16 July 2014

SOLUSI UNTUK NISN YANG TIDAK SAMA PADA IJAZAH JENJANG SEBELUMNYA DENGAN HASIL VERVAL PD

Beranda situs NISN
Salah satu tujuan diadakannya verifikasi  dan Validasi Peserta Didik (VerVal PD) adalah untuk memastikan satu orang siswa memiliki satu NISN. Dengan demikian NISN yang valid dan resmi dipakai adalah NISN yang diperoleh dari hasil VerVal PD, termasuk NISN yang ditulis pada Ijazah.
Jika NISN yang tertulis di ijazah jenjang sebelumnya yang ternyata setelah melalui proses vervalpd, NISN tersebut tidak bisa lagi digunakan oleh siswa yang bersangkutan karena ternyata pada saat dilakukan verval PD terbukti NISN tersebut adalah milik orang lain atau validitasnya tidak diakui oleh PDSP, maka solusinya menurut bapak Taofik Lone dari pihak PDSP bisa melalui 2 cara, yaitu :
  1. Sekolah membuat Surat Pernyataan yang menyatakan kekeliruan penulisan NISN yang tertera pada Ijazah jenjang sebelumnya.
    Dalam Surat Pernyataan ini juga harus mencantumkan tentang NISN yang sah yang dikeluarkan oleh PDSP untuk PD yang bersangkutan dan selanjutnya menyatakan bahwa NISN yang akan digunakan adalah NISN yang sah dari PDSP tersebut dan bukan NISN yang tertulis di ijazah. Untuk selanjutnya maka surat pernyataan tersebut, akan menjadi lampiran ijasah PD, dan bisa dipergunakan apa bila diperlukan di kemudian hari.
  2. Menerbitkan ijazah pengganti.
    Kalau memang di mungkinkan membuat ijazah pengganti, sebaiknya dilakukan secepatnya sebelum PD menyelesaikan sekolahnya dijenjang yang sekarang.

3 komentar

terima kasih infonya sangat bermaanfaat sekali bagi kami.

ada contoh surat pernyataan yang menyatakan kekeliruan penulisan NISN yang tertera pada Ijazah jenjang sebelumnya. ya pak ?

Klo baru sadar ternyata ada kekeliruan setelah PD sdh menyelesaikan sekolahnya dan akan mendaftar ke universitas itu bgmn y pak...?

Aku hanya guru Go-Blog yang suka berbagi informasi demi kemajuan dunia pendidikan.