26 August 2014

SOLUSI GAGAL LOGIN PADA VERVAL PD DAN SDM DATA KEMDIKBUD

Semuz Rangrank Banyak sekali teman-teman OPS yang mengeluh karena tidak bisa login pada aplikasi verval pd. Bagaimana tidak karena proses verivikasi dan validasi data peserta didik harus segera dilakukan karena berkaitan dengan beberapa hal penting, misalnya penulisan ijazah yang harus mencantumkan NISN, penentuan peserta UN tahun pelajaran 2014/2015, penentuan alokasi dana BOS dan lain-lain. Bagaimana mau melakukan verval kalau login saja tidak bisa.

Oleh karena itu langkah-langkah berikut ini mungkin bisa menjadi solusi. Saya copas dari statusnya Bp. Semuz Rangrank. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi rekan-rekan OPS.
----------------------------------------------------------------------------
Diantara rekan rekan ada yang bertanya seperti Ini
“username dapodikdas saya kan semuzrankrank@gmail.com tapi kenapa login di verval email yang dipakai adalah email lama saya yang ekamustika@gmail.com “

Jawabannya : Kemungkinan username http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ menggunakan referensi email yang ada di referensi.data.kemdikbud.go.id.

Selanjutnya  bagaimana mengetahui User ID & Pasword untuk login ke vervalpd ?

Bagi anda yang ogah daftar di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/
  1. Lakukan Syncronisasi
  2. Ketik pada adress bar browsernya http://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=xxxxxxxx (ganti xxxxxxxx dengan NPSN sekolah anda ) tekan enter
  3. Klik tab kontak lihat Info Alamat Email Sekolah Anda
  4. Username adalah alamat email tersebut...
  5. Pasword nya adalah pasword Dapodikdas anda (jika sudah pernah disynckan)

    SSO (single SIgn On)

Jika tidak berhasil maka lakukan langkah berikut :

Bagi yang mengalami kasus tidak bisa login ke vervalpd.data.kemdikbud.go.id sekaligus menjadi Anggota di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/
  1. Registrasi Dapodikdas anda, Ingat baik-baik User ID dan pasword login Dapodik anda kemudian lakukan Sync hingga berhasil.
    >> Coba Registrasi Dulu Di :
    http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai%2Foperatorbaru
    Disarankan mengunakan User ID (Alamat Email) yang sama dengan di Dapodik
  2. Lampirkan Surat Penugasan Operator Sekolah Selaku Pengolah Data Pada http://sdm.data.kemdikbud.go.id/
    Syarat Surat Penugasan yang diterima adalah :
    • Harus ditandatangani Kepala Sekolah & distempel
    • Discan dalam bentuk Pdf/Jpg
    Berikut contoh Format Surat Penugasan yang disarankan
    Contoh Surat Penugasan
    Contoh Surat Penugasan


    Selanjutnya Lakukan Login ke http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ Jika Gagal registrasi karena Akun Operator sudah tersedia (keterangan pada tampilan pas mau login) dengan kata lain Akun sudah terdaftar tapi saat login muncul pesan user/password tidak terdaftar, maka solusinya adalah :
    • Konfirmasi kepada admin SDM-PDSP
    • Lampiran Konfirmasi : Biodata dan surat penugasan di atas
    • Kirimkan ke : registrasisdm@gmail.com 
  3. Coba login ke vervalpd.data.kemdikbud.go.id dengan User ID (Email yang anda daftarkan dan password Dapodik anda. Jika bisa login artinya anda juga pasti sudah terdaftar sebagai anggota di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/

58 komentar

alhamdulillah.. terima kasih gan.. akhirnya sya bisa tidur dengan nyenyak malam ini,,, berkat trik solusi yang agan berikan.. semoga sukses dan bermanfaat..

Mantap informasinya...sangat membantu, terimakasih!!!

mau nanya dong.. solusi masalah verval pd yang log in nya ga bisa masuk..
pertama sudah bisa masuk lewat akun dapodikdas.. baru kemarin kemarin di buka verval pd nya ko malah tidak bisa.. keterangannya code chaptca salah.. warna nya merah.. padahal user + pass udah benar semua.. diulang berkali-kali hasilnya tetap sama seperti itu.. coba registrasi ulang malah email sudah terdaftar..
mohon pencerahannya

Laporkan ke admin pdsp. Kalau di facebook bisa minta bantuan mas Aryadi Nugroho

gimanah neh klo masuk ke verval pd selalu network eror, trus gimana di sekolah saya NISN nya belum muncul2 dri dulu, padaahal data di dapodik sudah benar, mohon pencerahannya

Kalau network eror itu biasanya karena masalah sinyal atau web browsernya, intinya masalah kesehatan sistem di lokal (laptop). Untuk mengeceknya, coba buka pada komputer/laptop yang lain.
NISN tidak akan muncul di aplikasi dapodik, jika kita tidak pernah melakukan tahapan verval pd sampai konfirmasi.
Jika dengan solusi ini belum bisa mengatasi permasalahan yang dihadapi, bisa menghubungi tim PDSP.

