11 December 2014

APLIKASI RESMI RAPORT SD BERBASIS KURIKULUM 2013 TERINTEGRASI DAPODIK

Aplikasi Raport SD Berbasis Kurikulum 2013
Direktorat Pembinaan SD telah resmi meluncurkan aplikasi penilaian Kurikulum 2013. Aplikasi Rapor K13 SD ini dapat digunakan oleh sekolah untuk melakukan penilaian terhadap siswa. Aplikasi ini terhubung dengan dapodik sekolah, oleh karena itu, hanya bisa dipasang pada komputer yang memiliki dapodik sekolah. User dan password default dari aplikasi ini adalah nomor nuptk dari guru sekolah.
APLIKASI RAPORT SD Pengguna dari Aplikasi ini adalah Guru Wali Kelas yang telah memiliki NUPTK. Pada saat aplikasi diinstal, maka sistem secara otomatis membaca database dapodik dan memasukan NUPTK yang ada pada daftar PTK di sekolah sebagai nama pengguna nya. Password untuk pertama kali diset sama dengan NUPTK. Sehingga guru-guru sebagai Pengguna Aplikasi ini Diwajibkan untuk mengubah Password masing-masing melalui fasilitas yang disediakan.

Penjelasan umum mengenai Aplikasi Rapor SD ini adalah sebagai berikut: :

  1. Aplikasi Rapor dapat dipergunakan untuk menampung kompetensi dasar dan indikator yang diorganisasikan per sub tema, per tema dan per kelas.
  2. Sebagai data awal, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan kompentensi dasar dan indikator sebagaimana tercantum pada buku guru.
  3. Apabila diperlukan, guru dapat menambahkan kompentensi dasar dan atau indikator yang diperlukan untuk memperkaya pembelajaran. Apabila kompentensi dasar atau indikator yang ditambahkan tersebut tidak diperlukan lagi, dapat dihapus dari daftar kompentensi. Guru tidak dapat menghapus kompentensi dasar yang telah disiapkan sebagai data awal aplikasi ini.
  4. Aplikasi Rapor menampung nilai hasil proses pembelajaran.
  5. Nilai yang ditampung oleh aplikasi Rapor ini adalah nilai untuk indikator pada tiap kompetensi dasar.
  6. Aplikasi Rapor akan mengolah nilai indikator menjadi nilai kompetensi dasar.
  7. Aplikasi Rapor akan menyeleksi kompetensi dasar yang menonjol positif dan negatif untuk tiap siswa.
  8. Aplikasi Rapor akan mencetak deskripsi kompentensi dasar sesuai hasil butir 4.
  9. Sebelum dijalankan, aplikasi ini harus disinkronkan terlebih dahulu dengan dapodik untuk pengisian data sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan (ptk), rombel dan siswa.
  10. Aplikasi dapat di unduh di http://ditpsd.dikdas.kemdikbud.go.id

Menu Utama Pada Aplikasi Rapor SD ini adalah sebagai berikut:

  1. Referensi
    Melalui menu ini, pengguna dapat mengolah data referensi yang akan digunakan pada menu lainnya, seperti: Aspek Kesehatan, Tema, Sub Tema, Kompetensi Inti, Kompentensi Dasar dan Indikator.
  2. Ekstrakurikuler
    Melalui menu ini pengguna dapat menambah, mengubah atau menghapus jenis kegiatan ekstrakurikuler dan anggota ekstrakurikuler.
    Menu Ekstrakurikuler terdiri dari sub-menu Master Ekstrakurikuler dan Anggota Ekstrakurikuler.
  3. Pemetaan
    Melalui menu ini pengguna dapat melakukan pemetaan Mata Pelajaran yang ada pada Sub tema, Pemetaan Kompetensi Dasar dan Pemetaan Indikator. Pemetaan ini akan menetukan aspek yang akan dinilai pada setiap jenis penilaian.
  4. Penilaian
    Menu ini berfungsi untuk mengisi nilai setiap peserta didik pada seluruh jenis penilaian, seperti: Buku Harian Guru, Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Pada menu ini juga pengguna dapat mengisi Absensi Peserta Didik, Catatan Prestasi dan Penilan Pambahan (Saran- saran, Aspek Kesehatan dan Perkembangan Fisik Peserta Didik).
  5. Rapor
    Menu Rapor berfungsi untuk memproses pembuatan rapor sehingga dihasilkan bentuk keluaran rapor yang siap dicetak.
  6. Tools
    Pada menu ini pengguna dapat melakukan sinkronisasi data dengan database dapodik, seperti: kurikulum, mata pelajaran, peserta didik, anggota rombel dan sebagainya.
  7. Pengaturan
    Menu Pengaturan berfungsi untuk mengelola Pengguna dan Group Pengguna.

Lisensi :

  1. Aplikasi ini adalah aplikasi tidak berbayar untuk sekolah.
  2. Tidak diperkenankan melakukan reverse engineering, perubahan kode sumber, pemaketan ulang, pada keseluruhan komponen aplikasi ini.
  3. Tidak diperkenankan menyebar luaskan data data yang di simpan ataupun digunakan oleh aplikasi ini ke luar sekolah yang bersangkutan.
  4. Penggunaan dan pemanfaatan aplikasi ini tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia dan Internasional
Jika sudah setuju silahkan download aplikasinya di sini


Update Info :

Description
Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 SD
  • Aplikasi ini dapat digunakan oleh sekolah untuk melakukan penilaian terhadap siswa.
  • Aplikasi ini terhubung dengan dapodik sekolah, oleh karena itu, hanya bisa dipasang pada komputer yang memiliki dapodik sekolah.
  • Aplikasi Rapor dapat dipergunakan untuk menampung kompetensi dasar dan indikator yang di organisasikan per sub tema, per tema dan per kelas.
  • Sebagai data awal, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan kompentensi dasar dan indikator sebagaimana tercantum pada buku guru.
  • Apabila diperlukan, guru dapat menambahkan kompentensi dasar dan atau indikator yang diperlukan untuk memperkaya pembelajaran.
  • Apabila kompentensi dasar atau indikator yang ditambahkan tersebut tidak diperlukan lagi, dapat dihapus dari daftar kompentensi.
  • Guru tidak dapat menghapus kompentensi dasar yang telah disiapkan sebagai data awal aplikasi ini.
  • Aplikasi Rapor menampung nilai hasil proses pembelajaran.

6 komentar

gan kenapa setelah install aplikasi
bacaan nya ini :
Terjadi Kesalahan
An exception occured in driver: SQLSTATE[08006] [7] FATAL: database "rapor_sd" does not exist

link nya mati gan

Ternyata linknya sudah dipidahkan... sekarang sudah diperbaik (diupdate) silahkan dicek. Terima kasih masukannya gan...

Pak Kahar Muzakir, tolong share linknya Pak

Untuk tahun ini aplikasi resmi e rapor SD belum dirilis. Sebaiknya tunggu saja pak

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.