12 January 2015

SOLUSI UNTUK MASALAH BEBERAPA DATA TIDAK MASUK DAN PREFILL TIDAK DITEMUKAN PADA INSTALASI DAPODIKDAS VERSI 3.02

Untuk kebutuhan updating data DAPODIKDAS pada semester 2 tahiun ajaran 2014/2015, yang meliputi data (satuan pendidikan, peserta didik dan pendidik dan tenaga kependidikan) telah released aplikasi dapodikdas versi 3.02, seperti yang telah diinformasikan sebelumnya.
Sekedar mengingat kembali Perubahan versi 3.01 ke 3.02 adalah sebagai berikut :
  • Pada data Satuan Pendidikan telah dilengkapi fitur peta koordinat yang telah di link dg google map untuk memudahkan pemilihan titik kordinat lokasi sekolah
  • Terdapat pernyataan kepala sekolah berkaitan dengan kebenaran, kelengkapan dan kemutakhiran data yang dikirimkan oleh sekolah
  • Dapat dilakukan perbaikan nama dan tanggal lahir Peserta Didik dan PTK melalui aplikasi Dapodik
  • Terdapat peringatan (Alert) pada table peserta didik agar mengisikan Nomor KPS/KKS bagi peserta didik yang keluarganya memiliki kartu tersebut
  • Penyaluran tunjangan guru, alokasi dana BOS,dan program lainnya berdasarkan data pada periode semester 2 tahun ajaran 2014/2015
Untuk mengoperasikan aplikasi dapodik 3.02 yang fresh installer, dapat dilakukan sesuai prosedur berikut ini :
  1. Uninstall app versi 3.00/ 3.01
  2. Install app 3.02
  3. Generate ulang prefill di :
  4. Registrasi dan login di semeseter 2
  5. Input dan update data semester 2
  6. Informasi lebih lengkap baca manual 3.02 dan FAQ 3.02

Setelah melakukan instalasi dapodikdas versi 3.02, beberapa masalah mungkin timbul. Dua masalah berikut ini paling banyak ditemukan, karena sering dikeluhkan oleh OPS melalui media sosial, yaitu :

1. Beberapa Data Tidak Masuk

Jika setelah melakukan generate prefill dan registrasi pada Aplikasi Dapodik kemudian muncul pemberitahuan: "Maaf beberapa data tidak masuk" seperti gambar berikut ini :
MAAF-BEBERAPA-DATA-TIDAK-MASUK
Pada FAQ_3.02 jika mengalami hal seperti ini disarankan untuk melakukan generate ulang prefill kemudian registrasi. Akan tetapi jika langkah tersebut belum mampu mengatasi, maka admin pusat dapodikdas memberikan alternatif solusi sebagai berikut :
  1. Buka folder C:\Program Files\Dapodikdas\dataweb\synch\prefill. Pastikan ada folder "log" di dalam folder prefill. Jika tidak ada, silahkan buat sendiri folder "log" nya.
  2. Sambungkan komputer anda dengan internet.
  3. Lakukan registrasi kembali (online)
  4. Ketika muncul kembali pemberitahuan: "Maaf beberapa data tidak masuk", silahkan buka folder "log" yang tadi, maka ada sebuah file txt di dalam folder "log".
    File log sync data prefill
  5. File tersebut kirim ke alamat sekretariatdikdas@gmail.com dengan subject: "beberapa data tidak masuk"
  6. Langkah selanjutnya setelah ada jawaban email (ASAP) adalah melakukan generate prefill. Kemudian ulangi langkah 2 dan 3. Jika masih gagal, ulangi langkah 4 (ambil file txt yang terbaru), kemudian lanjut ke langkah 5.

2. Prefill tidak di temukan

FILE-PREFILL-TIDAK-DITEMUKAN
Jika anda mengalami masalah seperti gambar di atas ketika melakukan registrasi, maka langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah:
  1. Pastikan file prefill sudah diletakkan di folder C:\prefill_dapodik
  2. Cek apakah nama folder sdh benar prefill_dapodik, cek apakah huruf “l” sudah dobel
  3. Cek nama prefill, apakah ada angka 1,2,3 dst... jika iya, hapus tanda strip bawah dan angka (_1)
  4. Cek lagi kode registrasi, apakah sudah valid? Bedakan huruf dan angka antara I dan 1, O dan 0
Semoga berhasil.





1 komentar:

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.