Gimana nih kok ga bisa juga padahal udh ganti laptop ama jaringan ?? tetep error juga ??

skrg tdk bisa masuk di sdm.data.kemndikbut.go.id ya.. apa sdh di tutup.????

mungkin waktu diakses sedang maintenance. Sekarang sudah bisa kok

saya baru daftar jadi operator sekolah, trs email nya sudah aktif
tapi saat mau log in kok username dan passwordnya tidak terdaftar.
itu kenp ya?
mohon bantuannya.
terima kasih

Coba pakai username : email yang sudah didaftarkan
Pasword : email yang sudah didaftarkan

pak saya sedikit bingung kenapa situs sdm.data.kemdikbut.go.id selalu network error (tcp error) saya menggunakan modem telkomsel kartu axis dan modem saya sangat cepat di situs lain youtube aja lancar pak,,,dan saya mencoba membuka dengan wifi di kampus saya dengan mudah kebuka, mohon pencerahan nya dari bapak saya harus pakai modem apa kartu apa dan paket internet apa biar saya dengan mudah bekerja di rumah,,,,dan apa kah harus menggunakan proxy pak khusus menggunakan modem

Memang situs sdm.data membutuhkan sinyal internet yang agak kuat dan stabil dan kadang-kadang pada waktu-waktu tertentu bahkan tidak bisa dibuka. Kalau pakai modem, pastikan mode networknya WCDMA bukan GSM

apa solusinya pak jika username tidak terdaftar padahal sudah mendaftar

pa kalau lupa lagi password nya ,bikin lagi yang baru gimna pa

Saya sudasinkronisasi , tetapi ketika verval data siswa tidak ada , mohon bantuan terimakasih

Minta bantuan admin PDSP untuk reset password. Bisa kirim email ke registrasisdm@gmail.com . atau bisa juga minta bantuan lewat media sosial Facebook ke mas Aryadi Nugroho

Estimasi data ditarik dari server dapodik ke server verval pd, jika normal 2 x 24 jam setelah syncronisasi. Kalau lebih dari satu minggu sebaiknya lapor saja ke admin PDSP

Pak saya masukin tempat sekolahnya salah , untuk ganti sekolahnya gmn ya ?

tanya gan, halaman utama vervalpd kok nggak bisa di akses, padahal loginnya sukses? mohon bimbingannya

coba bersihkan cache dan cookie browsernya

bapak minta bantuanya ...cara di atas sudah saya coba tapi kok belum bisa login ke verval padahal imainya sadah akti trus juga logi ke http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ juga bisa ...
trus juga sudah sudah kirim imail ke registrasisdm@gmail.com
mohon bantunya ...
trimakasih

Minta bantuan Admin PDSP, mas Aryadi Nugroho.
Acount Facebooknya : https://www.facebook.com/nugroho.aryadi?fref=ts

iya...trimakasik pak...semoga bisa...amin...

ass. bapak minta bantuannya, akun saya sudah terdaftar di SDM-PDSPK dan sudah aktif, terus saya mau vervalpd, tapi tidak bisa jalan, tolong solusinya, terima kasih

email dan password yang saya pakai di aplikasi dapodikdas dan di verval pd berbeda. bagaimana caranya untuk merubah email dan password di verval pd agar bisa sama dengan yang ada di dapodikdas?

email dan password dapodikdas dengan sdm.data tidak mesti sama, tetapi kalau mau dirubah bisa menghubungi admin pusat PDSPK.

Mohon di bantu pak.. Saat saya vervalpd bisa login tp tidak ada nama 1 siswa yg muncul padahal didapodik ad beberapa siswa yg belum memiliki NISN pak.. Mohon pencerahannya y pak

Pak saya baru jadi ops.. Kenapa di vervalpd saya tidak muncul nama siswany baik di residu dan d refrensi .. Sementara ad beberapa siswa yg blm memiliki NISN tolong pencerahannya y pak.

saya coba ternyata di web referensi lembaga saya tidak ada alamat emailnya, bagaimana solusinya pak, mohon bantuannya terimakasih

maw tanya pa' verval nisn perserta un masih merah, padahal sudah konfirmasitapi sama juga
mohon solusinya pa

pak saya lintar pandega dari lampung utara, jd masalah saya bukan user name salah tapi saat saya klik login pada verval sdm atau pd selalu muncul jaringan tidak terpercaya, jdi jangankan mau validasi klik login saja tidak bisa... jdi tolong solusinya terimakasih sebelumnya.. ini alamat e-mail saya lintarpd@gmail.com

maaf pak, mohon bantuan dan penjelasannya.
saya baru daftar jadi operator sekolah di "sdm.data.kemdikbud.go.id". ketika saya cek akun saya sudah terdaftar dan aktif serta ketika login juga bisa masuk. tapi ketika saya login di "gtk.data.kemdikbud. go.id" untuk pengajuan NUPTK username dan password saya tidak terdaftar.

pak mohon bantuannya, saya tidak bisa registrasi di dapodik v.2017 katanya username atau password salah padahal itu akun yang dipakai di dapodik v.2016. saya cek sdm katanya akun sudah tidak aktif terus saya daftar ulang dan sudah aktif lalu saya registrasi lagi masih tetap username atau password salah pak. solusinya bagaimana pak?

