoring dapat senantiasa menganalisa dan menghitung ulang hasil skoring akreditasi yang pernah dilakukan. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka data yang telah disimpan sebelumnya

Cetak File

Jika pengguna hanya ingin melihat dan atau mencetak hasil kalkulasi yang pernah dilakukan dapat membuka file untuk cetak di menu cetak file di halaman muka aplikasi skoring. Urutan langkahnya adalah, membuka menu cetak, memilih file yang akan dicetak. Menyimpan atau mencetak file yang telah dibuka.

Bandingkan

Tujuan utama aplikasi skoring adalah untuk mempermudah perhitungan skoring akreditasi dan mempermudah analisa hasil perhitungan. Salah satu analisa yang mungkin akan banyak digunakan adalah membandingkan hasil isian akreditasi yang dilakukan oleh asesor dan oleh sekolah pada satu sekolah tertentu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Pertama masuk ke halaman muka awal aplikasi. Pilih menu Bandingkan. Akan keluar jendela dialog. Pilih file isian asesor. Lalu pilih file isian sekolah. Pastikan kedua file yang dipilih adalah hasil isian skoring dari sekolah dan satuan pendidikan yang sama. Aplikasi tidak akan membandingkan hasil perhitungan skoring sekolah atau satuan pendidikan yang berbeda.

Hasil perhitungan akreditasi yang dilakukan aplikasi penskoran akan disimpan dalam sebuah file . File ini kelak akan dikirimkan ke pusat baik secara manual atau otomatis. Untuk pengguna aplikasi asesor, aplikasi dapat mengirim langsung hasil akreditasi via email ke server email propinsi. Meski fitur sepenuhnya belum diimplementasikan, untuk fitur pengiriman dapat diuji coba dengan membuka menu pengaturan dan mengisi data email milik pengguna dan data alamat email ke mana hasil akreditasi ini akan dikirim. Pengguna harus mengisi username dan password email.

Tekan tombol navigasi utama, dan pada akhirnya pengguna tiba di bagian penutup aplikasi. Tekan keluar untuk mengakhiri proses penskoran. Atau jika ingin mengulang, pengguna dapat menekan tombol mengulang di panel kiri aplikasi.

Download :

5 komentar

Terima kasih infonya sangat bermanfaat, terutama untuk sekolah yang akan melakukan akreditasi

Terima kasih pak infonya dan mohon ijin tuk download semoga berkah

Terima kasih telah berbagi ilmu yang sangat bermanfaat , mohon izin menggunakannya, semoga menjadikan amal dan ibadah

Izin download aplikasi nya Pak ya?

izin downloadnya ya pak. terimakasih

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.