Konfirmasi kepada admin SDM-PDSP kabupaten ya pak?

Konfirmasi kepada admin SDM-PDSP kabupaten ya pak

Pak mau nanya. Email dapodik dan email verval pd saya berbeda. Email dapodik pakai email sekolah verval pd pakai emai saya. Bisa login verval pd tetapi tidak ada isinya sama sekali. Gimana ya pak biar data yg ada di dapodik masuk ke verval pd. Apa yg harus dilakukan?

Tidak masalah email dapodik dan verval pd (sdm.data) berbeda, masalah isi verval pd blank : coba bersihkan cache dan cookie browsernya. Jika belum bisa teratasi hubungi admin PDPSK

Terimakasih mas informasinya sangat membantu, kebetulan saya operator baru.

gimana solusinya pak jika email yang di daftarkan tidak sama dengan email yang di pake login dapodik tapi pakai email pribadi.

terimakasih agan tutorialnya sangat membantu

pak saya mau tanya saya dulu sudah daftar di sdmdata tapi setiap buka verval pd slalu gagal dan saya registrasi ulang lagi tapi kenapa malah semua jadi erirya pak gak bisa masuk semua kecuali ke dapodik
mohon solusinya pak

coba cek akunnya dulu apakah terdaftar atau belum di http://sdm.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pegawai/cekAktivasi
Akun dapodik tidak mesti sama dengan akun sdm data

mau nanya ini pak sudah hampir seminggu saya daftar di akun sdm.pdsp operator baru SKB sampai sekarang belum ada konfirmasinya, baru sebelum saya mendaftar jadi operator baru saya bisa masuk di vervalsp dan vervalpd kenapa skrg kok nggak bisa login lagi,,mohon solusinya pak???

Ass..mau tanya ini pak sdh seminggu sy hbs daftar sebagai operator baru di akun sdm.datakemdikbud tp blm ada konfirmasinya,terus sy tdk bisa lagi login ke verval sp dan vervalpd padahal sebelumnya sy bisa login,mohon solusinya pak???

pak saya tadi habis melakukan pendaftaran operator baru di sdm.datakemdikbud ternyata kurang cermat kliru pnulisan alamat email. sudah trlnjur kedaftr nunggu aktivasi mau saya benarkan statusnya sudah nunggu aktivasi . solusinya gmn ya pak

Tunggu aktivasi dulu baru edit lagi. Atau bisa menghubungi operator dinas setempat

mohon bantuannya, sya sdh mendaftar, terus akunnya sdh aktif, login diakun sdm bisa, tapi kalau login di vervalpd katanya paswor dan username tdk terdaftar, padahal sdgh terdaftar di akun sdm, gimn solusinya

pak saya kebingungan, saya sudah registrasi di sdm namun saya lupa email yang saya daftarkan bagaimana solusinya?

mohon bantuannya, sya sdh mendaftar, terus akunnya sdh aktif, login diakun sdm bisa, tapi kalau login di vervalpd katanya paswor dan username tdk terdaftar, padahal sdgh terdaftar di akun sdm, gimn solusinya

mohon bantuannya saat saya registrasi selalu saja muncul keterangan ini Folder temporary untuk menyimpan file "ST .REGI.pdf" yang di-upload tidak ada .

mohon bantuanya. saat sy registrasi sll sj muncul seperti iniFolder temporary untuk menyimpan file "ST .REGI.pdf" yang di-upload tidak ada . apa solusinya pak?

pak tanya saya operator baru bingung nya email yg di tulis saat registrasi itu email pribadi ataukah email sekolah didapodikdasmen? tolong pak pencerahannya

Saya mengalami kesulitan pada login SDM-PDSPK menggunakan akun Yayasan dan password yg saya masukkan sudah betul, sesuai dengan akun dan password yg saya daftarkan.. solusinya gmn mas?

saya ganti oprator dapodik dengan cara regis ulang, tapi menggunakan email dapodik yang sama. sampai saat ini akunnya belum di aktifasi. keterangannya akun anda dalam proses antrian aktivasi, gimana solusinya pak ?

Paling cepat hubungi operator Dinas, minta reset akunnya

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.